SYSTEMATIC LITERATURE REVIEW: PEMANFAATAN MEDIA APLIKASI ANDROID SEBAGAI BAHAN AJAR INTERAKTIF

  • Putu Eka Suarmika Universitas Abdurachman Saleh Situbondo
  • Nuris Hidayat Universitas Abdurachman Saleh Situbondo
  • Safitri Safitri Universitas Abdurachman Saleh Situbondo

Abstract

Peran media pembelajaran bagi dunia pendidikan merupakan salah satu komponen terpenting bagi proses pembelajaran. Saat ini pada zaman globalisasi, penggunaan bahan ajar seperti buku cetak kurang tepat untuk di terapkan dalam pembelajaran di era perkembangan teknologi, apalagi disaat masa pandemi Covid-19. Sehingga diperlukan inovasi dalam pembelajaran agar tidak membosankan dan perkembangan TIK (Teknologi Informasi dan Komunikasi) dapat dimanfaatkan untuk mencapai tujuan pembelajaran serta digunakan untuk meningkatkan efiesiensi dan efektivitas dalam proses belajar mengajar. Inovasi yang dapat dilakukan yaitu melalui pemanfaatan media pembelajaran digital. Media aplikasi android untuk membangun semangat motivasi belajar siswa dalam meningkatkan hasil belajar. Penelitian ini bertujuan untuk melakukan kajian literatur terkait dengan pemanfaatan media aplikasi android sebagai bahan ajar interaktif. Metode penelitian yang dipilih dalam penelitian ini adalah metode SLR (Systematic Literature Review). Pengumpulan data dilakukan dengan mendokumentasi dan mereview semua artikel terkait media aplikasi android yang diterbitkan dalam rentang waktu 2018-2023. Artikel yang digunakan pada penelitian ini sebanyak 37 artikel yang diperoleh dari Google Schoolar menggunakan aplikasi Publish atau Perish. Berdasarkan penelitian ini didapatkan bahwa media aplikasi android sebagai bahan ajar interaktif sangat layak digunakan dalam proses pembelajaran. Hal ini dikarena penggunaan media aplikasi android dapat meningkatkan motivasi, keaktifan, minat, pemahaman, dan hasil belajar siswa.

