PENGARUH PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE STAD TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA PADA MATA PELAJARAN SOSIOLOGI KELAS X DI SMA NEGERI 1 ANYAR

  • Dita Ramadanti Universitas Sultan Ageng Tirtayasa
  • Subhan Widiansyah Universitas Sultan Ageng Tirtayasa
  • Muhammad Agus Hardianysah Universitas Sultan Ageng Tirtayasa

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh penerapan model pembelajaran kooperatif tipe STAD terhadap hasil belajar siswa pada mata pelajaran sosiologi kelas X di SMA Negeri 1 Anyar. Pendekatan yang digunakan dalam melakukan penelitian yaitu menggunakan pendekatan kuantitatif dengan metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah quasi eksperimen dengan desain Post Test Only Group Design. Teknik pengumpulan data yang digunakan peneliti antara lain observasi, tes, dan dokumentasi. Populasi dalam penelitian ini yaitu 142 siswa dengan jumlah sample 36 siswa, sampel tersebut dihitung dengan menggunakan teknik Purposive Sampling.  Berdasarkan hasil penelitian dan pembahasan dapat disimpulkan bahwa penerapan model pembelajaran kooperatif tipe STAD dapat meningkatkan hasil belajar peserta didik pada mata pelajaran Sosiologi di Kelas X IPS tahun ajaran 2022/2023. Berdasarkan hasil perhitungan uji hipotesis yang menggunakan Uji-t diperoleh nilai sig < Alfa sebesar 0,010 < 0,05, maka sesuai dasar pengambilan keputusan Uji-t, maka terdapat perbedaan hasil belajar sosiologi kelas eksperimen dan kelas kontrol. Dilihat t-hitung > t-tabel sebesar t-hitung 2,732 > t-tabel 2.03011. Hal ini dapat disimpulkan penggunaan model pembelajaran kooperatif tipe STAD berpengaruh terhadap hasil belajar siswa dibandingkan dengan hasil belajar siswa yang menggunakan model pembelajaran konvensional.

References

Abdullah, Aminol Rosid. 2019. Capailah Prestasimu. Bogor: Guepedia.
Ahyar, Dasep Bayu.et al. 2021. Model-model Pembelajaran. Pati: Pradina Pustaka
Akrim. 2022. Buku Ajar Strategi Pembelajaran. Sumatra Utara: Umsu Press.
Assyari, Sularsih, dan Husyairi, Muhammad. 2020. Cakap dan Kreatif Mendidik. Tasikmalaya: Edu Publisher
Creswell, John W. 2017. Research Design Pendekatan Metode Kualitatif, Kuantitatif, dan campuran.Yogyakarata: Pustaka pelajar
Handayani, Naomi et.al. 2019. Pengembangan Model Pembelajaran Upaya Meningkatkan Hasil Belajar Siswa. Jawa Tengah: Pustaka Rumah Cinta
Haudi. 2021. Strategi Pembelajaran. Solok: CV Insan Cendekia Mandiri.
Isti’adah, Feida Noorlaila. 2020. Teori-Teori Belajar Dalam Pendidikan. Tasikmalaya: Edu Publisher
Ishaac, Muhamad. 2020. Pengembangan Model-Model Pembelajaran Agama Islam. Bogor: Guepedia.
Kurniawan, Dian. 2020. Assessment For Learning (AFL) Dalam Pendidikan Matematika. Sleman: CV Budi Utama
Kusuma, Rukma Deny. 2010. Pelaksanaan Pembelajaran dengan Menggunakan Model Kooperatif Tipe Student Team Achievement Division (STAD) dalam Pembelajaran Sosiologi Materi Masyarakat Multikultural dan Multikulturalisme di Kelas XI SMA Negeri 2 Blora.
Nasution, Zulfadli. 2022. Selayang Pandang Ilmu Pendidikan. Pekalongan: PT Nasya Expanding Management
Nurcahyo, Adi dan Sudibyo, Nugroho Arif. 2022. Penerapan Model Pembelajaran Arias Diintegrasikan dengan Pembelajaran Kooperatif STAD. Surabaya: Global Aksara Pers.
Octavia, Shilphy A. 2020. Model-Model Pembelajaran. Yogyakarta: Budi Utama
Pasek, Gede Widiadnyana. 2014. Implementasi Model Pembelajaran Kooperatif Tipe STAD Terhadap Prestasi Belajar IPS Ditinjau dari Minat Belajar IPS (Studi Eksperimen pada Siswa Kelas VIII SMP N 1 Seririt). Jurnal Lampuhyang Lembaga Penjaminan Mutu STKIP Agama Hindu Amlapura. Vol. 5 No. 1.
Pemerintah Indonesia. Undang-Undang Republik Indonesia No. 20 Tahun 2003 Tentang Sistem Pendidikan Nasional. Jakarta. Depdiknas.
Rachmawati, Diana Widhi, et.al. 2021. Teori dan Konsep Pedagogik. Cirebon: Insania
Ramadhani, Yulia Rizki, et.al. 2022. Pengantar Strategi Pembelajaran. Medan: Yayasan Kita Menulis
Setyawan, Dodiet Aditya. 2021. Hipotesis dan Variabel Penelitian. Klaten: Tahta Media Group
Simanjutak, Sinta Dameria. 2020. Statistik Penelitian Pendidikan dengan Aplikasi Ms. Excel dan SPSS. Surabaya: CV. Jakad Media Publishing
Sudaryana, Bambang & Agusiady, Ricky. 2022. Metodologi Penelitian Kuantitatif. Seleman. CV Budi Utama
Sumargo, Bagus. 2020. Teknik Sampling: Jakarta Timur: UNJ Press
Suwarni, et. al. 2018. Guru Berani Menulis Artikel Ilmiah. Lampung: CV Perahu Litera Group.
Sutikno, M Sobry. 2021. Strategi Pembelajaran. Indramayu: CV Adanu Abimata
Trinova, Zulvia. 2012. Hakikat Belajar dan Bermain Menyenangkan Bagi Peserta Didik. Al-Ta’lim Journal. Vol. 1 No. 3.
Vioreza, Niken, et.al. 2020. Call For Book Tema 4 (Model dan Metode Pembelajaran). Surabaya: CV Jakad Media Publishing.
Wahyuningsih, Endang Sri. 2020. Model Pembelajaran Mistery Learning Upaya Peningkatan Keaktifan dan Hasil Belajar Siswa. Yogyakarta: CV Budi Utama
Yusuf, A Muri. 2017. Metode Penelitian: Kuantitatif, Kualitatif, dan Penelitian Gabungan
Published
2023-06-23
How to Cite
RAMADANTI, Dita; WIDIANSYAH, Subhan; HARDIANYSAH, Muhammad Agus. PENGARUH PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE STAD TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA PADA MATA PELAJARAN SOSIOLOGI KELAS X DI SMA NEGERI 1 ANYAR. Jurnal IKA PGSD (Ikatan Alumni PGSD) UNARS, [S.l.], v. 13, n. 1, p. 362-369, june 2023. ISSN 2656-4459. Available at: <https://unars.ac.id/ojs/index.php/pgsdunars/article/view/3536>. Date accessed: 09 july 2024. doi: https://doi.org/10.36841/pgsdunars.v13i1.3536.
Section
Articles