MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA MELALUI PEMBERIAN REWARD PADA MATA PELAJARAN IPA KELAS 5.2 DI MI MUHAMMADIYAH UNGGULAN KOTA GORONTALO

  • Nely N. Adam Universitas Muhammadiyah Gorontalo
  • Abd. Hamid Isa Universitas Negeri Gorontalo
  • Yulanti S. Mooduto Universitas Muhammadiyah Gorontalo

Abstract

Tujuan penelitian adalah untuk meningkatkan hasil belajar melalui pemberian reward pada mata pelajaran IPA. Penelitian ini menggunakan teknik yaitu wawancara, observasi, tes, dan dokumentasi. Teknik analisis data yaitu aktitivitas guru, aktivitas siswa, dan hasil belajar siswa. Penelitian dilaksanakan dalam dua siklus siklus I tiga kali pertemuan dan siklus II satu kali pertemuan dengan empat tahapan yaitu: tahap persiapan, tahap pelaksanaan tindakan, tahap pemantauan dan evaluasi, tahap analisis dan refleksi. Hasil penelitian pada observasi awal ada 16 orang siswa atau 57% selanjutnya, pada siklus I terjadi peningkatan dengan siswa yang hasil belajarnya telah mencapai ketuntasan kriteria minimal 86. Siklus I yang tuntas ada 21 orang dengan persentase 75% sedangkan pada siklus II, siswa yang hasil belajarnya telah mencapai ketuntasan ada 26 orang dengan persentase 93%. Dengan demikian dapat disimpulkan bahwa pemberian reward dapat meningkatkan hasil belajar pada mata pelajaran IPA kelas 5.2 di MI Muhammadiyah Unggulan Kota Gorontalo.

References

Bilale, F., 2021. Upaya Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Dalam Pembelajaran IPS Dengan Menggunakan Model Picture And Picture Di Kelas V SDN 8 Bone Kabupaten Bone Bolango. Skripsi Pendidikan Guru Sekolah Dasar. Gorontalo: Universitas Muhammadiyah Gorontalo
Darmawati. M: Skripsi: Pengaruh Pemberian Reward dan Punishment terhadap Motivasi Belajar Siswa di MTSN Model Makassar. UIN Samata- Gowa, 2015.
Gultom, A., (2017). Pengaruh Pemberian Reward Terhadap Hasil Belajar
Mitasari, Lea Sakti and Dra. Ratnasari Diah Utami, M.Si., M.Pd (2017) Peran Kegiatan Literasi Dalam Meningkatkan Minat Membaca Dan Menulis Siswa Kelas Atas di SDN Gumpang 1. Skripsi thesis, Universitas Muhammadiyah Surakarta.
Simbolon, Naeklan. 2013. Faktor-faktor yang mempengaruhi minat belajar peserta didik. Fakultas Ilmu Pendidikan Universitas Negeri Medan. Medan
Sudarsana, Undang (2014) Pembinaan Minat Baca. Universitas Terbuka, Jakarta, pp. 1-49. ISBN 9789790118522
Sulkipli 2018. Upaya Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Melalui Pemberian Reward And Punishment Pada Siswa Kelas Xi Sma Negeri 14 Sinjai. Skripsi Pendidikan Fisika. Makasar : Universitas Islam Negeri Alauddin Makasar
Published
2023-12-27
How to Cite
ADAM, Nely N.; HAMID ISA, Abd.; MOODUTO, Yulanti S.. MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA MELALUI PEMBERIAN REWARD PADA MATA PELAJARAN IPA KELAS 5.2 DI MI MUHAMMADIYAH UNGGULAN KOTA GORONTALO. Jurnal IKA PGSD (Ikatan Alumni PGSD) UNARS, [S.l.], v. 14, n. 2, p. 202-211, dec. 2023. ISSN 2656-4459. Available at: <https://unars.ac.id/ojs/index.php/pgsdunars/article/view/3996>. Date accessed: 23 dec. 2024. doi: https://doi.org/10.36841/pgsdunars.v14i2.3996.