PENGEMBANGAN MEDIA PEMBELAJARAN BERBASIS MULTIMEDIA MENGGUNAKAN ADOBE FLASH CS3 UNTUK MATA PELAJARAN SEJARAH INDONESIA KELAS X MULTIMEDIA SEMESTER GENAP DI SMK NEGERI 1 CERME BONDOWOSO TAHUN PELAJARAN 2022-2023

  • Arico Ayani Suparto STKIP PGRI Situbondo
  • Dyan Yuliana STKIP PGRI Situbondo
  • Siti Seituni STKIP PGRI Situbondo
  • Nur Azise Universitas Ibrahimy

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk : 1) Mendapatkan media pembelajaran berbasis Multimedia menggunakan Adobe Flash CS3. 2)Menemukan efektivitas pembelajaran dengan menggunakan Multimedia pembelajaran Sejarah Indonesia Bab III Islamisasi dan silang budaya di Nusantara materi akulturasi dan perkembangan budaya Islam. Jenis penelitian ini adalah penelitian dan pengembangan (research & developement). Penelitian dan pengembangan media pembelajaran berbasis multimedia ini melalui 7 tahap yaitu 1) Penelitian dan pengumpulan data, 2) Perencanaan, 3) Pengembangan Format Produk awal, 4) Uji coba awal, 5) Revisi produk, 6) Uji coba lapangan, dan 7) Revisi produk akhir.Subyek dalam penelitian ini berjumlah 32 peserta didik kelas X Multimedia di SMKN 1 Cerme Bondowoso. Hasil penelitian berupa: 1) Produk Media pembelajaran berbasis multimedia yang sesuai dengan RPP yang diterapkan di SMKN 1 Cerme Bondowoso, 2) Produk media pembelajaran berbasis multimedia ini sangat layak digunakan baik dari segi pembelajaran maupun dari segi tampilan.Kelayakan media pembelajaran berbasis multimedia menggunakan Adobe Flash CS3 berdasarkan penilaian dari ahli media 86%, ahli materi 86%, dan dari uji kelayakan peserta didik 85%.

References

Daryanto. 2015. Media Pembelajaran. Bandung: Satu Nusa
Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan. 2014. Sejarah Indonesia. Jakarta: Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan.
Marianda, Gina. 2015. Rancang Bangun Media Pembelajaran Berbasis Multimedia Interaktif Konsep Gaya Pada Mata Pelajaran Fisika Smp Kelas VIII.Tersedia pada http://ejournal.unib.ac.id/index.php/rekursif/ article/view/312/272Diakses pada 3 April 2017
Musfiqon, HM. 2012. Pengembangan Media dan Sumber Pembelajaran. Jakarta: PT. Prestasi Pustakaraya.
Pariartha, I Gede Martha Adi. 2013. Pengembangan Media Pembelajaran Berbasis Multimedia Interaktif Pada Mata Pelajaran IPA Untuk Siswa Kelas VIII Semester 1 di SMP Negeri 3 Singaraja. Tersedia pada http://ejournal.undiksha.ac.id/index.php/JJTP/article/download/938/808 Diakses pada 29 Maret 2023.
Rokhman, Muhammad Nur. 2014. Perpaduan Budaya Lokal, Hindu Buddha, Dan Islam di Indonesia.Tersedia pada http://staff.uny.ac.id/sites/default/files/ pendidikan/drs-muhamad-nur-rokhman-mpd/diktat-sejarah-nuansa-karakter-1.pdf Diakses pada 12 Mei 2023
Setyosari, Punaji. 2016. Metode Penelitian Pendidikan dan Pengembanga. Jakarta: Kencana.
STKIP PGRI Situbondo. Pedoman Penulisan Skripsi. Situbondo: STKIP PGRI Situbondo.
Sugiyono. 2016. Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif dan R&D. Bandung: Alfabeta CV.
Warno, Kusminarko. 2012. Pengembangan Media Pembelajaran Membuat Pola Celana Pria Berbasis Adobe Flash Pada Siswa Kelas XI Busana Butik di SMK Negeri 2 Godean. Tersedia pada http://eprints.uny.ac.id/6827/1/SKRIPSI.pdf Diakses pada 12 Mei 2023
Published
2023-07-18
How to Cite
SUPARTO, Arico Ayani et al. PENGEMBANGAN MEDIA PEMBELAJARAN BERBASIS MULTIMEDIA MENGGUNAKAN ADOBE FLASH CS3 UNTUK MATA PELAJARAN SEJARAH INDONESIA KELAS X MULTIMEDIA SEMESTER GENAP DI SMK NEGERI 1 CERME BONDOWOSO TAHUN PELAJARAN 2022-2023. Jurnal IKA PGSD (Ikatan Alumni PGSD) UNARS, [S.l.], v. 13, n. 1, p. 257-268, july 2023. ISSN 2656-4459. Available at: <https://unars.ac.id/ojs/index.php/pgsdunars/article/view/3152>. Date accessed: 06 july 2024. doi: https://doi.org/10.36841/pgsdunars.v13i1.3152.
Section
Articles