PERAN GURU PADA KEGIATAN LITERASI DALAM MENINGKATKAN MINAT BELAJAR SISWA
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui peran guru pada kegiatan literasi dalam meningkatkan minat baca siswa kelas V. SDN 01 Duhiadaa. Penelitian ini menggunakan kualitatif dengan pendekatan deskriptif. Pengumpulan data dilakukan dengan metode observasi, wawancara, dan dokumentasi. Sumber data dalam penelitian ini adalah Kepala Sekolah, pendidik, dan peserta didik. Teknik analisis data yang digunakan adalah deskriptif kualitatif yang meliputi display data, reduksi data, dan penarikan kesimpulan. Hasil penelitian bahwa peran guru memiliki peranan penting pada keberhasilan kegiatan literasi dalam menumbuhkan kebiasaan membaca bagi siswa. Pelaksanaan kegiatan literasi tidak terlepas dari peran guru dalam merencanakan, menyediakan sarana dan prasarana pada pelaksanaan kegiatan literasi. kegiatan literasi menumbuhkan kebiasaan positif dalam hal membaca. Perencaan kegiatan literasi yang baik maka dapat meningkatkan minat baca siswa kelas V SDN 01 Duhiadaa. Minat membaca merupakan kemampuan siswa berkomunikasi dengan diri sendiri untuk menangkap makna yang terkandung dalam tulisan sehingga memberikan pengalaman yang didapat akibat dari bentuk perhatian yang mendalam terhadap makna bacaan.
References
Afifuddin. 2012. Metodologi Penelitian Kualitatif. Bandung: Pustaka Setia.
Alwasilah, Chaedar. (2017). Pokoknya Kualitatif. Bandung: Dunia Pustaka Jaya.
Arsyad, Imam Gazali. 2016. Minat Baca Pengunjungtaman Bacamasyarakat (Studi Pada Kafe Baca BPPAUD & DIKMAS Sulawesi Selatan). Jurusan Pendidikan Luar Sekolah Fakultas Ilmu Pendidikan Universitas Negeri Makassar
Danim, Khairil. 2012. Profesi Pendidikan. Bandung : Alfabeta
Erlina. 2020. Upaya Guru Meningkatkan Minat Baca Siswa kelas IV Madrasah Ibtidaiyah muhajirin kota Jambi. Skripsi. Program Studi Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah Fakultas Ilmu Tarbiyah dan keguruan Universitas Islam Negeri Sulthan Thaha Saifuddin. Jambi
Fitriani, Piya. 2020. Peran Guru dalam Mengembangkan Gerakan Literasi Melalui Kegiatan Kunjung Perpustakaan Di Kelas II Sekolah Dasar. Gudang Unja.
Marsudi, dkk, Seri Literasi Informasi, Mencari, Menemukan dan Menggunkan Informasi Secara Bertanggungjawab (Yogyakarta: Graha Ilmu, 2016),hlm. 4.
Maulidia, Wahyuni Endah. 2018. Studi Kasus Minat Baca Anak Di Taman Baca Kampung Pemulung Kalisari Damen Surabaya. Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Fakultas Tarbiyah Dan Keguruan Program Studi Pendidikan Agama Islam. Surabaya
Mitasari, Lea Sakti and Dra. Ratnasari Diah Utami, M.Si., M.Pd (2017) Peran Kegiatan Literasi Dalam Meningkatkan Minat Membaca Dan Menulis Siswa Kelas Atas di SDN Gumpang 1. Skripsi thesis, Universitas Muhammadiyah Surakarta.
Simbolon, Naeklan. 2013. Faktor-faktor yang mempengaruhi minat belajar peserta didik. Fakultas Ilmu Pendidikan Universitas Negeri Medan. Medan
Sudarsana, Undang (2014) Pembinaan Minat Baca. Universitas Terbuka, Jakarta, pp. 1-49. ISBN 9789790118522.
Sugiyono. 2014. Metode Penelitian Pendidikan Pendekatan Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D. Bandung: Alfabeta.
Sumbi, Dayang. 2019. Analisis Penerapan Literasi Membaca Pada Pembelajaran Sosiologi Di Sman 1 Pulau Maya. Program Studi Pendidikan Sosiologi jurusan Pendidikan Ilmu Ilmu Sosialfakultas Keguruan Dan Ilmu Pendidikan. Pontianak.