ANALISIS KETERLAKSANAAN PROJEK “KELOLA SAMPAH PLASTIK UNTUK BUMI LESTARI” SEBAGAI PENGUATAN PROFIL PELAJAR PANCASILA PADA SISWA FASE B DI SDN PANGARANGAN 1
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan bagaimana keterlaksanaan projek kelola sampah plastik untuk bumi lestari sebagai penguatan profil pelajar pancasila serta bagaimana keterlaksanaan projek kelola sampah plastik untuk bumi lestari terhadap karakter cinta lingkungan siswa di Fase B di SDN Pangarangan I. Penelitian ini menggunakan metode penelitian kualitatif dengan pendekatan fenomenoligi yang dilakukan di SDN Pangarangan I kabupaten sumenep. Teknik pengumpulan data berupa wawancara, observasi dan dokumentasi. Data dianalisis dengan teknik interaktif meliputi reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan/verifikasi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa keterlakanaan projek kelola sampah plastik untuk bumi lestari berjalan dengan baik dan membawa pengaruh besar dalam membangun kesadaran diri siswa untuk mencintai lingkungan. Alur tahapan projek meliputi empat tahapan yaitu: pengenalan, kontekstualisasi, aksi kemudian refleksi. Melalui aksi P5 dapat menguatkan dimensi profil pelajar pancasila terutama dimensi beriman, bertakwa kepada Tuhan YME dan berakhlak mulia, bernalar kritis dan kreatif. Penguatan karakter profil pelajar pancasila dimensi beriman, bertakwa kepada Tuhan YME dan berakhlak mulia dilaksanakan melalui aksi B3 (Beramal, Berpahala, Beraksi). Kegiatan aksi dari dimensi kreatid memperoleh hasil karya berupa rak dinding, bunga plastik, kotak pensil, tabungan serta kemampuan siswa menentukan solusi permasalahan. Sedangkan pada dimensi bernalar kritis siswa mampu mengidentifikasi kode-kode plastik beserta kegunaannya
References
Eka Retnaningsih, L., & Patilima, S. (2022). Kurikulum Merdeka pada Pendidikan Anak Usia Dini. Jurnal Program Studi PGRA, 8(1), 143–158.
Hidayatullah, S. (2023). Penguatan Elemen Kunci Berakhlak Mulia Dalam Kurikulum Merdeka Melalui Pendidikan Agama Islam dan Budi Pekerti Kelas VII Di SMP Negeri 2 Glagah Bayuwangi Tahun Pelajaran 2022/2023.
Jamjemah, Tomo, D., Erlina, & Hartoyo, A. (2022). Analisis Kesiapan Guru dalam Melaksanakan Pembelajaran Kurikulum Merdeka di SDN 47 Penanjung Sekadau. Jurnal Pendidikan Dasar Perkhasa, 8(2), 119–127. http://jurnal.stkippersada.ac.id/jurnal/index.php/JPDP/JPDP8
Kaliky, S., & Juhaevah, F. (2018). Analisis Kemampuan Berpikir Kritis Siswa Kelas X SMA dalam Menyelesaikan Masalah Identitas Trigonometri Ditinjau dari Gender. Matematika Dan Pembelajaran, 6(2), 111. https://doi.org/10.33477/mp.v6i2.663
Kemendikbudristek. (2022). Dimensi, Elemen, dan Subelemen Profil Pelajar Pancasila pada Kurikulum Merdeka. Kemendikbudristek, 1–37.
Mufti, N. A., & Purnamasari, I. (2023). Analisis Muatan Dimensi Kreatif pada Pelaksanaan Projek Penguatan Profil Pelajar Pancasila di SD Muhammadiyah 02 Kendalsari. 1(3), 269–275.
Purmadi, R. M., Santika, D. M. J., & Wulandari, A. S. (2020). Pentingnya pendidikan konservasi untuk menjaga lingkungan hidup ( studi kasus di Desa Cidahu , Kabupaten Kuningan ). Jurnal Pusat Inovasi Masyarakat, 2(4), 602–606.
Rahayu, R., Rosita, R., Rahayuningsih, Y. S., Hernawan, A. H., & Prihantini, P. (2022). Implementasi Kurikulum Merdeka Belajar di Sekolah Penggerak. Jurnal Basicedu, 6(4), 6313–6319. https://doi.org/10.31004/basicedu.v6i4.3237
Rusnaini, R., Raharjo, R., Suryaningsih, A., & Noventari, W. (2021). Intensifikasi Profil Pelajar Pancasila dan Implikasinya Terhadap Ketahanan Pribadi Siswa. Jurnal Ketahanan Nasional, 27(2), 230. https://doi.org/10.22146/jkn.67613
Sulastri, S., Syahril, S., Adi, N., & Ermita, E. (2022). Penguatan pendidikan karakter melalui profil pelajar pancasila bagi guru di sekolah dasar. JRTI (Jurnal Riset Tindakan Indonesia), 7(3), 583. https://doi.org/10.29210/30032075000
Sutjipto. (2011). Rintisan Pengembangan Pendidikan Karakter Di Satuan Pendidikan. Jurnal Pendidikan Dan Kebudayaan, 17, 501–524.
Syafi’i, F. F. (2021). Merdeka belajar: sekolah penggerak. PROSIDING SEMINAR NASIONAL PENDIDIKAN DASAR “Merdeka Belajar Dalam Menyambut Era Masyarakat 5.0,” November, 46–47.
Triyatno, E. F., & Maryadi. (2022). Implementasi Kurikulum Merdeka Belajar Dalam Perspektif Filsafat Progresivisme John Dewey. 17(2), 17–23.
Ulandari, S., & Rapita, D. . (2023). JURNAL MORAL KEMASYARAKATAN Implementasi Proyek Penguatan Profil Pelajar Pancasila sebagai. 8(2), 116–132.