PENGGUNAAN MODEL PEMBELAJARAN BERBASIS KONTEKSTUAL DI SDN 3 BUDUAN UNTUK MENINGKATKAN MOTIVASI BELAJAR SISWA KELAS lll PADA MATA PELAJARAN IPA KECAMATAN SUBOH KABUPATEN SITUBONDO TAHUN AJARAN 2022/2023
Abstract
Permasalahan yang terdapat di SDN 3 Buduan pada siswa kelas III khususnya pembelajaran IPA. Siswa tidak dapat memahami pembelajaran ipa dengan baik. Karena sulitnya materi tersebut maka guru melaksanakan perbaikan pembelajaran pada IPA dalam 2 siklus untuk melaksanakan suatu penelitian tindakan yang berupa penelitian tindakan kelas (PTK). Tindakan kelas yang dilakukan adalah menggunakan metode berbasis CTL untuk meningkatkan motivasi belajar siswa. Dengan adanya pembelajaran ipa dengan berbasis kontekstual di harapkan bisa menambah motivasi belajar siswa pada pelajaran ipa. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui apakah pembelajaran berbasis kontekstual pada pelajaran IPA dapat meningkatkan motivasi belajar siswa kelas lll di SDN 3 Buduan Suboh Situbondo. Berdasarkan hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa pembelajaran berbasis kontekstual pada pelajaran dapat meningkatkan motivasi belajar siswa kelas 3 di SDN 3 Buduan Kecamatan Suboh Kabupaten Situbondo, bahwa hal ini dibuktikan dengan adanya siklus 1 dan siklus 2 bahwa nilai siklus 1 (345) dan nilai siklus 2 (386). Dari statemen di atas dapat disimpulkan bahwa penggunaan pembelajaran berbasis kontekstual dapat meningkatkan motivasi belajar siswa kelas 3 SD Negeri 3 Buduan pada mata pelajaran IPA Kecamatan Suboh Kabupaten Situbondo tahun ajaran 2022/2023.
References
Aunurrahman. 2012. Belajar dan Pembelajaran. Bandung: Penerbit Alfabeta. Uno,
B. Hamzah. 2008. Teori Motivasi dan Pengukurannya. Bandung: PT. Bumi Aksara.
Arikunto, S. (2010), Prosedur penelitian pendidikan. Jakarta: Rieneka Cipta.
Bandung:CV.Maulana
Faridli Miftah Evi Redja Tani Tukiran. (2013). Model-model Pembelajaran Inovatif
dan Efektif. Bandung: Alfabeta.
Hasibun,I.M. 2014. model pembelajaran ctl (contextual teaching and learning).
Skripsi
Prastowo Andi. (2019). Analisis Pembelajaran Tematik Terpadu (Jakarta: Kencana (Divisi Prenada media Group)
Rusman. 2015. Pembelajaran TematiK Terpadu (Teori, Praktik, dan
Penilaian). Jakarta:PT Grafindo Persada.