MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA MATA PELAJARAN IPS MATERI PENINGGALAN KERAJAAN HINDU BUDHA DAN ISLAM SISWA KELAS IV DENGAN MENGGUNAKAN MEDIA DIORAMA DI SD MUHAMMADIYAH 1 PANJI SEMESTER 2 TAHUN PELAJARAN 2013/2014
Abstract
Penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas yang bertujuan untuk meningkatkan hasil belajar siswa mata pelajaran IPS materi Peninggalan Kerajaan Hindu Budha DAN Islam siswa kelas IV Shofa dengan menggunakan media diorama di SD Muhammadiyah 1 Panji semester 2 tahun pelajaran 2013/2014.Data yang dikumpulkan berupa: hasil belajar siswa dan penggunaanmedia pembelajaran diorama (3 dimensi) padamatapelajaran IPS pokokbahasanPeninggalanKerajaan Hindu Budhadan Islam siswa kelas IV SD Muhammadiyah 1 PanjiTahun Pelajaran 2013/2014. Penentuan subjek penelitian menggunakan media pembelajaran yaitu siswa kelas IV Shofa yang terdiri dari 22 siswa, 7 siswa laki-laki dan 15 siswa perempuan. Pengumpulan data yang digunakan meliputi observasi, wawancara, tes, dan dokumentasi. Data yang dikumpulkan berupa hasil belajar siswa melalui tes tulis yang berupa ulangan harian yang dilaksanakan selesai pembelajaran sebanyak 2 siklus,meningkatnya siswa dilihat dari siswa belum tuntas menjadi tuntas secara klasikal dan aktivitas siswa dilihat dari kriteria siswa dimana siswa yang kurang aktif menjadi aktif serta aktivitas guru selama pelaksanaan pembelajaran. Kesimpulan dari penelitian ini adalah siswa mengalami peningkatan hasil belajar yaitu 27,2% dari 63,7% menjadi 90,9%. Saran setelah melakukan penelitian adalah penggunaan media diorama dalam pembelajaran IPS dapat dijadikan alternatif dalam meningkatkan hasil belajar siswa kelas IV Shofa di SD Muhammadiyah 1 Panji
References
Anita, S. 2011. Strategi Pembelajaran di SD. Jakarta: Universitas Terbuka.
Hartono, B, 2013. ”Penerapan Metode Eksperimen Untuk Meningkatkan Aktivitas Belajar Siswa Pada Mata Pelajaran IPA Materi Perubahan Sifat Benda Kelas V Semester I SDN 4 Besuki Situbondo 2012/2013”. Tidak diterbitkan. Skripsi. Situbondo: Uiversitas Abdurrachman Saleh Situbondo.
Hasanah, H.N, 2013. “Penerapan Metode Kooperatif Menggunakan Kartu Kalino Untuk Meningkatkan Kemampuan Menghafal Perkalian Pada Siswa Kelas III Semester I SD Terpada Muhamadiyah 1 Besuki Situbondo”. Tidak diterbitkan. Skripsi. Situbondo: Universitas Abdurrachman Saleh Situbondo.
Susilana, R. &Riyana, C. 2007.Media Pembelajaran. Bandung: CV Wacana Prima.
Wijono, H. 2013. Pedoman Umum Penulisan Karya Ilmiah. Situbondo: Universitas Abdurrachman Saleh.
Zifbio, 2012. Motivasi Belajar. http://zaifbio.wordpress.com/tag/motivasi-belajar-adalah/. [04 Maret 2014]