IMPLEMENTASI LESSON STUDY DI SEKOLAH DASAR LUAR BIASA BERBANTUAN MEDIA PEMBELAJARAN BERBASIS SOLAR CELL
Abstract
Tujuan penelitian ini adalah mendeskripsikan implementasi lesson study di Sekolah Dasar Luar Biasa (SDLB) dengan media pembelajaran berbasis solar cell. Lesson study merupakan pendekatan kolaboratif dalam pengembangan profesionalisme guru melalui perencanaan, pengamatan, dan refleksi bersama terhadap proses pembelajaran. Sekolah Dasar Luar Biasa (SDLB) merupakan lembaga pendidikan inklusif yang menyediakan pendidikan bagi anak-anak dengan kebutuhan khusus. Media pembelajaran berbasis solar cell digunakan untuk membelajarkan huruf. Media ini tersusun dari huruf-huruf yang dapat menyala dengan energi matahari yang tersimpan di dalam solar cell. Lesson study dapat membantu para guru di SDLB untuk merencanakan, melaksanakan, dan mengevaluasi pembelajaran yang difokuskan pada kebutuhan dan karakteristik siswa dengan menggunakan media pembelajaran berbasis solar cell. Subjek penelitian adalah siswa yang mengalami tuna rungu dan autis Fase A di Sekolah Luar Biasa (SLB). Hasil penelitian menunjukkan adanya ketertarikan siswa berkebutuhan khusus untuk mengeksplorasi media ini. Dengan adanya media ini siswa dapat mengenal komponen dari media pembelajaran huruf dengan energi dari solar cell ini sebagai inisiasi awal dari pembelajaran STEM (Science, Technology, Engineering and Mathematics).
References
González, G., & Deal, J. T. (2019). Using a creativity framework to promote teacher learning in lesson study. Thinking skills and creativity, 32, 114-128. https://doi.org/10.1016/j.tsc.2017.05.002
Holden, M. (2023). Exploring online lesson study as a vehicle for teacher collaborative professional learning. International Journal for Lesson and Learning Studies, Vol. 12 No. 2, pp. 179-193. https://doi.org/10.1108/IJLLS-01-2022-0012
Huong, L. T. T., Thi Thuy Quynh, N., Thi Ngoc, N., & Mau Duc, N. (2021). Applying the lesson study model in developing teaching capability for young teachers in Vietnam. European Journal of Educational Research, 10(4), 1755-1768. https://doi.org/10.12973/eu-jer.10.4.1755
M. Quaresma, C. Winsløw, S. Clivaz, A. Takahashi, J.P. da Ponte, A.N. Shúilleabháin (Eds.). (2018). Mathematics lesson study around the world. Theoretical and methodological issues, Springer ICME - 13 Monographs, Cham, Switzerland , pp. 87-103 https://doi.org/10.1007/978_3_319_75696_7
Skott, C. K., & Møller, H. (2020). Adaptation of lesson study in a Danish context: Displacements of teachers' work and power relations. Teaching and Teacher Education, 87. https://doi.org/10.1016/j.tate.2019.102945
Vermunt, J.D., Vrikki, M., van Halem, N., Warwick, P. and Mercer, N. (2019).The impact of Lesson Study professional development on the quality of teacher learning”, Teaching and Teacher Education, Vol. 81, pp. 61-73
Wijaya, T. T., Rofiah, S., & Damayanti, N. W. (2022). Pengembangan Lembar Aktivitas Siswa Berbasis Model Discovery Learning pada Materi Aritmatika. Jurnal Pembelajaran Matematika Inovatif, 5 (1), 287-306
Wolthuis, F., van Veen, K., de Vries, S., & Hubers, M. D. (2020). Between lethal and local adaptation: Lesson study as an organizational routine. International Journal of Educational Research, https://doi.org/10.1016/j.ijer.2020.101534