IMPLEMENTASI LAYANAN KONSELING PADA KENAKALAN PESERTA DIDIK DI SDN 02 MANANGGU KABUPATEN BOALEMO

  • Siska Hiola Universitas Muhammadiyah Gorontalo
  • Yane Hardiyanti Mahmud Universitas Muhammadiyah Gorontalo

Abstract

Tujuan penelitian ini adalah mengetahui sejauh mana implementasi dari Layanan Konseling yang  diperuntukanBagi  peserta didik yang terjadi di SDN 02 Mananggu Kabupaten Boalemo Adapun jenis penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah jenis penelitian kualitatif. Penelitian kualitatif adalah sebuah penelitian yang dimaksudkan untuk mengunggak sebuah fakta empiris secara objektif ilmiah dengan berlandaskan pada logika keilmuan, prosedur dan didukung oleh metodologi dan teoritis yang kuat sesuai disiplin keilmuan yang diketahui. Hasil penelitian menunjukkan bahwa implementasi layanan konselingbenar-benar sebuah wadah yang bisa memberikan pelayanan pendidikan yang lembaga sekolah.

References

Idrus, Muhammad. (2009). Metode Penelitian Ilmu Sosial, Penerbit Erlangga, Jakarta, hal. 59
Irfan, A. Z., Suarti, N. K. A., & Hadi, M. S. (2021). Analisis Pengelolaan Perpustakaan Sekolah Sebagai Sumber Belajar di MI NW Tanak Beak. Jurnal Pendidik Indonesia (JPIn), 4(2), 95-103.
Mukthar. (2013). Metode Praktis penelitian Deskriptif Kualitatif. Jakarta Selatan: Referensi (GP Prees Group).
Munajib, A. (2015). Manajemen Bimbingan dan Konseling Dalam Mengatasi Kenakalan Siswa di SMP Negeri 2 Kertanegara Kab. Purbalingga. Skripsi.
Sari, Y. (2017). Pengembangan Kecerdasan Emosional Dalam Mengatasi Kenakalan Peserta Didik Di Sekolah Menengah. Universitas Michigan, Kamus Istilah Manajemen (Pustaka Binaman Presindo, 1994). H. 15
Published
2023-12-29
How to Cite
HIOLA, Siska; HARDIYANTI MAHMUD, Yane. IMPLEMENTASI LAYANAN KONSELING PADA KENAKALAN PESERTA DIDIK DI SDN 02 MANANGGU KABUPATEN BOALEMO. Jurnal IKA PGSD (Ikatan Alumni PGSD) UNARS, [S.l.], v. 14, n. 2, p. 314-320, dec. 2023. ISSN 2656-4459. Available at: <https://unars.ac.id/ojs/index.php/pgsdunars/article/view/4034>. Date accessed: 23 dec. 2024. doi: https://doi.org/10.36841/pgsdunars.v14i2.4034.