MENUMBUHKAN MINAT MEMBACA DALAM MENINGKATKAN KETERAMPILAN BERBAHASA INDONESIA PADA SISWA KELAS I DI SD NEGERI BANJAR AGUNG 2 KECAMATAN CIPOCOK JAYA KOTA SERANG
Abstract
Membaca merupakan tonggak penting untuk belajar dan yang terpenting bagaimana menjadikan membaca dan menulis sebagai hobi. Budaya membaca perlu dikembangkan serta kreativitas guru sekolah perlu mengembangkan minat baca siswa melalui kritik diri (refleksi) terhadap proses pembelajaran. Kemampuan membaca siswa harus dibarengi dengan upaya meningkatkan minat membaca siswa, sehingga secara bertahap berubah dari “learning to read” menjadi “reading to learn”. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui bahwa dengan menumbuhkan “minat membaca”, dapat meningkatkan keterampilan berbahasa Indonesia bagi siswa kelas I untuk mengetahui cara menumbuhkan minat membaca agar keterampilan berbahasa Indonesia siswa meningkat. Penelitian ini menggunakan metode penelitian tindakan (Action Research) berdasarkan pendekatan Naturalistik Kualitatif. Hal tersebut memungkinkan siswa memanfaatkan keterampilan berbahasa (membaca). Situasi sebenarnya di tempat kejadian membuktikan bahwa minat baca siswa sangat rendah, yang memengaruhi kinerja akademik mereka. Hasil analisis terlihat proses belajar sebelum tumbuh minat membaca mencapai nilai rata-rata 63,4%. setelah dilakukan pembashan LKS rata-rata nilai 75% berarti ada peningkatan 12%. Maka menumbuhkan minat membaca dapat meningkatkan keterampilan berbahasa Indonesia kelas I SD Negeri Banjar Agung Kecamatan Cipocok Jaya Kota Serang.
References
Muchlisoh, dkk. 1992. Materi Pokok pendidikan Bahasa Indonesia 3. Jakarta: Universitas
Terbuka.
Nasution, S. 1992. Metodologi Penulisan Neturalistik Kualitatif. Bandung: Tarsito.
Supriadi, dkk. 1995. Materi Pokok pendidikan Bahasa Indonesia. Jakarta: Depdikbud Bagian proyek peningkatan mutu guru SD, Setara D-II 1995