DESKRIPSI PENGELOLAAN PERPUSTAKAAN SEKOLAH DI SDN 5 SUWAWA TENGAH KABUPATEN BONE BOLANGO
Abstract
Tujuan penelitian ini adalah untuk mendeskripsikan pengelolaan perpustakaan sekolah di SDN 5 Suwawa Tengah Kabupaten Bone Bolango. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah kualitatif. Prosedur pengumpulan data dalam penelitian ini berupa observasi, wawancara, dokumentasi. Dari hasil penelitian dapat terlihat bahwa terdapat bebrapa masalah diantaranya sistem yang digunakan masih menggunakan sistem manual, bahan pustaka yang tersedia di perpustakaan tidak lengkap, hal ini membuat siswa yang membutuhkan bahan pustaka harus menunggu bahan pustaka tersedia lagi di perpustakaan agar mereka bisa masuk perpustakaan, jika bahan pustaka tersebut dipinjam oleh siswa lain, dan petugas perpustakaan adalah guru kelas, petugas atau pengelola perpustakaan belum mengikuti pelatihan di bidang perpustakaan (pustakawan).
References
Budi Waluyo.2016.Manajemen Program Pendidikan. Bandung: Falah Production
Darmono.2014.Manajemen dan Tata Kerja Perpustakaan Sekolah. Jakarta: Grasindo.
Ibrahim Bafedal.2016.Pengelolaan Perpustakaan Sekolah.Jakarta PT. Bumi Aksara
Larasati 2016.Manajemen Perpustakaan.Yogyakarta: Gama Media.
Mulyasa.2017.Manajemen Berbasis Sekolah. Bandung: PT Rosdakarya
Reitz.2015.Pedoman Penyelenggaraan Perpustakaan Sekolah. Jakarta: Kencana Prenada Media Group
Suharsimi Arikunto.2015.Evaluasi Program Pendidikan. Jakarta: Bumi Aksara
Suwendra, Wayan. 2018. Metodelogi Penelitian Kualitatif dalam ilmu social, pendidikan, kebudayaan dan keagaamaan. Bali: Nilackra