PENGEMBANGAN EKONOMI MASYARAKAT MELALUI EKONOMI KREATIF STUDI KASUS PADA USAHA EKONOMI RUMAH TANGGA

  • Agusti Agusti STKIP PGRI Situbondo
  • Fathor Rakhman STKIP PGRI Situbondo
  • Elfina Elfina STKIP PGRI Situbondo
  • Ika Lis Mariatun STKIP PGRI Bangkalan
  • Miftahus Surur STKIP PGRI Situbondo

Abstract

Penelitian ini menggunakan penelitian lapangan (Field Research) dilakukan dengan menggali data yang bersumber dari lokasi atau lapangan penelitian. Jenis penelitian ini termasuk penelitian Kualitatif. Bertujuan untuk mengetahui pengembangan ekonomi masyarakat melalui ekonomi kreatif studi kasus pada usaha rumah tangga Rengginang Varian Rasa di desa dhuwet, dengan rumusan masalah. Bagaimana pengembangan ekonomi masyarakat melalui ekonomi kreatif serta bagaimana peran ekonomi kreatif dalam meningkatkan pendapatan masyarakat, setalah dilakukan penelitian dengan metode penelitian, yang dilakukan di masyarakat di desa Dhuwet, dengan memberikan peluang usaha baru yakni yang semula masyarakat hanyalah mengandalkan pendapatan ekonomi hanya dari sektor tani dan nelayan dengan ada pengembangan usaha yang baru yakni berupa Usaha Rengginang Varian Rasa mememiliki pengaruh yang sangat besar terhadap peningkatan ekonomi, baik dari segi pendapatan maupun dalam pembukaan lapangan pekerjaan baru yang terjadi  di Desa Dhuwet terkhususya Usaha Rengginang Varian Rasa  mengalami peningkatan pendapatan serta bisa membantu perekonomian keluarga.

References

1.Arikunto, Suharismi. Prosedur Penelitian suatu Pendekatan Praktik, Jakarta: Penerbit Rineka Cipta, 2010
2.Arjuna, I Gusti Bagus. Geografi Pariwiwsata Dan Ekonomi Kreatif. Jakarta: Rajawali Pers, 2016.
3.Dina Melliut, Dani Erlansah, Pemetaan Industri Kreatif dalam meningkatkan pertumbuhan ekonomi kawasan urban di kota Palembang. Dalam Prosiding Seminar Nasional Dan call For paper Economic Globalization Trend and Risk For Developing Countr 2010
4.Tri Siswanto Budi, Pengembangan higher Order Four Cs(HOS4C) Pendukung Indrustri Kreatif, Laporan Panelitian 2015
5.Fahrudin, Adi, Ed, Pemberdayaan, Patisipasi dan Penguatan Kapasitas Masyarakat ;Bandung; Humaniora,2008), H, 18
6.Fuad, M. dkk. Pengantar Bisnis. Cet. V; Jakarta: PT. Gramedia Pustaka Utama, 2006.
7.Jambi Dan Pengembangan Pola Perekonomian Masyarakat Berbasis Ekonomi Kreatif Dalam Prosiding Seminar Nasional. 9 Mei 2015.
8.Kartono Kartini. Pengantar Metodelogi Riset Social. Alumni, Bandung. 2010. Lincolin
9.Mawardi, Nurhidayati. Ilmu Alamiah Dasar, Ilmu Sosial Dasar, Ilmu Budaya Dasar. Pustaka Setia, Bandung. 2009
10.M. Chatib Basri, DKK. Rumah Ekonomi Rumah Budaya: Membawa Kebijakan Perdagangan Indonesia, Cetakan Pertama. PT Gramedia Pustaka Utama, Jakarta. 2012.

11.Mankiw, N. Gregory, Euston Quah, Peter Wilson. Pengantar Ekonomi Mikro; Bandung ;Pustaka Setia, edisi Terjemah, 2010
12.Mardalis. Metode Penelitian: Suatu Pendekatan Proposal. Jakarta: Bumi Aksara, 2014.
13.Meuled. Menggerakkan ekonomi kreatif. Jakarta: Rajawali, 2010
14.Munandar, Utami, Pengembangan Kreativitas anak bakat. Jakart: Rinika Cipata, 2004
15.Moleong, Lexy J. Metodologi Penelitian Kualitatif. Bandung: PT Remaja Rosdakarya, 2004.
16.Noor, Ruslan Abdul Ghofur. Konsep Distribusi dalam Ekonomi Islam dan Format Keadilan Ekonomi Indonesia. Cetakan Pertama. Yogyakarta: Pustaka Pelajar, 2013.
17.Sutapa Mulyana, Peningkatan Kapabilitas Inovasi,Keunggulan Bersaing, dan Kinerja Melalui Pendekatan Quardruple Helix: Studi Pada Industri Kreatif Sektor fashion, Jurnal Teknologi, Vol.13, No.3, 2014. h.309.
18.Edi Suharto. Membangun masyarakat memberdayakan Rakyat, kajian Strategis pembangunan kesejahteraan sosial ; Bandung PT Refika Aditama, 2014
19.Sugiono, Memahami Penelitian Kualitatif (Bandung: Alfabeta, 2014), h.82.
20.Sutrisno dan Hadi, Metodologi Reseach jilid 2 (Yogyakarta: Andi Offset, 2004), h.151
21.Sujarweni, Wiratna. Metode Penelitian. Yogyakarta: Pustaka Baru Pers, 2014.
22.Sukirno, Sadono. Mikro Ekonomi Teori Pengantar. Jakarta: PT. Raja Grafindo Persada, 2013.
23.Suryana. Ekonomi Kreatif, Ekonomi Baru: Mengubah Ide Dan Menciptakan Peluang. Bandung :Salemba Empat, 2013
24.https://setkab.go.id/presiden-minta-pengentasan-kemiskinan-terkonsolidasi-terintegrasi-dan-tepat-sasaran/ : di akses tanggal 05 Mei 2023
25.Suyanto, Bagong. Anatomi kemiskinan Dan Strategi Penanganannya. Intrans Publishing, Malang. 2013
Published
2023-06-29
How to Cite
AGUSTI, Agusti et al. PENGEMBANGAN EKONOMI MASYARAKAT MELALUI EKONOMI KREATIF STUDI KASUS PADA USAHA EKONOMI RUMAH TANGGA. Jurnal IKA PGSD (Ikatan Alumni PGSD) UNARS, [S.l.], v. 13, n. 1, p. 347-361, june 2023. ISSN 2656-4459. Available at: <https://unars.ac.id/ojs/index.php/pgsdunars/article/view/3243>. Date accessed: 04 july 2024. doi: https://doi.org/10.36841/pgsdunars.v13i1.3243.
Section
Articles