PENGGUNAAN MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIFTIPE GROUP INVESTIGATION DALAM PENINGKATANHASIL BELAJAR IPS DI KELAS IV SDN 4 DAWUHAN SITUBONDO TAHUN AJARAN 2012/2013
Abstract
The Useing of Cooperative Learning Models tipe Group Investigation in Improveing The Learning Result Social Studies in IV Grade State Elementary School 4 Dawuhan Situbondo. The purpose of this research was to describe of models cooperative learning model tipe group investigation in improving the process and learning result os social studies IV Grade State Elementary School 4 Dawuhan Situbondo. Thisresearch uses classroom action research techniques. The results showed that the use of cooperative learning model tipe group investigation, can improve the process and learning result Social studies in IV Grade State Elementary School 4 Dawuhan Situbondo. Selection of the appropriate method is an alternative that can be taken
References
Faqih Samlawi dan Bunyamin Maftuh. 2001. Konsep Dasar IPS. Bandung: CV Maulana.
Gunawan, Rudi. 2011. Pendidikan IPS Filosofi, konsep, dan Aplikasi. Bandung: Alfabeta.
Hidayati, dkk. 2008. Pengembangan Pendidikan IPS SD. Jakarta: Direktorat Jenderal Pendidikan Tinggi Departemen Pendidikan Nasional.
Iru, L. & Arihi, L.O.S. 2012 Analisis Penerapan Pendekatan, Metode, Strategi, dan Model-model Pembelajaran. DIY: Multi Presindo
Isjoni. 2011. Pembelajaran Kooperatif Meningkatkan Kecerdasan Komunikasi Antar Peserta Didik. Yogyakarta: Pustaka Pelajar.
Jahja, Yudrik. 2011. Psikologi Perkembangan. Jakarta: Kencana.
Jihad, A., & Haris, A. 2008. Evaluasi pembelajaran. Yogyakarta: Multi Presindo
Koyan, I W. 2011. Asesmen dalam Pendidikan. Singaraja: Universitas Pendidikan Ganesha..
Made Wena. 2008. Strategi Pembelajaran Inovatif Kontemporer. Jakarta: Bumi Aksara.
Miftahul Huda. 2011. Cooperative Learning: Metode, Teknik, Struktural, dan Model Penerapan. Yogyakarta: Pustaka Pelajar.
Raga, Gede, dkk. 2006. Konsep Dasar Ilmu Pengetahuan Sosial. Singaraja: Undiksha.
Rusman. 2010. Model-Model Pembelajaran. Jakarta: PT Raja Grafindo Persada.
Sabri, M. A. 2001 Pengantar Psikologi Umum dan Perkembangan, Jakarta : CV Pedoman Ilmu Jaya.
Sapriya. 2011. Pendidikan IPS. Bandung: PT Remaja Rosda Karya.
Sugiyono. 2009. Metode Penelitian Kuantitatif Kualitatif dan R&D. Bandung: Alfabeta
Trianto. 2009. Mendesain Model Pembelajaran Inovatif-Progresif. Surabaya: Alfabeta
Undang-Undang Republik Indonesia No. 20 Tahun 2003 tentang Sistem pendidikan nasional. 2003. Jakarta : Cemerlang