ANALISIS PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN TALKING STICK PADA PELAJARAN TEMATIK DI SDN 2 ASPARAGA KABUPATEN GORONTALO

  • Selfianti Malahedi Universitas Muhammadiyah Gorontalo
  • Lia Nurhayati Universitas Muhammadiyah Gorontalo
  • Fandi H. Binggo Universitas Muhammadiyah Gorontalo

Abstract

Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui bagaimana analisis penerapan model Talking Stick pada pelajaran tematik di SDN 2 Asparaga. Metode yang digunakan deskriptif kualitatif. Hasil yang diperoleh dari penelitian ini bahwa penerapan model Talking Stick pada pelajaran tematik melalui tiga tahapan yaitu tahapan persiapan, tahapan pelaksanaan dan tahapan evaluasi. Model Talking Stick ini membuat peserta didik lebih memahami materi karena diawali oleh penjelasan seorang pendidik, peserta didik lebih dapat menguasai materi ajar karena ia diberikan kesempatan untuk mempelajarinya kembali melalui buku paket yang tersedia, daya ingat peserta didik lebih baik sebab ia akan ditanyai kembali tentang yang diterangkan dan dipelajarinya, peserta didik tidak jenuh karena ada tongkat sebagai pengikat daya tarik peserta didik mengikuti pelajaran, dan terkahir pelajaran akan tuntas sebab pada bagian akhir akan diberikan kesimpulan oleh pendidik.

References

Afandi Muhammad, Evi Chamalah, dan OktaPuspita Wardani. (2013). Model dan Metode pembelajaran di Sekolah.Semarang: Unnissula Press
Darmadi. (2017). Pengembangan Model Dan Metode Pembelajaran Dalam Dinamika Belajar Peserta didik.Yogyakarta: Deepublish
Faridli Miftah Evi Redja Tani Tukiran. (2013). Model-model Pembelajaran Inovatif
dan Efektif. Bandung: Alfabeta.
Hasbullah (2006). Dasar-Dasar Ilmu Pendidikan. Jakarta
Huda Miftahul. (2013). Cooperative Learning Metode, Teknik, Struktur dan Model
Terapan. Pustaka Belajar: Yogyakarta
Kurniasih, I. (2015). Model Pembelajaran. Yogyakarta: Kata Pena
Malawi Ibadullah & Kadarwati Ani. (2017). Pembelajaran Tematik (Konsep Dan Aplikasi). Magetan: CV. AE Grafika
Prastowo Andi. (2019). Analisis Pembelajaran Tematik Terpadu (Jakarta: Kencana (Divisi Prenada media Group)
Rusman. 2015. Pembelajaran TematiK Terpadu (Teori, Praktik, dan
Penilaian). Jakarta:PT Grafindo Persada
Shilphy A. Octavia. (2016). Model- model Pembelajaran. Yoyakarta: CV. Budi Utama)
Undang-Undang No.20 Tahun 2003, Pendidikan Adalah Usaha Sadar Dan Terencana Untuk Mewujudkan Suasana Belajar Dan Proses Pembelajaran
Published
2023-12-25
How to Cite
MALAHEDI, Selfianti; NURHAYATI, Lia; BINGGO, Fandi H.. ANALISIS PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN TALKING STICK PADA PELAJARAN TEMATIK DI SDN 2 ASPARAGA KABUPATEN GORONTALO. Jurnal IKA PGSD (Ikatan Alumni PGSD) UNARS, [S.l.], v. 14, n. 2, p. 60-65, dec. 2023. ISSN 2656-4459. Available at: <https://unars.ac.id/ojs/index.php/pgsdunars/article/view/3905>. Date accessed: 23 dec. 2024. doi: https://doi.org/10.36841/pgsdunars.v14i2.3905.