PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF SNOWBALL THROWING UNTUK MENINGKATKAN AKTIVITAS DAN HASIL BELAJAR SISWA PADA MATA PELAJARAN MATEMATIKA

  • Tri Astindari STKIP PGRI Situbondo
  • Ida Fitriana Ambarsari STKIP PGRI Situbondo
  • Nur Hasanah STKIP PGRI Situbondo
  • Heldie Bramantha Universitas Abdurachman Saleh Situbondo
  • Sukma Ayu Nur Aminah STKIP PGRI Situbondo

Abstract

Penelitian ini dilakukan dengan tujuan untuk meningkatkan aktivitas dan hasil belajar siswa mata pelajaran matematika materi persamaan dan pertidaksamaan linier dengan menggunakan Modal Pembelajaran Kooperatif Tipe Snowball Throwing. Proses pembelajaran matematika yang biasa dilakukan sampai saat ini masih banyak menggunakan model konvensional seperti metode ceramah. Metode ceramah lebih menitikberatkan guru sebagai pusat pembelajaran (teacer centre) sedangkan siswa sebagai pendengar saja, ditambah lagi guru sering menugaskan siswa menulis materi yang disampaikan atau menghafal tanpa harus memahami konsep yang diberikan oleh guru. Akibatnya, sering kali kita mendengar bahwa pelajaran matematika itu sangat sulit, membosankan, jenuh, bahkan siswa menjadi pasif dalam setiap proses pembelajaran berlangsung, yang pada akhirnya hasil belajar tidak mencapai kriteria ketuntasan minimal ( KKM) mata pelajaran IPS yang diterapkan (KKM 75). Agar proses pembelajaran matematika bagi siswa menjadi bermakna, maka guru harus dapat memilih metode, strategi pembelajaran yang bervariatif, cocok disesuaikan dengan materi yang akan disampaikan. Dalam penelitian ini penulis mengambil salah satu alternative model pembelajaran yang dapat dikembangkan dalam pembelajaran matematikaa materi persamaan dan pertidaksamaan linier di kelas X Akuntansi adalah dengan model pembelajaran kooperatif tipe Snowball Throwing. Metode yang dilakukan oleh peneliti adalah penelitien tindakan kelas (PTK) menurut Kemmis dan Mc Taggret yang dilakukan dalam 2 siklus, tindakan ini disertai dengan instrumen penelitian berupa lembar observasi, wawancara dan tes. Penelitian ini dilakukan di kelas X SMK Negeri 1 Kendit, dengan jumlah siswa 26 orang. Hasil dari penelitian ini diharapkan model pembelajaran kooperatif tipe Snowball Throwing dapat meningkatkan aktivitas dan hasil belajar siswa pada mata pelajaran matematika sehingga bisa mencapai KKM yang ditentukan oleh guru.

