PENGARUH PENGGUNAAN MEDIA PEMBELAJARAN MICROSOFT POWERPOINT TERHADAP HASIL BELAJAR BIOLOGI DASAR PADA MATERI SISTEM GERAK PADA MANUSIA
Abstract
ABSTRAK
Penggunaan Media Pembelajaran Microsoft PowerPoint yaitu menggunakan multimedia presentasi berupa powerpoint. Microsoft Power Point adalah Program aplikasi presentasi yang merupakan salah satu program aplikasi dibawah Microsoft Office program komputer dan tampilan ke layar dengan menggunakan bantuan LCD Projector. Dalam penelitian ini, tujuan yang ingin dicapai untuk mengetahui ada tidaknya Pengaruh Penggunaan Media Pembelajaran Microsoft PowerPoint terhadap Hasil Belajar Bilogi Dasar pada Materi Sistem Gerak pada manusia di STKIP PGRI Situbondo. Setelah menganalisa data dan pengujian hipotesis, didapat nilai tingkat koefisien korelasi antara penggunaan media pembelajaran microsoft powerpoint (X) dengan hasil belajar (Y) sebesar 0,678. Pada pengujian hipotesis hasilnya ada pengaruh tinggi antara penggunaan media pembelajaran microsoft powerpoint dan hasil belajar mahasiswa. Selanjutnya membuktikan hipotesis kerja (Ha) dengan menggunakan uji F, Ha akan terbukti apabila Fhitung lebih besar dari Ftabel dengan taraf signifikan 5%. Besar Fhitung adalah 32,240 sedangkan F-tabel adalah 4,098 pada N = 40, berarti Fhitung lebih besar dari Ftabel sehingga dikatakan ada pengaruh yang signifikan antara penggunaan media pembelajaran microsoft powerpoint terhadap hasil belajar. Sumbangan efektif atau besar pengaruh penggunaan media pembelajaran microsoft powerpoint terhadap hasil belajar sebesar 45,91%.
References
Arikunto, Suharsimi. 2014. Prosedur Penelitian. Jakarta: Rineka Cipta.
Elpira, Nira. And Ghufron, Anik. 2015. “Pengaruh Penggunaan Media PowerPoint terhadap Minat dan Hasil Belajar IPA siswa kelas IV SD”. Jurnal Inovasi Teknologi Pendidikan. Vol. 02 No. 01. Pp. 94-104.
Darmawan, Deni. 2014. Metode Penelitian Kuantitatif. Bandung: Remaja Rosdakarya.
Erik. 2016. “Pengaruh Penggunaan Media Pembelajaran Multimedia terhadap Hasil Belajar Matematika siswa kelas VIII pada materi Limas di Mts Patra Mandiri Palembang”. Skripsi Sarjana Pendidikan, UIN Raden Fatah Palembang.
Hasyim, M. 2011. Buku Pintar Microsoft Office. Jakarta: Kriya Pustaka.
Huda, Miftahul. 2016. Model-model Pengajaran dan Pembelajaran. Yogyakarta: Pustaka Pelajar.
Kartika, Erna. 2015. “Penggunaan Media PowerPoint untuk meningkatkan Hasil belajar mata pelajaran IPS siswa di kelas VI SDN Kaliasin VII Surabaya”. JPGSD. Vol. 03 No. 02. Pp.157-158.
Munadi, Yudhi. 2013. Media Pembelajaran. Jakarta: Press Group.
Munir. 2012. Multimedia Konsep dan Aplikasi dalam Pendidikan. Bandung: Alfabeta.
Sanjaya, Wina. 2016. Strategi Pembelajaran Berorientasi Standart Proses Pendidikan. Jakarta: Prenadamedia Grup..
Setiawan, Ibnu. 2014. “Pengaruh Penggunaan Media Pembelajaran Alat Peraga terhadap Hasil Belajar Matematika materi kubus dan balok pada siswa kelas VIII”. Skripsi Sarjana Pendidikan, UIN Malang.
Soyomukti, Nurani. 2015. Teori-teori Pendidikan. Yogyakarta: Ar-ruzz Media.
Sugiyono. 2014. Metode Penelitian Pendidikan Pendekatan Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D. Bandung: Alfabeta.
Syamsudin, Ahmad. 2015. “Pengaruh Penggunaan Multimedia Pembelajaran terhadap Hasil Belajar Matematika materi Statistika siswa kelas VII SMP Negeri 1 Suboh Kabupaten Situbondo Tahun Pelajaran 2014/2015”. Skripsi Sarjana Pendidikan, STKIP PGRI Situbondo.
Tirtiana, Chandra Putri. 2013. “Pengaruh Kreatiiftas Belajar, Penggunaan Media Pembelajaran PowerPoint dan Lingkungan Keluarga terhadap Hasil Belajar Mata Pelajaran Akuntansi pada siswa kelas X Akt SMK Negeri 2 Blora Tahun Ajaran 2012/2013”. Economic Education Analysis Journal. Vol. 02 No. 02. Pp