PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN TEAM GAMES TOURNAMEN UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR PESERTA DIDIK PADA MATA PELAJARAN IPS KELAS IV SDN 4 TELAGA KABUPATEN GORONTALO

  • Sri Wahyuni Suwindo Universitas Muhammadiyah Gorontalo
  • Abd Hamid Isa Universitas Muhammadiyah Gorontalo
  • Fandi H. Binggo Universitas Muhammadiyah Gorontalo

Abstract

Tujuan dari penelitian ini adalah untuk meningkatkan Hasil Belajar peserta didik pada pelajaran IPS dengan menggunakan model pembelajaran Team Games Tournament (TGT) dikelas IV SDN 4 Talaga Kabupaten Gorontalo. Jenis penelitian ini adalah Penilitian Tindakan kelas yang dilakukan dengan 2 siklus.Desain penelitian ini menngunakan model Kemmis Mc. Taggrat dengan subjek penelitian dengan subjek penelitian peserta didik kelas 4 yang berjumlah 29 orang siswa terdiri dari 20 orang siswa berjenis kelamin laki-laki dan 9 orang siswa berjenis kelamin permpuan. Teknik pengumpulan data menggunakan (1) tes (2) observasi dan (3) dokumentasi. Indicator keberhasilan yang harusdicapai dengan nilai ketuntasan klasikal 85%.Hasil penelitian ini disimpulkan bahwa, pada observasi awal terdapat 8 orang siswa atau sebanyak 27.58% yang belum memahami materisehinggahasilbelajarrendah. Pada siklus I telah diterapkan model pembelajaran TGT, terdapat 18 orang siswa atau sebanyak 62.06%%. dan pada siklus II telah terdapat 27 orang siswa atau sebnyak 93.10% telah meningkathasil belajar mata pelajaran IPS. Sehingga dapat ditarik kesimpulanmeningkatkan Hasil Belajar Peserta didik siswa dengan menggunkan model pembelajaran TGT dapat dikatakan berhasil dengan baik.

References

Agus Suprijono. 2009. Cooperative Learning, Teori & Aplikasi Paikem Surabaya: Pustaka Belajar
Agus Suprijono. 2012. Metode dan model-model Mengajar. Bandung: Alfabeta.
Ahmad Susanto. 2013. Teori Belajar dan pembelajaran Disekolah dasar. Jakarta: Kencana Prenada Media Grup.
Arikinto Suharsimir. Dkk. 2007. Penelitian Tindakan Kelas. Jakarta: Bumi Akrasa
Aqib, zainal. 2009. Penelitian Tindakan Kelas. Bandung. CV. Yrama Widya
Aunurrahman. 2016. Belajar dan Pembelajaran. Bandung: Alfabeta
Hamzah B. Uno. 205. Model Pembelajaran Menciptakan Proses Belajar Mengajar yang kreatif dan efektif. Jakarta: PT. Bumi Aksara.
Darmayoga. Wayan. 2013. Pengaruh mplementasi Metode Mind Mapping Terhadap Hasil Belajar IPS ditinjau dari minat siswa Kelas IV SD Sathya Sai Denpasar . e-journal. Program Pascasarjana Universitas Pendidikan Ganesha Jurusan Pendidikan Dasar: Hlm 3 (Vol.3 Thn 2013)
Dimyati dan Mudjiono. 2009. Belajar Dan Pembelajaran, Jakarta: Rineka Cipta
Hemalik. Oemar. 2009. Proses Belajar mengajar. Jakarta: PT Bumi Aksara
Ekasari, Efi. 2021. Pengaruh Model Pembelajaran Auditory ntelectualy Repetition (AIR) terhadap hasil belajar siswa X OTKP di SMKN 2 Buduran. Skripsi.
Fitratun Nafisah, 2020. Penerapan Model Pembelajaran Teams Games Tournament (TGT) Untuk Meningkatkan Keaktifan Belajar Siswa Pada Pembelajaran Tematik Kelas IV Desa Parit. Kabupaten Muaro, Jambi. SkriIPSi..
Wahzunita. 2021. Karakteristik IPS Menurut Para Ahli. Vol 1:2-3 Di akses 10 November 2021.
Ihsana. 2017. Belajar dan Pembelajaran. Yogyakarta: Pustaka Pelajar
Jamil Suprihatiningrum 2014. Strategi Pembelajaran. Yogyakarta: Ar-ruzz Media
Kunandar.2013. Penilaian Autentik (Penilaian Hasil Belajar Peserta Didik Berdasarkan Kurikulum 2013). Suatu Pendekatan Praktis disertai ddengan contoh. Jakarta: Rajawali Pers.
Mahardika. Ariza. 2018 Pengaruh Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Teams Tournament (TGT) Terhadap HAsil Belajar Siswa Tema 5 Kelas I SDN Purwantoro Malang 2 Malang. University Of Muhammadiyah Malang. Tesis.
Maswan, Khoirul Muslimin. 2017. Teknologi Pendidikan Penerapan Pembelajaran Yang sistematis. Yogyakarta: Pustaka Belajar
Mulyadi. 2010. Diagnosisi Kesulitan Belajar & Bimbingan Terhadap Kesulitan Belajar Khusus. Yogyakarta: Nuha Litera.
Muchlis, Mansur. 2009. Melaksanakan Penelitian Tindakan Kelas (PTK) tu Mudah. Jakarta. PT Bumi AKsara.
Nurulhayati, Sitti. 2012. Pembelajaran Kooperatif yang menggairahkan. Wahana nformasi dan Komunikasi Pendidikan
Purwanto, Ngalim. 2016. IPSikolog Pendidikan Bandung : PT Remaja Rosdakarya.
Shoimin, Aris. @014. 68 Model Pembelajaran novatif dalam Kurikulum 2013. Yogyakarta: Ar-ruzz Media.
Slavin Robert E. 2010. Coooperatife Learning Teori , riset dan praktik. Bandung : Nusa Media
Solihatin, Ethin. 2012. Trategi Pembelajaran PPKN. Jakarta: PT BumI Aksara
Thobroni. 2016. Belajar dan Pembelajarah Teori dan Praktek. Jakarta : Ar-Ruzz Media
Undang-Undang RI Pendidikan No 20 Tahun 2003 tentang system pendidikan Nasional
Rusman. 2013.. Motode-metode pembelajaran, Mengembangkan
Profesional Guru. Jakarta: PT Raja Grafindo Persada
Published
2023-12-24
How to Cite
SUWINDO, Sri Wahyuni; ISA, Abd Hamid; BINGGO, Fandi H.. PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN TEAM GAMES TOURNAMEN UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR PESERTA DIDIK PADA MATA PELAJARAN IPS KELAS IV SDN 4 TELAGA KABUPATEN GORONTALO. Jurnal IKA PGSD (Ikatan Alumni PGSD) UNARS, [S.l.], v. 14, n. 2, p. 46-59, dec. 2023. ISSN 2656-4459. Available at: <https://unars.ac.id/ojs/index.php/pgsdunars/article/view/3904>. Date accessed: 23 dec. 2024. doi: https://doi.org/10.36841/pgsdunars.v14i2.3904.