MINAT JURUSAN BIMBINGAN DAN KONSELING PADA MAHASISWA

  • Salsabila Arsih Universitas Negeri Padang
  • Afdal Afdal Universitas Negeri Padang
  • Rezki Hariko Universitas Negeri Padang

Abstract

Pemilihan jurusan harus didasari minat agar tidak kebingungan dan ragu dalam menentukan jurusan. Sebab hal tersebut merupakan langkah awal untuk meraih cita-cita yang gemilang. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui minat jurusan pada mahasiswa bimbingan dan konseling. Metode penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode deskriptif kuantitatif dengan menggunakan  angket. Sampel pada penelitian ini adalah mahasiswa Fakultas Ilmu Pendidikan tahun masuk 2022 yang terdiri dari 80 orang mahasiswa jurusan bimbingan dan konseling. Hasil penelitian menunjukkan bahwa minat jurusan bimbingan dan konseling pada mahasiswa yang berada pada kategori sedang dengan persentase 16, 74%.

References

Abdullah, S. M. (2018). Career decision making in college students. Guidena: Jurnal Ilmu Pendidikan, Psikologi, Bimbingan dan Konseling, 8(1), 30–39.
Anggraeni, F. (2016). Faktor-faktor yang mempengaruhi minat mahasiswa memilih jurusan pendidikan seni musik Universitas Negeri Yogyakarta. Pend. Seni Musik-S1, 5(3).
Apriansyah, Agus dkk. (2018). Hubungan Antara Efikasi Diri Dengan Kemampuan PengambilanKeputusan Karir Siswa MAN 2 Kota Bengkulu, Jurnal Ilmiah Bimbingan dan KonselingFKIPUniversitas Bengkulu, Volume 01 (03)
Djaali, 2009 dalam Martini “Analisa faktor-faktor yang mempengaruhi pemilihan jurusan akuntansi sebagai tempat kuliah diperguruan tinggi” h.13.
Febriantomo, E. H., & Suharnan. (2015). Training effect of self efficacy of career decision making self efficacy (CDMSE) and N-Ach on student SMAN 01 Pasuruan East Java. Persona:Jurnal Psikologi Indonesia, 4(1), 61–76.
Marlina, E., Arifin Ahmad, M., & Pandang, A. (2015). Pengembangan Inventori Peminatan Karir (Ipk) Sebagai Alat Ukur Arah Pilih Karir Siswa. Jurnal Penelitian Tindakan Bimbingan & Konseling, 1(1), 59–64.
Munandir. (1996). Program Bimbingan Karier di Sekolah. Jakarta: Direktur Jenderal Pendidikan Tinggi.
Masriah, Z., Malay, N., & Fitriani, A. (2018). Persepsi Mahasiswa Terhadap Jurusan Perguruan Tinggi Dan Konsep Diri Dengan Kesesuaian Minat Memilih. Journal of Psychology, 1(1), 61–76.
Nasution, H. (2019). Perencanaan karir mahasiswa setelah wisuda pascasarjana. Consilium: Berkala Kajian Konseling dan Ilmu Keagamaan, 6(1), 1-8.
Setiobudi, J. (2017). Pengaruh efikasi diri terhadap pengambilan keputusan karir pada siswa kelas XII SMA Negeri 1 Kalasan. E-Journal Bimbingan Dan Konseling, 1.
Slameto. (2001). Belajar dan Faktor-faktor yang Mempengaruhinya. Jakarta : Rineka Cipta.
Super, D. (2008). The big five career theories: self-concept theory of career development (in international handbook of career guidance). Springer Science Business Media.
Supatmi, T. & Sutarno. 2014. Pengembangan Bahan Informasi Bimbingan Pemilihan Karir untuk Meningkatkan Kemampuan Pengambilan Keputusan Karir Siswa SMK Rumpun Jurusan Ekonomi. Jurnal BK FKIP Universitas Sebelas Maret.
Widyastuti, Widyawati, dkk. dan Juliana. 2004. Pengaruh Motivasi terhadap Minat Mahasiswa Akuntansi Untuk Mengikuti Pendidikan Profesi Akuntansi.
Primayasa, W., Arifin, I., & Baharsyah, M. Y. (2020). Pengaruh salah pilih jurusan terhadap rasa putus asa mahasiswa Teknik Informatika. Nathiqiyyah, 3(1), 22-26.
Published
2023-07-27
How to Cite
ARSIH, Salsabila; AFDAL, Afdal; HARIKO, Rezki. MINAT JURUSAN BIMBINGAN DAN KONSELING PADA MAHASISWA. Jurnal IKA PGSD (Ikatan Alumni PGSD) UNARS, [S.l.], v. 13, n. 1, p. 309-314, july 2023. ISSN 2656-4459. Available at: <https://unars.ac.id/ojs/index.php/pgsdunars/article/view/3184>. Date accessed: 09 july 2024. doi: https://doi.org/10.36841/pgsdunars.v13i1.3184.
Section
Articles