PENGARUH PENGGUNAAN GADGET TERHADAP HASIL BELAJAR ANAK SEKOLAH DASAR

  • Siti Nurafiah Universitas Sultan Ageng Tirtayasa
  • Siti Rokmanah Universitas Sultan Ageng Tirtayasa
  • Syachruroji Syachruroji Universitas Sultan Ageng Tirtayasa

Abstract

Perkembangan zaman dan teknologi mempengaruhi berbagai aspek bidang. Salah satu perkembangan teknologi yang sangat berpengaruh dalam kehidupan adalah penggunaan gadget. Hampir semua aktivitas dipengaruhi oleh penggunaan gadget. Penggunaan gadget sudah menjadi hal yang lumrah dalam kehidupan sehari-hari dari orang dewasa bahkan anak-anak. Salah satu pengaruh penggunaan gadget yaitu berpengaruh pada bidang pendidikan. Dalam dunia pendidikan gadget memiliki peranan penting. Baik dalam proses pembelajaran, akses materi pembelajaran, ataupun pengelolaan sistem administrasi sekolah. Namun, dalam proses pembelajaran penting untuk memahami secara mendalam bagaimana gadget dapat mempengaruhi hasil belajar anak sekolah dasar. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk menganalisis dampak positif dan dampak negatif penggunaan gadget terhadap hasil belajar anak usia sekolah dasar. Metode penelitian yang digunakan adalah studi kepustakaan dengan merujuk pada buku dan jurnal terkait.  Peranan orang tua dan guru dalam pengawasan dan bimbingan  penggunaan gadget pada anak sangatlah penting guna menghasilkan pembelajaran yang optimal.

References

Al addawiyah Nur Farecha. 2021. Dampak Penggunaan Gadget Terhadap Hasil Belajar Siswa di Desa Serang RT 01 RW 05 Kecamatan Klangenan Kabupaten Cirebon.
Djamaluddin Ahyar, Wardana. 2019. Belajar Dan Pembelajaran. CV. Kaafah Learning Center: Sulawesi Selatan.
Harahap Septia Rizky, Elly Rosma, Safiah Intan. 2018. Pengaruh Penggunaan Gadget Terhadap Hasil Belajar Siswa Kelas V SD Negeri 12 Banda Aceh.
Hudaya, A. 2018. Pengaruh Gadget Terhadap Sikap Disiplin Dam Minat Belajar Peserta Didik .
Mubashiroh. 2013. Gadget , Penggunaan Dan Dampak Pada Anak-Anak. Semarang : Universitas Negeri Semarang.
Nikmawati, Bintoro Surya Henry, Santoso. 2021. Dampak Penggunaan Gadget Terhadap Hasil Belajar dan Minat Belajar Siswa Sekolah Dasar. Kudus : Universitas Muria Kudus.
Nurhalipah R, Yustiana M, Saeni, Muslih M. 2020. Pengaruh Gdget Terhadap Minat Belajar Pada Anak-Anak. Sukabumi : Universitas Nusa Putra Sukabumi.
Rihlah Jauharotur, Shari Destita, Anggraeni Rizki Ayu. 2021. Dampak Penggunaan Gadget Di Masa Pandemi Covid 19 Terhadap Perkembangan Bahasa Dan Sosial Anak Usia 5-6 Tahun. Surabaya : Universitas Nahdlatul Ulama Surabaya.
Rozali Ferdiana Maya. 2017. Hubungan Inte sitas Pemanfaatan Gagdet Dengan Prestasi Belajar Siswa Ke las V Sekolah Dasar. SDN Tulusrejo 2.
Slameto . 2010. Belajar dan Faktor-Faktor yang Mempengaruhinya. Jakarta: RinekaCipta.
Widiawati I, Sugiman H, Edy. 2014. Pengaruh Penggunaan Gadget Terhadap Daya Kembang Anak. Jakarta : Universitas Budi Luhur.
Yannuansa Nanndo, dkk. 2020. Pengaruh Gadget Pada Anak-Anak. LPPM UNHASY Tebuireng Jombang: Jawa Timur.
Published
2023-12-23
How to Cite
NURAFIAH, Siti; ROKMANAH, Siti; SYACHRUROJI, Syachruroji. PENGARUH PENGGUNAAN GADGET TERHADAP HASIL BELAJAR ANAK SEKOLAH DASAR. Jurnal IKA PGSD (Ikatan Alumni PGSD) UNARS, [S.l.], v. 14, n. 2, p. 13-20, dec. 2023. ISSN 2656-4459. Available at: <https://unars.ac.id/ojs/index.php/pgsdunars/article/view/3900>. Date accessed: 23 dec. 2024. doi: https://doi.org/10.36841/pgsdunars.v14i2.3900.