HUBUNGAN PEMBERIAN REWARD DENGAN MOTIVASI BELAJAR DI TK ISLAM BABUSSALAM KENDUNG 1F/180
Abstract
Berdasarkan hasil observasi awal yang diperoleh peneliti, menunjukan bahwa proses belajar mengajar disekolahan sering ditemukan anak yang tidak merespon apa yang dikatakan guru, tidak mendengarkan, dan sibuk dengan dirinya sendiri dalam mengikuti pembelajaran di dalam kelas. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui apakah ada Hubungan antara Pemberian Reward dengan Motivasi Belajar Anak Usia 4-5 Tahun di TK Islam Babussalam,Jalan Kendung 1F/180 Kecamatan Sememi Surabaya. Penelitian ini menggunakan metode kualitatif dengan jenis penelitian korelasi untuk menguji hubungan antara dua variabel. Variabel dalam penelitian ini adalah Pemberian Reward, dan Motivasi Belajar. Populasi dalam penelitian ini berjumlah 24 anak dengan jumlah sampel 24 anak juga, dikarnakan jumlah anak kurang dari 100 jadi semua anak dijadikan sampel. Penelitian ini menggunakan metode pengumpulan data berupa kuesioner/angket yang dinyatakan dalam bentuk slik observasi, dan dokumentasi. Teknik analisis yang digunakan adalah teknik analisis korelasi product moment. Hasil penelitian ini menunjukan bahwa ada hubungan yang segnifikan antara dokumentasi dan wawancara dengan jenis hubungan yang terjalin adalah hubungan yang searah antara Pemberian Reward dengan Motivasi Belajar Anak Usia 4-5 Tahun di TK Islam Babussalam Kecamatan Benowo.
References
Djamarah, S. B. (2005). Guru dan Anak Didik Dalam Interaksi Edukatif : Suatu Pendekatan Teoritis Psikologi. Bandung: Rineka Cipta.
Fadillah, M. (2013). Desain Pembelajaran PAUD. Ar-Ruuz Media, 133.
Hapsari, R. P. (2013). STUDI TENTANG PELAKSANAAN PEMBERIAN REWARD DALAM MENINGKATKAN. 274-284.
Mulyasa. (2013). Menjadi Guru profesional Menciptakan Pembelajaran Kreatif dan Menyenangkan . Remaja Rosdakarya, 77.
Purwa, A. P. (2012). Psikologi Pendidikan dalam Perspektif Baru. Jogjakarta: PT Bumi Aksara.
Purwanto, M. N. (2006). Ilmu Pendidikan Teoritis dan Praktis. Bandung: 183.
Rashimin. (2015). Metode Reward dan Punisment dalam Pembelajaran. Jurnal Konstektualisasi , 19.
Santrocl, J. W. (2008). Psikologi Pendidikan. Jakarta: Kencang.
Subhan, M. (2023). Pengaruh Model Pembelajaran Mind Mapping terhadap Hasil Belajar Matematika Pada Materi Bangun Datar Kelas IV SDN 09 Sitiung. Jurnal IKA.
Undang-Undang, N. 2. (2003). Sistem Pendidikan Nasional Pasal 1 ayat 14.