PENINGKATAN PENGUASAAN KOSAKATA BAHASA INGGRIS MELALUI PENGGUNAAN MEDIA FLASHCARD (KARTU BERGAMBAR) Di MTS DARUL ULUM AL FATHONY KENDIT
Abstract
Penguasaan kosakata bahasa Inggris kelas VII MTSs Darul Ulum Situbondo masih rendah. Hal ini disebabkan kurangnya penggunaan media pembelajaran yang digunakan dalam membantu memudahkan siswa mengingat kosakata bahasa Inggris. Pembelajaran yang dirancang oleh guru bersifat ceramah dan tidak memberikan kesempatan kepada siswanya untuk aktif menemukan sendiri pemahamannya dalam menguasai kosakata baik mengingat, menghafalkan, mengartikan, menulis, dan menggunakan kosakata dalam pembelajaran. Itu semua dapat terangkum dalam nilai ulangan harian siswa yang banyak sekali tidak memenuhi nilai KKM (diatas 75). Sehingga, peneliti menerapkan penggunaan media kartu bergambar (flashcard) yang bertujuan menarik perhatian siswa untuk aktif dalam proses pembelajaran, mengajak siswa belajar konkret, memudahkan mengingat kosakata, dan meningkatkan pembendaharaan kata dalam bahasa Inggris.
References
Arikunto, Suharsimi. 2010. Prosedur Penelitian: Suatu Pendekatan Praktik. Jakarta: PT. Rineka Cipta.
Arsyad, Azhar. 2013. Media Pembelajaran. Jakarta: Grafindo Persada
Asyhar, Rayandra. 2011. Kreatif Megembangkan Media
Pembelajaran. Jakarta: Gaung Persada
Badan Standar Nasional Pendidikan (BSNP).2006. Satuan Standart Isi Kurikulum Pendidikan. Jakarta: Kemendikbud.
Brewster, J., dkk. 2003. The Primary English Teacher’s Guide. London: Penguin English.
Daryanto. 2012. Media Pembelajaran. Bandung: PT. Sarana Tutorial Nurani Sejahtera.
Dosen PGSD Unars, dkk. 2016. Panduan Penulisan Skripsi. Situondo: UNARS Press.
Fathurrohman, dkk. 2011. Pembelajaran PKn di Sekolah Dasar.Yogyakarta: Nuha Litera.
Guntur, Henry. Pengajaran Kosakata. 2011. Bandung: Angkasa.
Hasan, Alwi, dkk. 2005. Kamus Besar Bahasa Indonesia. Jakarta: Balai Pustaka.
Kusumah, Wijaya, dkk, Dedi. 2010 . Mengenal Penelitian Tindakan Kelas, Edisi Kedua. Jakarta: PT. Indeks.
Santrock, W. John. 2009. Psikologi Pendidikan. Penerjemah: Diana Angelica. Jakarta: Penerbit Salemba Humanika.Susanto, A. 2016. Teori Belajar dan Pembelajaran di Sekolah Dasar. Jakarta: Prenadamedia Group.
Suyanto, Kasihani.K.E. 2010. English For Young Learners. Jakarta: Bumi Aksara