PENERAPAN MODEL KOOPERATIF TIPE JIGSAW UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR MATA PELAJARAN IPA MATERI PESAWAT SEDERHANA PADA SISWA KELAS V SEMESTER II SDN 2 TRIBUNGAN TAHUN AJARAN 2013/2014

  • Sri Hikmawati prodi PGSD FKIP UNARS
  • Hasan Muchtar Fauzi prodi PGSD FKIP UNARS

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk: mengetahui penerapan model Kooperatif  Tipe Jigsaw untuk meningkatkan hasil belajar pada mata pelajaran Ilmu Pengetahuan Alam materi pesawat sederhana pada siswa kelas V semester II SDN 2 Tribungan tahun ajaran 2013-2014. Penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas yang dilaksanakan dalam dua siklus, masing-masing siklus mencakup tahap perencanaan, pelaksanaan, observasi dan refleksi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa penerapan model Kooperatif Tipe Jigsaw untuk meningkatkan hasil belajar mata pelajaran Ilmu Pengetahuan Alam materi pesawat sederhana pada siswa kelas V semester II SDN 2 Tribungan

References

Asrori, Muhammad. 2012. Penelitian Tindakan Kelas. Bandung: Cv Wacana Prima.

Handoyo ,D,P.2010. Meningkatkan Aktivitas dan Prestasi Pembelajaran Cooperative Model STAD Mata Pelajaran IPS Siswa Kelas IV SD Negeri Sukoreno 01 Kecamatan Umbulsari. Tidak Dipublikasikan.Skripsi.Jember: Universitas Jember.

Subiyanto,1990. Dasar-Dasar Proses Belajar Mengajar IPA. Bandung: Sinar Baru Argesindu.

Trianto.2007. Model-Model Pembelajaran Inovatif Berorientasi Konstruktivistik. Jakarta: Prestasi Pustaka
Published
2014-06-20
How to Cite
HIKMAWATI, Sri; FAUZI, Hasan Muchtar. PENERAPAN MODEL KOOPERATIF TIPE JIGSAW UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR MATA PELAJARAN IPA MATERI PESAWAT SEDERHANA PADA SISWA KELAS V SEMESTER II SDN 2 TRIBUNGAN TAHUN AJARAN 2013/2014. Jurnal IKA PGSD (Ikatan Alumni PGSD) UNARS, [S.l.], v. 2, n. 1, p. 68-77, june 2014. ISSN 2656-4459. Available at: <https://unars.ac.id/ojs/index.php/pgsdunars/article/view/332>. Date accessed: 24 oct. 2024.
Section
Articles