Akuntabilitas Kinerja Guru BK Konselor dalam Menyelenggarakan Layanan Bimbingan Klasikal Di Sekolah

  • Maghfirah Hidayani Universitas Negeri Padang
  • Riska Ahmad Universitas Negeri Padang
  • Yarmis Syukur Universitas Negeri Padang

Abstract

Akuntabilitas adalah pertanggung jawaban yang dilakukan oleh guru BK setelah melakukan kegiatan dalam jangka waktu yang telah ditentukan, terdapat 10 jenis layanan dalam BK salah satunya layanan klasikal, layanan klasikal adalah  layanan bimbingan dan konseling yang diberikan guru BK kepada siswa di dalam kelas secara bersama-sama, layanan bimbingan klasikal adalah layanan yang diberikan kepada siswa yang jumlahnya sekitar 30-40 siwa melalui kegiatan klasikal. Dalam memberikan layanan klasikal guru BK harus merencanakan kegiatan, mengorganisasian, melaksanakan, memonitaring, dan menilai dan juga melakukan kegiatan tindak lanjut. Tinjak lanjut yang dilakukan adalah seperti memperlihatkan akuntabilitas BK kepada pihak sekolah terutama kepala sekolah, semakin tinggi akuntabilitas yang dimiliki oleh Guru BK/ Konselor maka akan semakin terlihat hasil dalam pelaksanaan layanan klasikal BK di sekolah, akuntabilitas bimbingan dan konseling harus dilakukan sebagai suatu wujud nyata dari pelaksanaan suatu layanan BK dalam mempertanggung jawabkan pelaksanaan layanan BK untuk meraih tujuan dan sasaran yang ingin dicapai dalam hal ini adalah pelaksanaan layanan klasikal, Pembahasan ini menggunakan metode literatur yang tujuan penulisan artikel ini adalah untuk mendeskripsikan pentingnya akuntabilitas yang dimiliki oleh Guru BK/ Konselor.

References

Astramovich, R. L. & Coker, J. K. (2007). The Accountability Bridge Model for Counselors. Journal of Counseling and Development, 85, 162-172
Badrujaman, A., Furqon, F., Yusuf, S., & Suherman, S. (2015). Pengaruh Model Evaluasi Layanan Dasar Berorientasi Akuntabilitas Terhadap Peningkatan Akuntabilitas Guru BK/ Konselor SMP. PARAMETER: Jurnal Pendidikan Universitas Negeri Jakarta, 27(2), 158-177
Bukit, S., & Medan, W. M. B. D. K. (2015). Akuntabilitas Dalam Bimbingan dan Konseling
Dahir C., & Stone C. (2003). Assessment of school counselor needs for professional development survey (ASCNPD). Unpublished survey.
Datu Jatmiko, (2017), peran stakeholder dalam mengatasi berbagai macam kekerasan di kalangan siswa. Jurnal, vol.4
Depdiknas. 2009. Pedoman Pelaksanaan Tugas Guru dan Pengawas: Jakarta, Direktorat Jenderal Peningkatan Mutu Pendidik dan Tenaga Kependidikan
Diniaty, A. (2012). Evaluasi Bimbingan Konseling. Pekanbaru: Zenafa.
Dirjen Dikdasmen (2004). Standar Kompetensi Guru Sekolah Dasar. Jakarta: Direktorat Tenaga Kependidikan.
Dirjen Diknas. (2004). Bimbingan dan Konseling. Jakarta: Depdiknas
Farozin, M. (2012). Pengembangan Model Bimbingan Klasikal untuk Meningkatkan Motivasi Belajar Siswa SMP. Cakrawala Pendidikan, Februari 2012, Th. XXXI No 1.
Gibson, R. L. & Mitchell, M. H. (2011). Bimbingan dan Konseling. Terjemahan Yudi Santoso. Yogyakarta: Pustaka Pelajar.
Kemendikbud. (2014). Peraturan Menteri Pendidikan dan Kebudayaan Nomor 111 Tahun 2014 tentang Bimbingan dan Konseling pada Pendidikan Dasar dan Pendidikan Menengah.
Pratitis, R., & Bhakti, C. P. (2022, October). Strategi layanan bimbingan klasikal untuk mengurangi loneliness. In Prosiding Seminar Nasional Bimbingan dan Konseling Universitas Ahmad Dahlan (Vol. 2).
Putri, M. A., Neviyarni, N., Ahmad, R., & Syukur, Y. (2018). Guidance and Counseling in School Accountability. ENLIGHTEN: Jurnal Bimbingan Konseling Islam, 1(2), 108-117.
Shertzer, Band Stone, S.C. (1989). Fundamentals of counseling (third edition).U.S.A: Library of Congress Catalog.
Prayitno. (2009). Arah Kinerja Profesional Konseling Sekolah. Padang: FIP-UNP.
Putri, J. E., Yarni, N., & Ahmad, R. (2020). Urgensi Akuntabilitas dan Pengawasan; sebagai Solusi Masalah Pelayanan Bimbingan dan Konseling di Sekolah.
Romlah, T. (2006). Teori dan Praktik Bimbingan Kelompok. Malang: Universitas Malang.
Suhertina. (2008). Pengantar Bimbingan dan Konseling di Sekolah. Pekanbaru: Suska Press
Sink, Christopher. 2009. School Counselor as Accountability Leaders: Another Call for Action. Profesional School Counseling. December. vol.13, 2
White, France A. 2007. The Profesional School Counselor’s Chalange: Accountability. Journal of Profesional counseling, Practice, Theory, and Research. Spring. Vol. 35, 6
Published
2023-08-01
How to Cite
HIDAYANI, Maghfirah; AHMAD, Riska; SYUKUR, Yarmis. Akuntabilitas Kinerja Guru BK Konselor dalam Menyelenggarakan Layanan Bimbingan Klasikal Di Sekolah. Jurnal IKA PGSD (Ikatan Alumni PGSD) UNARS, [S.l.], v. 13, n. 1, p. 331-339, aug. 2023. ISSN 2656-4459. Available at: <https://unars.ac.id/ojs/index.php/pgsdunars/article/view/3224>. Date accessed: 09 july 2024. doi: https://doi.org/10.36841/pgsdunars.v13i1.3224.
Section
Articles