PENERAPAN METODE NUMBERED HEAD TOGETHER ( NHT ) DENGAN MEDIA MANIK-MANIK UNTUK MENINGKATKAN AKTIVITAS DAN HASIL BELAJAR SISWA MATA PELAJARAN MATEMATIKA KELAS IV SDN 2 GUNUNG PUTRI SITUBONDO
Abstract
Tujuan penelitian ini adalah (1) menganalisis penerapan pembelajaran matematika dengan metode Numbered Head Together ( NHT ) dan media manik-manik pada pokok bahasan operasi hitung bilangan bulat pada siswa kelas IV SDN 2 Gunung Putri Situbondo Tahun Pelajaran 2012/2013, (2) mengetahui peningkatan aktivitas siswa dalam pembelajaran matematika dengan metode Numbered Head Together ( NHT ) dan media manik-manik pada pokok bahasan operasi hitung bilangan bulat pada siswa kelas IV SDN 2 Gunung Putri Situbondo Tahun Pelajaran 2012/2013, (3) mengetahui peningkatan hasil belajar siswa setelah mengikuti proses pembelajaran matematika dengan metode Numbered Head Together ( NHT ) dan media manik-manik pada pokok bahasan operasi hitung bilangan bulat pada siswa kelas IV SDN 2 Gunung Putri Situbondo Tahun Pelajaran 2012/2013. Metode penelitian yang digunakan adalah penelitian tindakan kelas, disusun dalam siklus berrdaur terdiri atas perencanaan, pelaksanaan, pengamatan, dan refleksi yang dilaksanakan 2 (dua) siklus. Metode pengumpulan data yang digunakan adalah : 1) metode observasi untuk mengamati aktifitas siswa; 2) metode tes untuk mengetahui hasil belajar siswa; 3) metode wawancara untuk mengetahui pendapat siswa tentang kepuasan belajar. Data yang terkumpul dianalisis secara deskriptif kualitatif. Subjek penelitian dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas IV SDN 2 Gunung Putri dengan jumlah 20 siswa yang terdiri 12 siswa laki-laki dan 8 siswa perempuan yang memiliki kemampuan yang heterogen. Kesimpulan dari penelitian ini menunjukkan bahwa pembelajaran model Numbered Head Together (NHT) dan media manik berwarna dapat meningkatkan aktivitas belajar sebesar 65% pada siklus I sedangkan siklus II sebesar 95% dan hasil belajar pada siklus I sebesar 70% dan pada siklus II mencapai 85% dengan demikian dapat diketahui bahwa presentase hasil belajar siswa secara klasikal juga mengalami peningkatan sebesar 15%.
References
Hamalik, O., 1980. Media Pendidikan. Bandung : Alumni.
Lusita, A. 2011. Buku Pintar Menjadi Guru Kreatif, Inspiratif dan Inofatif. Yogyakarta: Araska
Sadiman A. S, R. Rahardjo, A. Haryono dan Rahardjito., 1996. Media Pendidikan, Pengertian, Pengembangan, dan Pemanfaatannya. Jakarta: Pustekkom Dikbud dan PT. Raja Grafindo Persada
Slameto. 1995. Evaluasi Pendidikan. Jakarta: PT. Bina Aksara
Sudjana, N. 1990. Dasar-dasar Proses Belajar Mengajar. Bandung: Sinar Baru Algensindo