DESKRIPSI FAKTOR - FAKTOR KENDALA OPTIMALISASI PENGELOLAAN PERPUSTAKAAN DI SDN 5 LIMBOTO KABUPATEN GORONTALO

  • Sopiyanti Nani Ismail Universitas Muhammadiyah Gorontalo
  • Abd Hamid Isa Universitas Muhammadiyah Gorontalo
  • Wirna Tangahu Universitas Muhammadiyah Gorontalo

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan faktor – faktor kendala optimalisasi pengelolaan perpustakaan. Penelitian ini menggunakan metode penelitian kualitatif dengan teknik pengumpulan data melalui observasi, wawancara dan dokumentasi yang berasal dari data primer dan data sekunder. Adapun dalam penelitian ini menggunakan teknik analisis data melalui pengumpulan data, reduksi data, penyajian data dan penarikan kesimpulan. Hasil penelitian menunjukan bahwa faktor – faktor kendala optimalisasi pengelolaan perpustakaan di SDN 5 Limboto yaitu meliputi dana perpustakaan, sumber daya manusia, kepedulian pihak manajemen sekolah, sarana dan prasarana, perpustakaan sebagai sarana lengkap belajar peserta didik, jam khusus pengguna perpustakaan. Direkomendasikan agar pendidik memberikan dorongan bagi peserta didik dalam memanfaatkan perpustakaan, agar perpustakaan tersebut tidak dianggap sebagai sarana lengkap bagi peserta didik.

References

Arasytie, D., & Marli, S. Analisis Pelaksanaan Pengelolaan Perpustakaan Sekolah Dasar Negeri di Kecamatan Pontianak Selatan. Jurnal Pendidikan dan Pembelajaran Khatulistiwa, 2(10).
Arwan, S. (2019). Manajemen Dan Kepemimpinan Perpustakaan. Jurnal manjemendan kepemimpinan pepustakaan. Maktabatuna, 1(1), 89-100.
Busman, B. (2018). Analisis Faktor-Faktor yang Mempengaruhi Kinerja Pelayanan Pengelola di Perpustakaan SDN 3 Wanio Kecamatan Panca Lautang Kabupaten Sidrap (Doctoral dissertation, Universitas Islam Negeri Alauddin Makassar) Skripsi.
Idrus, Muhammad. (2009). Metode Penelitian Ilmu Sosial, Penerbit Erlangga, Jakarta, hal. 59
Irfan, A. Z., Suarti, N. K. A., & Hadi, M. S. (2021). Analisis Pengelolaan Perpustakaan Sekolah Sebagai Sumber Belajar di MI NW Tanak Beak. Jurnal Pendidik Indonesia (JPIn), 4(2), 95-103.
Kartika, Esther. (2004). Memacu Minat Membaca Siswa Sekolah Dasar. Jurnal Pendidikan Penabur – No.03 / Th.III / Desember.2004. hal. 113-128
Pikri, M., Raudhoh, R., & Jalaludin, J. (2019). Pengelolaan Perpustakaan Dalam Meningkatkan Minat Baca Siswa Di Madrasah Tsanawiyah Alfalah Desa Malapari Kecamatan Muara Bulian Kabupaten batang Hari (Doctoral dissertation, UIN Sulthan Thaha SaifuddinJambi).Thesis
Tusadikyah,N.(2017). Pengelolaan perpustakaan dalam upaya peningkatan minat baca siswa di Sekolah Dasar Negeri Kauman 1 Malang (Doctoral dissertation, Universitas Islam Negeri Maulana Malik Ibrahim). Skripsi.
Wildan Zulkarnain. Manajemen Layanan Khusus di Sekolah. Jakarta: Bumi Aksara, 2018
Published
2023-12-27
How to Cite
ISMAIL, Sopiyanti Nani; ISA, Abd Hamid; TANGAHU, Wirna. DESKRIPSI FAKTOR - FAKTOR KENDALA OPTIMALISASI PENGELOLAAN PERPUSTAKAAN DI SDN 5 LIMBOTO KABUPATEN GORONTALO. Jurnal IKA PGSD (Ikatan Alumni PGSD) UNARS, [S.l.], v. 14, n. 2, p. 187-194, dec. 2023. ISSN 2656-4459. Available at: <https://unars.ac.id/ojs/index.php/pgsdunars/article/view/3989>. Date accessed: 23 dec. 2024. doi: https://doi.org/10.36841/pgsdunars.v14i2.3989.