References

Afnan,. 2015. Metode Riset I. Yogyakarta:Andi Offset.
Arikunto, Suharsimi. 2017. Manajemen Pengajaran Secara Manusia. Jakarta: Rineka Cipta.
Artikel. Abdul Qohar, 2019. Pemahaman Matematis Siswa Sekolah Menengah Pertama Pada Pembelajaran dengan Model Reciprocal teaching,http//www.google.com, diakses 23 Mei 2023.
Basis ; 2018. Teori Pembelajaran, Semarang: UPT MKK UNNES.
Djamarah, Syaiful Bahri, dkk. 2016. Strategi Belajar Mengajar. Jakarta: Rineka Cipta.
Dimyati dan Mudjiono. 2017. Belajar dan Pembelajaran, Jakarta: Rineka Cipta.
Hamalik, Oemar. 2015. Proses Belajar Mengajar. Bandung: Bumi Aksara.
Hindriyani, Yayup, 2015. Penerapan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Snowball Throwing dalam Uapaya Meningkatkan Pemahaman Konsep Matematis Siswa. Fkip Universitas Suryakancana Cianjut. Tidak diterbitkan.
Hobri. 2009. Model-model Pembelajaran Inovatif. Jember: IKIP Jember
Huda, 2018. Model-Model Pengajaran dan Pembelajaran. Yogyakarta; Pustaka Belajar.
Huda, Miftahul, 2018. Cooperative Learning (Metode, Teknik, struktur dan Model Penerapan). Yogyakarta; Pustaka Belajar.
Komalasari: 2010. Pengertian snowball throwing. menurut para ahli. Tersedia pada http://www. blogspot.com/2010/03/artikel.html Diakses pada 20 april 2023
Mukhtari. 2010. Bab I Penerapan Metode Pembelajaran Snowball Throwing Dengan Penilaian Portofolio dalam Upaya Untuk Meningkatkan Pemahaman Materi Segitiga Siswa Kelas VII A Smp Islam 02 Pujon Tahun Pelajaran 2007/2008 . Tersedia di http://mukhtaribenk.blogspot.com/2010/10/bab-ii-penerapan-metode-pembelajaran.html. Diunduh Sabtu, 20 april 2023.
Purwanto, Ngalim.2017. Psikologi Pendidikan.Bandung. Remaja Rosdakarya.
Ramadhana, R. S. A., Marpaung, M. F. R., Rangkuti, R. K., Ritonga, S. I., & Ritonga, W. A. 2020. Penerapan Strategi Pembelajaran Genius Learning Untuk Menigkatkan Hasil Belajar Matematika Siswa Pada Materi Ajar Persamaan dan Pertidaksamaan Linear Satu Variabel. Al-Khawarizmi: Jurnal Pendidikan Matematika, 1(2), 6-11.
Rohani, Ahmad. 2018. Pengelolaan Pengajaran. Jakarta: Rineka Cipta.
Saminarto (2010), Pengertian snowball throwing. menurut para ahli. Tersedia pada http://www.blogspot.com/2010/03/artikel.htm Diakses pada tanggal 20 april 2023
Sudjana, N. 2018. Cara Belajar Siswa Aktif Dalam Proses Belajar Mengajar. Bandung: Sinar Baru Algensindo.
Suparno. 2016. Pengertian Penelitian Tindakan Kelas: semarang: Aditia Media
Suprijono,: 2010 Pengertian snowball throwing. menurut para ahli. Tersedia pada shttp://www.blogspot.com/2010/03/artikel.html Diakses pada 20 april 2023
Sudjana, N. 2018. Cara Belajar Siswa Aktif Dalam Proses Belajar Mengajar. Bandung: Sinar Baru Algensindo..
Sardiman, A. M.2018. Interaksi dan Motifasi Belajar Mengajar. Jakarta: Grafindo.
Slameto. 2017. Belajar dan Faktor-faktor yang Mempengaruhinya. Jakarta: Rineka Cipta.
Widowati, Armeta Septian. 2010. Pembelajaran Matematika Melalui Strategi Snowball Throwing dengan Peta Konsep Dalam Uapaya Peningkatan Kreativitas Belajar Siswa. Skripsi FKIP UMS Surayarta. Tidak Diterbitkan.
Zaini, Hisyam dkk. 2017. Desain Pembelajaran Di Perguruan Tinggi. Yogyakarta: Center for Teaching Staff Development (CTSD) IAIN Sunan Kalijaga Yogyakarta
Sari, N. P., & Renggani. (2018). Hubungan Pola Asuh Orang Tua dan Teman SEbaya terhadap Kedisiplinan Belajar Siswa Kelas III SD. Joyful Learning Journal, 7(4), 64.
Setiawati, E. (2015). Pengaruh Pola Asuh Terhadap Kedisiplinan Belajar Siswa. Journal of Elementary Education, 4(1), 62. http://journal.unnes.ac.id/sju/index.php/jee
SIPAYUNG, R. (2014). Pengaruh Pola Asuh Orang Tua Dan Disiplin Belajar Terhadap Hasil Belajar Siswa Sd Kelas V Di Sd Negeri Muara Bolak 4 Kec. Sosorgadong. Jurnal Ilmiah Maksitek, 4(2), 5. https://makarioz.sciencemakarioz.org/index.php/JIM/article/view/83/80
Yana, K. F. (2022). Pengaruh Pola Asuh Orang Tua terhadap Kedisiplinan Belajar Siswa di SMP Negeri 2 Muaro Jambi. Indonesian Journal of Education Research (IJoER), 3(1), 1–4. https://doi.org/10.37251/ijoer.v3i1.549
Published
2023-12-26
How to Cite
ASTINDARI, Tri et al. PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF SNOWBALL THROWING UNTUK MENINGKATKAN AKTIVITAS DAN HASIL BELAJAR SISWA PADA MATA PELAJARAN MATEMATIKA. Jurnal IKA PGSD (Ikatan Alumni PGSD) UNARS, [S.l.], v. 14, n. 2, p. 79-98, dec. 2023. ISSN 2656-4459. Available at: <https://unars.ac.id/ojs/index.php/pgsdunars/article/view/3912>. Date accessed: 23 dec. 2024. doi: https://doi.org/10.36841/pgsdunars.v14i2.3912.