ANALISIS FAKTOR KESULITAN BELAJAR SISWA PADA PELAJARAN MATEMATIKA DI KELAS IV M.I.S AL-MUBARAKAH MOHIYOLO
Abstract
Tujuan penelitian ini adalah untuk untuk menganalisis faktor kesulitan belajar siswa pada pelajaran matematika di kelas IV MIS-AL MUBARAKAH MOHIYOLO. Metode yang digunakan deskriptif kualitatif. Hasil yang diperoleh dari penelitian ini bahwa analisis Faktor Kesulitan belajar siwa pada pelajaran matematika di Kelas IV MIS Al-Mubarakah Mohiyolo yaitu tingkat kecerdasan (IQ) siswa yang berbeda terutama pada materi bilangan bulat, kurangnya motivasi yang diberikan oleh orang tua, minat belajar matematika siswa yang kurang, kurangnya variasi guru dalam mengajar matematika dan penggunaan media pembelajaran yang belum maksimal.
References
Ahmadi, Abu dan Widodo Supriyono.2017. Psikologi Belajar. Jakarta: PT Rineka Cipta
Aisyah, Nyimas, dkk. 2019. Pengembangan Pembelajaran Matematika di Sekolah Dasar. Jakarta: Depdiknas
Anggraeni, 2020. Analisis Faktor Penyebab Kesulitan Belajar Matematika Di Sekolah Dasar. Jurnal Vol.1 No.1. Diakses pada bulan Agustus 2023
Arikunto, Suharsimi. 2006. Prosedur Penelitian: Suatu Pendekatan Praktik, Edisi Revisi VI. Jakarta: PT Rineka Cipta
Ayu, 2021. Analisis Faktor Penyebab Kesulitan Belajar Matematika Kelas IV Sekolah Dasar Negeri Di Kecamatan Ungaran Barat Kabupaten Semarang. Skripsi zjurusan Pendidikan Guru Sekolah Dasar Fakultas Ilmu Pendidikan Universitas Negeri Semarang. Diakses pada bulan Agustus 2023
Dalyono, (2018). Upaya guru mengatasi kesulitan belajar siswa’. Jurnal Vol.10 No 1. Diakse pada bulan Januari 2023
Departemen Pendidikan Nasional. 2006. Peraturan Menteri Pendidikan Nasional Republik Indonesia No.24 tahun 2006 tentang Standar Isi. Jakarta:Depdiknas.https://jdih.kemdikbud.go.id/sjdih/siperpu/dokumen/salinan/permen_tahun2006_nomor24.pdf
Fyanda Israwati, 2018. Upaya Guru Mengatasi Kesulitan Belajar Anak Disleksia Di Sd Negeri 10 Banda Aceh. Jurnal Ilmiah Pendidikan Guru Sekolah Dasar FKIP Unsyiah Volume 3 Nomor 3. Diakses pada bulan Januari 2023
Hadi, F. R. (2017). Kesulitan Belajar Siswa Sekolah Dasar Dalam Menyelesaikan Soal Hots Matematika Berdasarkan Teori Newman. Muallimuna. Jurnal Madrasah Ibtidaiyah, Vol 6 No 2. Diakses pada bulan Januari 2023
Hendriana, Heris, 2018. Hardskills dan Softskills Matematik Siswa. Bandung: Refika Aditama
Heruman, 2018, Model Pembelajaran Matematika di Sekolah Dasar. Bandung: Remaja Rosdakarya
Izzah, 2019. Analisis Kemampuan Penalaran Siswa Dalam Pemecahan Masalah Matematika Siswa Kelas IV. Jurnal Vol 2 No 2. Diakse pada bulan Desember 2022
Kholil, 2020. Faktor-Faktor Kesulitan Belajar Matematika Siswa Madrasah Ibtidaiyah Da’watul Falah Kecamatan Tegaldlimo Kabupaten Banyuwangi. Jurna Vol 1 No 1. Diakse pada bulan Januari 2023
Mabruroh, 2020. Analisis Kesulitan Belajar Muatan Matematika Kelas IV SD Tahfidzul Qur’an Darul Abror.Jurnal Vol 2 No 1. Diakses pada bulan September 2023
Natasy Nordiana, 2019. Analisis Faktor Penyebab Kesulitan Belajar Matematika Dikelas Iv Sekolah Dasar Negeri 004 Bangkinang Kota. Jurna Vol 3 No 2. Diakses pada bulan September 2023
Purhantara, (2010). Metode Penelitian Kualitatif Untuk Bisnis. Yogyakarta: Graha Ilmu.
Sanjaya, 2018. Strategi Pembelajaran Berorientasi Standar Proses Pendidikan. Jakarta: Kencana
Sofyan, 2020. Analisis Kesulitan Belajar Matematika Berbasis Hots Pada Siswa Kelas IV. Jurnal Vol 7 No 1. Diakses pada bulan Januari 2023
Utami, 2020. Peranan Guru Dalam Mengatasi Kesulitan Belajar Siswa Sd. Jurnal Vol 2 No 1. Diakses pada bulan Januari 2023
Yeni, 2019. Kesulitan Belajar Matematika. Jurnal Ilmiah Sekolah Dasar Vol 2 No 1D. Diakses pada bulan Januari 2003