PENANAMAN NILAI KARAKTER KEPAHLWANAN PANGERAN SITUBONDO MELALUI KEGIATAN MEMBACA SISWA KELAS TINGGI MI-ISLAMIYAH ASEMBAGUS

  • Nani Farah Fasica Universitas Abdurachman Saleh Situbondo
  • Ratih Kesuma Dewi Universitas Abdurachman Saleh Situbondo
  • Ani Magfiroh Universitas Abdurachman Saleh Situbondo
  • Nur Kholisa Universitas Abdurachman Saleh Situbondo

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk menanamkan nilai pendidikan karakter Kepahlawanan dalam kegiatan pembelajaran membaca siswa kelas tinggi MI-Islmaiyah Asembagus. Kegiatan penanaman karakter ini dilakukan dengan kegiatan membaca untuk kelas 4,5, dan 6. Cerita kepahlwanan yang disajikan adalah cerita Pangeran Situbondo, cerita tersebut mengisahan tentang asal muasal nama kota Kabupaten Situbondo. Dimana ditemukan Odheng Pangeran Situbondo di bagian Timur Pulau Jawa, sehingga di berinama Kota/kabupaten Situbondo.  Tujuan dilakukan penelitian ini, adalah untuk mengenalkan kepada siswa tentang kisah-kisah kepahlwanan dan menanamkan karakter kepahlwanan agar dapat dicontoh oleh siswa dan dapat diimplementasikan dalam kehidupan sehari-hari. Setelah melakukan kegiatan membaca dan mengapresiasi cerita kepahalawanan Pangeran Situbondo, diharapkan siswa kelas tinggi dapat menghargai jasa pahlawan dan mengenang jasa pahlawan dengan cara mengikuti upacara bendera pada hari Senin, mengikuti kegiatan kepramukaan, tidak terlambat ketika datang ke Sekolah, disiplin dan taat peraturan, serta mengikuti kegiatan pada saat bulan Agustus.

References

Badrun Ubeidilah, 2006. Pahlawan Perspektif. Jakarta
Aristya, Ferry dkk 2017. “Penanaman Nilai Kepahlawanan Dalam Pembelajaran IPS Sekolah Dasar di Gugus Teuku Umar. Jurnal Penelitian Pendidikan, Volume 9, NOMOR 2, Desember 2017. http://ejournal.jurnawidyakop3.com/.
Gunawan, Rudy 2013 “Pembelajaran Nilai-nilai Pahlwan Kemerdekaan Suekarno dalam Rangka Mengembalikan Karakter Bangsa Indonesia”. E-Journal WIDYA NON-EKSAKTA. Volume 1 Nomor 1 Juli-Desember 2013. http://ejournal.jurnawidyakop3.com/.
Moleong, Lexy, 2006. Metodelogi Penelitian Kualitatif. Remaja Rosda Karya. Bandung.
Rawantiana.N.Iriane.2013 .“Penanaman Nilai Nasionalisme dan Patriotisme untuk
Mewujudkan Pendidikan Karakter pada Mata Pelajaran Pendidikan Kewarga-
negaraan Siswa Kelas X SMA Negeri 4 Sidoarjo”. Jurnal Kajian Moral dan Kewarganegaraan. No 1 Vol 1. http://ejournal.unesa.ac.id article 287541 article. pdf . Diakses tanggal 21 Mei 2023.
Published
2023-07-28
How to Cite
FASICA, Nani Farah et al. PENANAMAN NILAI KARAKTER KEPAHLWANAN PANGERAN SITUBONDO MELALUI KEGIATAN MEMBACA SISWA KELAS TINGGI MI-ISLAMIYAH ASEMBAGUS. Jurnal IKA PGSD (Ikatan Alumni PGSD) UNARS, [S.l.], v. 13, n. 1, p. 323-330, july 2023. ISSN 2656-4459. Available at: <https://unars.ac.id/ojs/index.php/pgsdunars/article/view/3188>. Date accessed: 03 july 2024. doi: https://doi.org/10.36841/pgsdunars.v13i1.3188.
Section
Articles