ANALISIS HUKUMAN (PUNISHMENT) DALAM MENINGKATKAN KEDISIPLINAN PESERTA DIDIK DI SD MUHAMMADIYAH 1 LIMBOTO KABUPATEN GORONTALO

  • Faradina Sadikin Universitas Muhammadiyah Gorontalo
  • Lia Nurhayati Universitas Muhammadiyah Gorontalo
  • Yusraningsih Yusraningsih3 Universitas Muhammadiyah Gorontalo

Abstract

Tujuan penelitian ini untuk mengetahui bagaimana pelaksanaan dan dampak penerapan hukuman (punishment) dalam meningkatkan kedisiplinan peserta didik.Penelitian ini menggunakan metode penelitian kualitatif dengan teknik pengumpulan data melalui observasi, wawancara dan dokumentasi yang berasal dari data primer dan sekunder.Hasil dari penelitian ini menunjukkan bahwa dalam pemberian hukuman (punishment) yang dilaksanakan di SD Muhammadiyah 1 Limboto sudah berjalan dengan baik. Pemberian hukuman (punishment) yang baik untuk peserta didik tidak perlu memakai kekerasan karena akan menimbulkan kerugian. Hukuman merupakan tindakan yang diberikan oleh pendidik terhadap anak didik yang telah melakukan kesalahan, dengan tujuan agar anak didik tidak akan mengulanginya lagi dan akan memperbaiki kesalahan yang telah ia perbuat. Dengan memberikan hukuman (punishment) yang memiliki nilai-nilai positif akan meningkatkan kedisiplinan peserta didik.

References

Sahlan, A &Prastyo, T. A. (2017). Desain pembelajaran berbasis pendidikan karakter. Jogjakarta: ARRUZZ MEDIA
Metode reward dan punishment terhadap motivasi belajar fiqih siswa-siswi kelas vii mtsn 1 tulungagung.
Amir Daiem Indrakusuma, Pengantar Ilmu Pendidikan, (Surabaya: Usaha Nasional, 2008), hlm 149
KHALIL, M. Pengaruh Metode Reward And Punishment Terhadap Peningkatan Motivasi Belajar Siswa Di Pondok Pesantren Inshafuddin
Imron, A. (2011). Manajemen peserta didik berbasis sekolah. Jakarta: PT Bumi aksara
Published
2023-12-27
How to Cite
SADIKIN, Faradina; NURHAYATI, Lia; YUSRANINGSIH3, Yusraningsih. ANALISIS HUKUMAN (PUNISHMENT) DALAM MENINGKATKAN KEDISIPLINAN PESERTA DIDIK DI SD MUHAMMADIYAH 1 LIMBOTO KABUPATEN GORONTALO. Jurnal IKA PGSD (Ikatan Alumni PGSD) UNARS, [S.l.], v. 14, n. 2, p. 195-201, dec. 2023. ISSN 2656-4459. Available at: <https://unars.ac.id/ojs/index.php/pgsdunars/article/view/3990>. Date accessed: 23 dec. 2024. doi: https://doi.org/10.36841/pgsdunars.v14i2.3990.