References

Afifah, N. O, Kurniaman., & E, Noviana. 2022. Pengembangan Media Pembelajaran Interaktif pada Pembelajaran Bahasa Indonesia Kelas III Sekolah Dasar. Jurnal Kiprah Pendidikan, 1 (1), 33-42. https://doi.org/10.33578/kpd.v1i1.24
Akbar, A., & Noviani, N. (2019). Tantangan Dan Solusi Dalam Perkembangan Teknologi Pendidikan Di Indonesia. In Prosiding Seminar Nasional Program Pascasarjana Universitas Pgri Palembang. https://jurnal.univpgri-palembang.ac.id/index.php/Prosidingpps/article/view/2927
Al Irsyadi, F. Y., Priambadha, A. P., & Kurniawan, Y. I. (2020). Game Edukasi Bahasa Arab Untuk Siswa Sekolah Dasar Kelas IV. Jurnal Manajemen Informatika (JAMIKA), 10 (1), 55-66. https://doi.org/10.34010/jamika.v10i1.2581
Ammatulloh, M. I., Permana, N., Firmansyah, R., Sha’adah, L. N., Izzatunnis, Z. I., & Muthaqin, D. I. (2021). Civics Caring Apps: Media Pembelajaran M-Learning Berbasis Android untuk Pembentukan Karakter Siswa Sekolah Dasar. Jurnal Pendidikan Indonesia, 2 (08), 1408-1419. https://dx.doi.org/10.36418/japendi.v2i8.266
Ardiansyah, A. A., & Nana, N. (2020). Peran Mobile Learning Sebagai Inovasi Dalam Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Pada Pembelajaran Di Sekolah. Indonesian Journal Of Educational Research and Review, 3 (1), 47-56. https://doi.org/10.23887/ijerr.v3i1.24245
Cahyawati, E. N., & Yasa, A. D. (2021). Pengembangan Media Interaktif Berbasis Android Pada Aplikasi I-Spring Untuk Siswa Sekolah Dasar. In Prosiding Seminar Nasional PGSD UNIKAMA, 5 (1), 536-545. https://conference.unikama.ac.id/artikel/index.php/pgsd/article/view/643
Cholid, N., & Ambarwati, H. (2021). Pengembangan Media Pembelajaran Berbasis Android Kodular Materi Zakat Mata Pelajaran Fikih Untuk Meningkatkan Motivasi Di Madarasah Ibtidaiyah. Wahana Akademika: Jurnal Studi Islam dan Sosial, 8 (2), 125-136. https://doi.org/10.21580/wa.v8i2.9530
Dinata, K. B. 2021. Literasi Digital Dalam Pembelajaran Daring. Jurnal Eksponen, 11 (1), 20-27. https://doi.org/10.47637/eksponen.v11i1.368
Fatmawati, F., Yusrizal, Y., & Hasibuan, A. M. (2021). Pengembangan Media Pembelajaran Berbasis Aplikasi Android untuk Meningkatkan Hasil Belajar IPS Siswa. Elementary School Journal Pgsd Fip Unimed, 11 (2), 134-143. https://doi.org/10.24114/esjpgsd.v11i2.28862
Ferdiyansyah, A., Suhartono, S., & Nihayati, N. (2022). Pengembangan Bahan Ajar Interaktif Berbasis Aplikasi Android untuk Siswa Sekolah Dasar. Sekolah Dasar: Kajian Teori dan Praktik Pendidikan, 31 (1), 13-25. http://dx.doi.org/10.17977/um009v31i12022p013
Fitriana, LA, Wijayati, N., & Utanto, Y. (2022). The Effectiveness of Android-Based Learning Media on Science Lesson Content to Increase Motivation and Digital Literacy of Grade V Elementary School Students. Journal of Primary Education, 11 (1), 105-121. https://doi.org/10.15294/jpe.v11i1.58732
Hadaya, A., & Hanif, M. (2019). The Impact of Using the Interactive E-Book on Students Learning Outcomes. Jurnal pengajaran internasional, 12 (2), 709-722. https://doi.org/10.29333/iji.2019.12245a
Handayani, S. L, & Dahlia, I. (2022). ANIMA-LIE: Android-Based Learning Media on Animal Life Cycles Materials for Elementary School. Jurnal Ilmiah Sekolah Dasar, 6 (2). https://doi.org/10.23887/jisd.v6i2.45359
Hutabri, E., & Putri, AD (2019). Perancangan Media Pembelajaran Interaktif Berbasis Android Pada Mata Pelajaran Ilmu Pengetahuan Sosial Untuk Anak Sekolah Dasar. Jurnal Berkelanjutan: Jurnal Hasil Penelitian Dan Industri Terapan, 8 (2), 57-64. https://doi.org/10.31629/sustainable.v8i2.1575
Irfani, R. N. (2022). Peran Guru dalam Meningkatkan Motivasi Belajar Siswa Pasca Pandemi Covid-19. JISPE: Journal of Islamic Primary Education, 3 (1), 47-54. https://doi.org/10.51875/jispe.v3i1.46
Janah, A. N., Muslimah, S. A., & Aeni, A. N. (2022). Penggunaan Aplikasi “Leader Islami” Sebagai Media Pembelajaran Interaktif Bagi Siswa Sekolah Dasar. Al Qalam: Jurnal Ilmiah Keagamaan dan Kemasyarakatan, 16 (3), 1203-1214. http://dx.doi.org/10.35931/aq.v16i3.1053
Latifah, S., & Utami, A. (2019). Pengembangan bahan ajar interaktif berbasis media sosial schoology. Indonesian Journal of Science and Mathematics Education, 2 (1), 36-45. https://doi.org/10.24042/ijsme.v2i1.3924
Liando, O. E. S., Rianto, I., & Paat, W. R. L. (2022). Aplikasi Mobile Learning Matematika Berbasis Android Untuk Siswa Sekolah Dasar. Edutik: Jurnal Pendidikan Teknologi Informasi dan Komunikasi, 2 (2), 172-183. https://ejurnal.unima.ac.id/index.php/edutik/article/view/4432
Mabruri, H., Ahmadi, F., & Suminar, T. (2019). The Development of Science Mobile Learning Media to Improve Primary Students Learning Achievements. Journal of Primary Education, 8 (1), 108-116. https://doi.org/10.15294/jpe.v8i1.25391
