UPAYA MENINGKATKAN KEMAMPUAN BAHASA MELALUI METODE BERCERITA PADA BAHASA ANAK USIA DINI
Abstract
Pengembangan keterampilan bahasa anak usia dini adalah untuk anak-anak menjadi bisa berkomunikasi secara verbal dengan lingkungan. Oleh karena itu untuk pengembangan bahasa pada anak usia dini dilakukan dengan menggunakan metode bercerita. Metode bercerita ini diharapkan dapat mengatasi perbedaan belajar siswa. Penyajian teknik bercerita yang baik dapat menumbuhkan imajinasi dan mendorong kreativitas siswa dalam mengangkat pesan atau informasi yang disampaikan. Tujuan dari artikel ini untuk mengetahui mengenai strategi pengembangan bahasa pada pendidikan anak usia dini. Dengan menggunakan metode Penelitian Tindakan Kelas (PTK) dengan sumber data yang bersumber dari penelusuran. Dari hasil analisi data diketahui, terjadi peningkatan kemampuan bahasa anak usia 5-6 tahun. Kegiatan bercerita dengan boneka tangan mulai dari observasi yang dilkukan pada tahapan siklus I mengalami peningkatan dalam setiap siklusnya. Hal ini dapat dilihat dari perolehan angka mulai dari siklus I dan siklus II. Dimana perolehan angka rata-rata siklus I sebesar 50,7% dan pada siklus II mengalami peningkatan yang signifikan sebesar 80,5%. Hasil kajian menunjukkan bahwa metode bercerita menggunakan boneka tangan merupakan metode yang cocok di gunakan untuk pengembangan bahasa pada pendidikan anak usia dini untuk meningkatkan kemampuan menyimak dan kemampuan untuk menambah kosakata dengan tema yang beragam. Dengan kalimat- kalimat yang sederhana dan dapat di pahami. Untuk itu pendidik diharapkan untuk berperan terhadap perkembangan bahasa anak anak anak usia dini para pendidik harus mampu memilih metode metode yang tepat untuk pembelajaran anak secara kreatif dan inovatif untuk membantu agar proses pembelajaran dapat tercapai sesuai dengan tujuannya. Yang dapat menciptakan suasana belajar yang nyaman sehingga anak anak selalu merasa gembira dan senang dan tidak cepat bosan.
References
AMALIA, Eka Rizki. Meningkatkan Perkembangan Bahasa Anak Usia Dini Dengan
Metode Bercerita. 2019.
Fajriyatul fauziah. Meningkatkan perkembangan bahasa anak usia dini melalui metode bercerita.researchgate.2021
Irfan, A. Z., Suarti, N. K. A., & Hadi, M. S. (2021). Analisis Pengelolaan Perpustakaan Sekolah Sebagai Sumber Belajar di MI NW Tanak Beak. Jurnal Pendidik Indonesia (JPIn), 4(2), 95-103.
Mukthar. (2013). Metode Praktis penelitian Deskriptif Kualitatif. Jakarta Selatan: Referensi (GP Prees Group).
Munajib, A. (2015). Manajemen Bimbingan dan Konseling Dalam Mengatasi Kenakalan Siswa di SMP Negeri 2 Kertanegara Kab. Purbalingga. Skripsi.
HARTATI, Sri, et al. Peran Metode Bercerita terhadap Perkembangan Bahasa Anak
Usia Dini. Jurnal PG-PAUD Trunojoyo: Jurnal Pendidikan dan Pembelajaran Anak Usia Dini, 2021, 8.2: 74-86.