PENGARUH MEDIA VISUAL DAN KETERAMPILAN SOSIAL TERHADAP KEMAMPUAN LITERASI AUD 5-6 TAHUN

  • Wilda Arfah Ritonga Universitas Negeri Medan
  • Rosmala Dewi Universitas Negeri Medan
  • Naeklan Simbolon Universitas Negeri Medan

Abstract

Tujuan penelitian untuk mengidentifikasi perbedaan kemampuan literasi awal anak usia dini dibelajarkan menggunakan media visual digital dengan dibelajarkan menggunakan media visual story reading. Mengidentifikasi perbedaan kemampuan literasi awal anak usia dini memiliki keterampilan sosial tinggi dengan anak memiliki keterampilan sosial rendah. Mengetahui interaksi antara media visual dan keterampilan sosial terhadap kemampuan literasi awal anak usia dini di TK Khairul Fataya. Populasi penelitian adalah seluruh anak di TK Khairul Fataya usia 5-6 tahun berjumlah 32 anak. Sampel ditetapkan anak TK usia 5-6 tahun yang dibagi dalam 2 kelompok yaitu kelompok B1 berjumlah 16 anak sebagai kelas media visual jenis digital dan kelompok B2 yang berjumlah 16 anak sebagai kelas menggunakan media visual jenis story reading. Instrumen penelitian berupa lembar pengamaan. Teknik analisis data menggunakan ANAVA dua jalur pada taraf signifikansi α = 0,05.Hasil penelitian menyimpulkan bahwa kemampuan literasi awal anak menggunakan media digital lebih tinggi dari menggunakan media story reading. Kemampuan literasi awal anak dibelajarkan menggunakan media pembelajaran digital memperoleh nilai rata-rata sebesar 81,81, sedangkan kemampuan literasi awal anak yang dibelajarkan dengan media story reading memperoleh nilai rata-rata sebesar 78,00.  Keterampilan sosial anak tinggi memiliki hasil kemampuan literasi awal lebih tinggi dibanding keterampilan sosial rendah. Hasil kemampuan literasi awal anak yang memiliki keterampilan sosial tinggi rata-rata sebesar 81,45, sedangkan dengan keterampilan sosial rendah memiliki rata-rata sebesar 77,33.  Hasil uji Anava diketahui hitung sig=0,004<sig=0,05 maka terdapat interaksi antara penggunaan media pembelajaran visual dan keterampilan sosial terhadap kemampuan literasi awal anak.

References

Ambarwati, FR dan Nasution N. 2015. Keterampilan Dasar Praktik Klinik. Surakarta : Dua Satria Offset
Angacian dkk (2015) Pengaruh Pembelajaran Pendekatan Saintifik Terhadap Hasil belajar Biologi dan Keterampilan Proses Sains Siswa MA Mu”allimat NW Pancoran Selong Kabupaten Lombok Timur Nusa Tenggara Barat. Jurnal Pascasarjana Universitas Pendidikan ganesha, 4(6) 1-45.
Arikunto. 2015. Prosedur Penelitian Suatu Pendekatan Praktik. Jakarta: Rineka Cipta.
Ariyanti, T. (2018). Pentingnya Pendidikan Anak Usia Dini Bagi Tumbuh Kembang Anak. Jurnal dinamika pendidikan dasar, 8(1), 50-58.
Asyhar, Rayandra. (2016). Kreatif Mengembangkan Media Pembelajaran. Jakarta: Referensi Jakarta.
Ayunita, D., Nurmala, N., & Diponegoro, U. (2019). Modul Uji Validitas dan Reliabilitas, Jakarta: Rineka Cipta.
Bakhshaei dkk, (2017) Pengembangan media pembelajaran matematika berbasis web pada materi lingkaran bagi siswa. Jurnal Matematika, Statistika dan Komputasi, 15(1), 31-40.
Basyiroh, I. (2017). Program Pengembangan Kemampuan Literasi Anak Usia Dini. Tunas Siliwangi, 3(2), 120–134
Chairilsyah, D. (2019). Web-Based Application To Measure Motoric Development Of Early Childhood. Jpud - Jurnal Pendidikan Usia Dini, 13(1), 1–14.
Daryanto (2016) Inovasi Pembelajaran Efektif. Bandung: Yrma Widya
Depdiknas, 2009. Permendiknas nomor 58 tahun 2009. Jakarata.
Fitriah (2017) Konsep Pendidikan Islam Menuju Masyarakat Madani, Jurnal Tarbawy, 4 (1), 12-20.
Hadini, Nining. 2017. Meningkatkan Kemampuan Membaca Anak Usia Dini Melalui Kegiatan Permainan Kartu Kata Di Tk Al-Fauzan Desa Ciharashas Kecamatan Cilaku Kabupaten Cianjur. Journal Empowerment, 6(1), 2252-4738.
Handayani, Saari. 2019. Upaya Meningkatkan Kemampuan Literasi Awal Melalui Media Big Book. Semara Prosiding Seminar Nasional Pendidikan Stkip Kusuma Negara. Jakarta Utara
Published
2023-06-23
How to Cite
RITONGA, Wilda Arfah; DEWI, Rosmala; SIMBOLON, Naeklan. PENGARUH MEDIA VISUAL DAN KETERAMPILAN SOSIAL TERHADAP KEMAMPUAN LITERASI AUD 5-6 TAHUN. Jurnal IKA PGSD (Ikatan Alumni PGSD) UNARS, [S.l.], v. 13, n. 1, p. 370-383, june 2023. ISSN 2656-4459. Available at: <https://unars.ac.id/ojs/index.php/pgsdunars/article/view/3617>. Date accessed: 09 july 2024. doi: https://doi.org/10.36841/pgsdunars.v13i1.3617.
Section
Articles