ANALISIS KARAKTERISTIK DAN BENTUK OPTIMALISASI PERKEMBANGAN KOGNISI BAHASA PADA PESERTA DIDIK KELAS 4 SDN KADUJANGKUNG 02
Abstract
Pengajaran di sekolah dasar harus mempertimbangkan pertumbuhan peserta didik. Perkembangan bahasa merupakan salah satu bidang pertumbuhan yang harus diperhatikan. Tingkat kognitif peserta didik akan dipengaruhi oleh aspek perkembangan bahasa. Oleh karena itu, diperlukan lebih banyak penelitian tentang perkembangan linguistik siswa sekolah dasar.. Penelitian ini bertujuan untuk mengidentifikasi Karakteristik Perkembangan Bahasa Kelas 4 SDN Kadujangkung 02. Instrumen yang digunakan dalam pendekatan penelitian deskriptif kualitatif ini meliputi alat observasi dan wawancara. Peneliti menggunakan analisis kualitatif, yang melibatkan pemeriksaan kualitatif terhadap data yang dikumpulkan, termasuk temuan dari observasi dan wawancara. Setiap anggota populasi dijadikan sampel dalam strategi pengambilan sampel yang disebut Sampel Jenuh. Populasi penelitian adalah 21 siswa kelas IV SDN Kadujangkung 02. Berdasarkan hasil observasi, peserta didik kelas 4 SDN Kadujangkung 02 mempunyai kemampuan menyesuaikan penggunaan bahasa, bahasa tubuh, pilihan kata, dan nada suara dengan situasi dan lawan bicara nya. Mereka juga memiliki kemampuan untuk mengenali makna dan pokok-pokok inti dari pembicaraan ataupun dalam bentuk sebuah tulisan
References
Pembelajaran Bahasa Indonesia di SD/MI. Yogyakarta; Ar-Ruzz Media.
Asih. 2016. Strategi Pembelajaran Bahasa Indonesia. Bandung; CV Pustaka Media. Tantawi, Isma. 2019. Bahasa
Indonesia Akademik Strategi Meneliti dan Menulis. Jakarta; Prenadamedia Group.
Chaer, Abdul. 2002. Pengantar Semantik Bahasa Indonesia. Jakarta; PT Rineka Cipta.
Ahmad, Asep. 2009. Mengungkap
Hakikat Bahasa, Makna, dan Tanda. Bandung; PT Remaja Rosdakarya .
Yusuf, Syamsu. 2006. Psikologi
Perkembangan Anak dan Remaja. Bandung; Remaja Rosda Karya.
Chomsky, Noam. 1969.
Languange and Problem of Knowladge. Nederland. MU Utl & Co.
Zaini, H., & Dewi, K. (2017). Pentingnya media pembelajaran untuk anak usia dini. Raudhatul Athfal: Jurnal Pendidikan Islam Anak Usia Dini, 1(1), 81-96
Wicaksono, L. (2016).
Bahasa dalam komunikasi pembelajaran. Jurnal Pembelajaran Prospektif, 1(2), 1-10.
Pemerintah Indonesia. 2003.
Undang-Undang No.20 Tahun 2003 tentang Sistem Pendidikan Nasional. Jakarta; Sekretariat Negara.
Arikunto, S. (2016). Prosedur
Penelitian Suatu Pendekatan Praktik. Jakarta: Rineka Cipta.
Dimyanti dan Mujiono (2009).
Belajar dan Pembelajaran. Bandung: Rineka Cipta. Hurlock, Elizabeth B. (1988).
Perkembangan Anak Jilid 1. Jakarta; Erlangga Morrison, George S. 2012.
Dasar-Dasar Pendidikan Anak Usia Dini. Jakarta: Indeks.Mayke S. Tedja Saputra, 2001.
Permasalahan Perkembangan Bahasa Dan Komunikasi Anak. Jurnal FKIP Universitas Al Muslim 1 (1): hlm. 1-9.