Moore, MG (2023). From Correspondence Education to Online Distance Education. Dalam: Zawacli-Richter, O., I. (eds) Handbook of Open, Distance and Digital Educatoion. Springer, Singapura. https://doi.org/10.1007/978-981-19-1080-6_2
Ningsih, G. W. (2020). Game Edukasi Sejarah di Indonesia Sebagai Media Pembelajaran Berbasis Android (Undergraduate (S1) thesis, Universitas Islam Negeri Alauddin Makassar). http://repositori.uin-alauddin.ac.id/id/eprint/18731
Purwanti, H. (2021). Penerapan Pembelajaran Aplikasi Berbasis Android pada Mata Pelajaran PBM Dimasa Pandemi Covid-19. Lembaran Ilmu Kependidikan, 50 (1), 74-80. https://doi.org/10.15294/lik.v50i1.29539
Purwati, LM (2021). Media Pembelajaran Digital Interaktif Berbasis Adobe Flash pada Masa Pandemi di Sekolah Dasar. Autentik: Jurnal Pengembangan Pendidikan Dasar, 5 (2), 152-158. https://doi.org/10.36379/autentik.v5i2.133
Putra, M. L. D., & Nurafni, N. (2021). Bahan Ajar Media Aplikasi BAM” Math Genius” Berbasis Android Pada Materi Bangun Datar. MIMBAR PGSD Undiksha, 9 (2). https://doi.org/10.23887/jjpgsd.v9i2.36511
Putra, M. T. M., Sari, A. K., & Risnasari, M. (2018). Pengembangan Game Educative Berbasis Android pada Materi Bangun Ruang untuk Siswa Sekolah Dasar. Jurnal Ilmiah Edutic: Pendidikan dan Informatika, 5 (1), 39-47. http://dx.doi.org/10.13140/RG.2.2.22137.11360
Putra, Z. W., & Sujatmiko, B. (2020). Studi Literatur Pengaruh Pembelajaran Berbasis Android Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa SMK. Jurnal IT-EDU, 5 (1), 489–496. https://ejournal.unesa.ac.id/index.php/it-edu/article/view/38146
Qayyum, A. (2023). Assessing the Digital Transformation of Education System. In: Zawacli-Richter, O., I. (eds) Handbook of Open, Distance and Digital Educatoion. Springer, Singapore. https://doi.org/10.1007/978-981-19-2080-6_14
Rakhmat, G. A. (2020). Aplikasi Android Mengenal Tata Surya Berbasis Augmented Reality Sebagai Media Belajar Interaktif Siswa Sekolah Dasar. Building of Informatics, Technology and Science (BITS), 2 (2), 151-158. https://doi.org/10.47065/bits.v2i2.590
Rofiyadi, Y. A., & Handayani, S. L. (2021). Pengembangan Aplikasi E-Modul Interaktif Berbasis Android Materi Sistem Peredaran Darah Manusia Kelas V Sekolah Dasar. JPDI (Jurnal Pendidikan Dasar Indonesia), 6 (2), 54-60. https://dx.doi.org/10.26737/jpdi.v6i2.2575
Salam, MY, Mudinillah, A., & Agustina, A. (2022). Aplikasi Quizizz Berpengaruh Atau Tidak untuk Meningkatkan Motivasi Belajar dan Hasil Belajar Siswa. Jurnal Basicedu, 6 (2), 2738-2746. https://dx.doi.org/10.31004/basicedu.v6i2.2467
Sartika, S., & Oktafianti, M. (2019). Pemanfaatan Kahoot Untuk Pembelajaran Matematika Siswa Kelas X Pada Materi Sistem Persamaan Linear Dua Variabel. Journal On Education, 1 (3), 373-385. https://doi.org/10.31004/joe.v1i3.177
Setyawan, B., Rufi’i., & Fatirul, A. N. 2019. Augmented Reality dalam Pembelajaran IPA bagi Siswa SD. Jurnal Teknologi Pendidikan, 7 (1), 78-90. http://dx.doi.org/10.31800/jtp.kw.v7n1.p78--90
Shaw, R., Sakurai, A., & Oikawa, Y. (2021). New Realization of Disaster Risk Reduction Education in the Context of a Global Pandemic: Lessons from Japan. Int J Disaster Risk Sci, 12 (4), 568-580. https://doi.org/10.1007/s13753-021-00337-7
Tahel, F., & Ginting, E. (2019). Perancangan aplikasi media pembelajaran pengenalan pahlawan nasional untuk meningkatkan rasa nasionalis berbasis android. Teknomatika, 9 (02), 113-120. http://ojs.palcomtech.com/index.php/teknomatika/article/view/467
Triandini, E., Jayanatha. S., Indrawan, A., Werla Putra, G., & Iswara, B. (2019). Metode Systematic Literature Review untuk Identifikasi Platform dan Metode Pengembangan Sistem Informasi di Indonesia. Jurnal Sistem Informasi Indonesia, 1 (2), 63–77. https://doi.org/10.24002/ijis.v1i2.1916
Wilson, A. (2020). Penerapan Metode Pembelajaran Daring (Online) melalui Aplikasi Berbasis Android saat Pandemi Global. SAP (Susunan Artikel Pendidikan), 5 (1). http://dx.doi.org/10.30998/sap.v5i1.6386
Zulherman, Z., Aji, GB, & Supriansyah, S. (2021). Android Based Animation Video Using Millealab Virtual Reality Application for Elementary School. JPI (Jurnal Pendidikan Indonesia), 10 (4). https://doi.org/10.23887/jpi-undiksha.v10i4.29429
Published
2023-07-18
How to Cite
SUARMIKA, Putu Eka; HIDAYAT, Nuris; SAFITRI, Safitri. SYSTEMATIC LITERATURE REVIEW: PEMANFAATAN MEDIA APLIKASI ANDROID SEBAGAI BAHAN AJAR INTERAKTIF. Jurnal IKA PGSD (Ikatan Alumni PGSD) UNARS, [S.l.], v. 13, n. 1, p. 278-291, july 2023. ISSN 2656-4459. Available at: <https://unars.ac.id/ojs/index.php/pgsdunars/article/view/3154>. Date accessed: 04 july 2024. doi: https://doi.org/10.36841/pgsdunars.v13i1.3154.
Section
Articles