MENUMBUHKAN MINAT MEMBACA DALAM MENINGKATKAN KETERAMPILAN BERBAHASA INDONESIA PADA SISWA KELAS I DI SD NEGERI BANJAR AGUNG 2 KECAMATAN CIPOCOK JAYA KOTA SERANG

  • Fajar Nurdiansyah Universitas Sultan Ageng Tirtayasa
##plugins.pubIds.doi.readerDisplayName## https://doi.org/10.36841/pgsdunars.v13i1.3136

Abstrak

Membaca merupakan tonggak penting untuk belajar dan yang terpenting bagaimana menjadikan  membaca dan menulis sebagai hobi. Budaya membaca perlu dikembangkan serta kreativitas guru  sekolah perlu mengembangkan minat baca siswa melalui kritik diri (refleksi) terhadap proses  pembelajaran. Kemampuan membaca siswa harus dibarengi dengan upaya meningkatkan minat  membaca siswa, sehingga secara bertahap berubah dari “learning  to  read†menjadi “reading  to  learnâ€. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui bahwa dengan menumbuhkan “minat  membacaâ€, dapat meningkatkan keterampilan berbahasa Indonesia bagi siswa kelas I untuk    mengetahui cara menumbuhkan minat membaca agar keterampilan berbahasa Indonesia siswa   meningkat. Penelitian ini menggunakan metode penelitian tindakan (Action Research)   berdasarkan pendekatan Naturalistik Kualitatif. Hal tersebut memungkinkan siswa memanfaatkan keterampilan berbahasa (membaca). Situasi sebenarnya di tempat kejadian  membuktikan  bahwa  minat  baca  siswa  sangat  rendah,  yang memengaruhi  kinerja  akademik  mereka. Hasil analisis terlihat proses belajar sebelum tumbuh minat membaca mencapai nilai rata-rata 63,4%. setelah dilakukan pembashan LKS rata-rata nilai 75% berarti ada peningkatan 12%. Maka menumbuhkan minat membaca dapat meningkatkan keterampilan berbahasa Indonesia kelas I SD Negeri Banjar Agung Kecamatan Cipocok Jaya Kota Serang.

Referensi

Ausebel, D.P, 1963. The Psychology of meaning Verbal Learning. New York, grune & Srattim
Muchlisoh, dkk. 1992. Materi Pokok pendidikan Bahasa Indonesia 3. Jakarta: Universitas
Terbuka.
Nasution, S. 1992. Metodologi Penulisan Neturalistik Kualitatif. Bandung: Tarsito.
Supriadi, dkk. 1995. Materi Pokok pendidikan Bahasa Indonesia. Jakarta: Depdikbud Bagian proyek peningkatan mutu guru SD, Setara D-II 1995
Diterbitkan
2023-07-16
##submission.howToCite##
NURDIANSYAH, Fajar. MENUMBUHKAN MINAT MEMBACA DALAM MENINGKATKAN KETERAMPILAN BERBAHASA INDONESIA PADA SISWA KELAS I DI SD NEGERI BANJAR AGUNG 2 KECAMATAN CIPOCOK JAYA KOTA SERANG. Jurnal IKA PGSD (Ikatan Alumni PGSD) UNARS, [S.l.], v. 13, n. 1, p. 235-240, juli 2023. ISSN 2656-4459. Tersedia pada: <https://unars.ac.id/ojs/index.php/pgsdunars/article/view/3136>. Tanggal Akses: 07 des. 2025 doi: https://doi.org/10.36841/pgsdunars.v13i1.3136.
Bagian
Articles