PENGGUNAAN MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIFTIPE GROUP INVESTIGATION DALAM PENINGKATANHASIL BELAJAR IPS DI KELAS IV SDN 4 DAWUHAN SITUBONDO TAHUN AJARAN 2012/2013

  • Gustilas Ade Setiawan prodi PGSD FKIP UNARS

Abstract

The Useing of Cooperative Learning Models tipe Group Investigation in Improveing The Learning Result Social Studies in IV Grade State Elementary School 4 Dawuhan Situbondo. The purpose of this research was to describe of models cooperative learning model tipe group investigation in improving the process and learning result os social studies IV Grade State Elementary School 4 Dawuhan Situbondo.  Thisresearch uses classroom action research techniques. The results showed that the use of cooperative learning model tipe group investigation, can improve the process and learning result Social studies in IV Grade State Elementary School 4 Dawuhan Situbondo. Selection of the appropriate method is an alternative that can be taken

References

Arni Fajar. 2005. Portofolio dalam Pembelajaran IPS. Bandung: PT. Remaja Rosda Karya.

Faqih Samlawi dan Bunyamin Maftuh. 2001. Konsep Dasar IPS. Bandung: CV Maulana.

Gunawan, Rudi. 2011. Pendidikan IPS Filosofi, konsep, dan Aplikasi. Bandung: Alfabeta.

Hidayati, dkk. 2008. Pengembangan Pendidikan IPS SD. Jakarta: Direktorat Jenderal Pendidikan Tinggi Departemen Pendidikan Nasional.

Iru, L. & Arihi, L.O.S. 2012 Analisis Penerapan Pendekatan, Metode, Strategi, dan Model-model Pembelajaran. DIY: Multi Presindo

Isjoni. 2011. Pembelajaran Kooperatif Meningkatkan Kecerdasan Komunikasi Antar Peserta Didik. Yogyakarta: Pustaka Pelajar.

Jahja, Yudrik. 2011. Psikologi Perkembangan. Jakarta: Kencana.

Jihad, A., & Haris, A. 2008. Evaluasi pembelajaran. Yogyakarta: Multi Presindo

Koyan, I W. 2011. Asesmen dalam Pendidikan. Singaraja: Universitas Pendidikan Ganesha..

Made Wena. 2008. Strategi Pembelajaran Inovatif Kontemporer. Jakarta: Bumi Aksara.

Miftahul Huda. 2011. Cooperative Learning: Metode, Teknik, Struktural, dan Model Penerapan. Yogyakarta: Pustaka Pelajar.

Raga, Gede, dkk. 2006. Konsep Dasar Ilmu Pengetahuan Sosial. Singaraja: Undiksha.

Rusman. 2010. Model-Model Pembelajaran. Jakarta: PT Raja Grafindo Persada.

Sabri, M. A. 2001 Pengantar Psikologi Umum dan Perkembangan, Jakarta : CV Pedoman Ilmu Jaya.

Sapriya. 2011. Pendidikan IPS. Bandung: PT Remaja Rosda Karya.

Sugiyono. 2009. Metode Penelitian Kuantitatif Kualitatif dan R&D. Bandung: Alfabeta

Trianto. 2009. Mendesain Model Pembelajaran Inovatif-Progresif. Surabaya: Alfabeta

Undang-Undang Republik Indonesia No. 20 Tahun 2003 tentang Sistem pendidikan nasional. 2003. Jakarta : Cemerlang
Published
2018-12-28
How to Cite
SETIAWAN, Gustilas Ade. PENGGUNAAN MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIFTIPE GROUP INVESTIGATION DALAM PENINGKATANHASIL BELAJAR IPS DI KELAS IV SDN 4 DAWUHAN SITUBONDO TAHUN AJARAN 2012/2013. Jurnal IKA PGSD (Ikatan Alumni PGSD) UNARS, [S.l.], v. 6, n. 2, p. 11-22, dec. 2018. ISSN 2656-4459. Available at: <https://unars.ac.id/ojs/index.php/pgsdunars/article/view/385>. Date accessed: 17 may 2024.
Section
Articles