PENERAPAN METODE NUMBERED HEAD TOGETHER ( NHT ) DENGAN MEDIA MANIK-MANIK UNTUK MENINGKATKAN AKTIVITAS DAN HASIL BELAJAR SISWA MATA PELAJARAN MATEMATIKA KELAS IV SDN 2 GUNUNG PUTRI SITUBONDO

  • Ria Dwi Yunari Prodi PGSD FKIP UNARS
  • Eko Hadi Purwanto Prodi PGSD FKIP UNARS

Abstract

Tujuan penelitian ini adalah (1) menganalisis penerapan pembelajaran matematika dengan metode Numbered Head Together ( NHT ) dan media manik-manik pada pokok bahasan operasi hitung bilangan bulat pada siswa kelas IV SDN 2 Gunung Putri Situbondo Tahun Pelajaran 2012/2013, (2) mengetahui peningkatan aktivitas siswa dalam pembelajaran matematika dengan metode Numbered Head Together ( NHT ) dan media manik-manik pada pokok bahasan operasi hitung bilangan bulat pada siswa kelas IV SDN 2 Gunung Putri Situbondo Tahun Pelajaran 2012/2013, (3) mengetahui peningkatan hasil belajar siswa setelah mengikuti proses pembelajaran matematika dengan metode Numbered Head Together ( NHT ) dan media manik-manik pada pokok bahasan operasi hitung bilangan bulat pada siswa kelas  IV SDN 2 Gunung Putri Situbondo Tahun Pelajaran 2012/2013. Metode penelitian yang digunakan adalah penelitian tindakan kelas, disusun dalam siklus berrdaur terdiri atas perencanaan, pelaksanaan, pengamatan, dan refleksi yang dilaksanakan 2 (dua) siklus. Metode pengumpulan data yang digunakan adalah : 1) metode observasi untuk mengamati aktifitas siswa; 2) metode tes untuk mengetahui hasil belajar siswa; 3) metode wawancara untuk mengetahui pendapat siswa tentang kepuasan belajar. Data yang terkumpul dianalisis secara deskriptif kualitatif. Subjek penelitian dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas IV SDN 2 Gunung Putri dengan jumlah 20 siswa yang terdiri 12 siswa laki-laki dan 8 siswa perempuan yang memiliki kemampuan yang heterogen.    Kesimpulan dari  penelitian ini menunjukkan bahwa pembelajaran model Numbered Head Together (NHT) dan media manik berwarna dapat meningkatkan aktivitas  belajar  sebesar 65% pada siklus I sedangkan siklus II sebesar 95% dan hasil belajar pada siklus I sebesar 70% dan pada siklus II mencapai 85% dengan demikian dapat diketahui bahwa presentase hasil belajar siswa secara klasikal juga mengalami peningkatan sebesar 15%.

References

Arsyad, A., 2006. Media Pembelajaran. Jakarta: PT Raja Grafindo Persada.
Hamalik, O., 1980. Media Pendidikan. Bandung : Alumni.

Lusita, A. 2011. Buku Pintar Menjadi Guru Kreatif, Inspiratif dan Inofatif. Yogyakarta: Araska

Sadiman A. S, R. Rahardjo, A. Haryono dan Rahardjito., 1996. Media Pendidikan, Pengertian, Pengembangan, dan Pemanfaatannya. Jakarta: Pustekkom Dikbud dan PT. Raja Grafindo Persada

Slameto. 1995. Evaluasi Pendidikan. Jakarta: PT. Bina Aksara

Sudjana, N. 1990. Dasar-dasar Proses Belajar Mengajar. Bandung: Sinar Baru Algensindo
Published
2013-06-28
How to Cite
YUNARI, Ria Dwi; PURWANTO, Eko Hadi. PENERAPAN METODE NUMBERED HEAD TOGETHER ( NHT ) DENGAN MEDIA MANIK-MANIK UNTUK MENINGKATKAN AKTIVITAS DAN HASIL BELAJAR SISWA MATA PELAJARAN MATEMATIKA KELAS IV SDN 2 GUNUNG PUTRI SITUBONDO. Jurnal IKA PGSD (Ikatan Alumni PGSD) UNARS, [S.l.], v. 1, n. 1, p. 81-96, june 2013. ISSN 2656-4459. Available at: <https://unars.ac.id/ojs/index.php/pgsdunars/article/view/335>. Date accessed: 24 oct. 2024.
Section
Articles