PENGEMBANGAN VIDEO ANIMASI MENGGUNAKAN CANVA PADA MATERI BANGUN RUANG KELAS V DI SDN 01 KOTO BARU

  • Agus Saputra Universitas Dharmas Indonesia
  • Amril Amril Universitas Dharmas Indonesia
  • Junia Sarmiyet Universitas Dharmas Indonesia

Abstract

Penelitian ini dilatar belakangi oleh guru belum menggunakan media pembelajaran yang menarik, karena keterbatasan media. Oleh karena itu, pembelajaran matematika disekolah dasar dianggap sulit dengan peserta didik. Hal ini sudah menjadi anggapan di kalangan anak-anak.  Guru sebagai pendidik harus mampu menyampaikan pembelajaran matematika dengan cara yang menarik dan menyenangkan bagi peserta didik. Untuk mengatasi hal tersebut, peneliti perupanya mengembangkan bahan video animasi pada materi bangun ruang pada kelas V dengan tujuan agar guru dan peserta didik memiliki cukup media pembelajaran yang memadai. Jenis penelitian ialah penelitian pengembangan dan menggunakan model ADDIE yang terdiri dari lima tahap yaitu tahap anayze (analisis), meliputi analisis kebutuhan, analisis karakteristik peserta didik dan analisis kurikulum. Tahap design (perancangan), tahap perancangan dilakukan perancangan terhadap video animasi menggunakan aplikasi canva. Tahap development (pengembangan) uji praktikalitas dan efektivitas. Tahap evaluation (evaluasi), dilakukan evaluasi setiap  tahap pengembangan mulai analisis, perancangan dan implementasi. Hasil dari penelitian validasi video animasi materi bangun ruang di kelas V pada uji validasi oleh 5 validator ahli. Validasi bahasa oleh dosen  90% masuk dalam kategori “sangat valid”, validasi media oleh dosen 78 % dalam kategori “valid”, validasi materi oleh dosen 79% dalam kategori “valid”, validasi RPP oleh dosen 94% dalam kategori “sangat valid”, validasi RPP oleh guru 93% dalam kategori “ sangat valid”.

References

Arina, D., Mujiwati, E. S., & Kurnia, I. (2020). Pengembangan Multimedia Interaktif Untuk Pebelajaran Volume Bangun Ruang Di Kelas V Sekolah Dasar. Prima Magistra: Jurnal Ilmiah Kependidikan, 1(2), 168–175. https://doi.org/10.37478/jpm.v1i2.615
Audie, N. (2019). Peran Media Pembelajaran Meningkatkan Hasil Belajar Peserta Didik. Prosiding Seminar Nasional Pendidikan FKIP, 2(1), 589–590.
Hapsari, G. P. P., & Zulherman. (2021). Pengembangan Media Video Animasi Berbasis Aplikasi Canva untuk Meningkatkan Motivasi dan Prestasi Belajar Siswa. Jurnal Basicedu, 5(4), 2384–2394. https://jbasic.org/index.php/basicedu/article/view/1237
Ompusunggu, V. D. K. (2022). Penggunaan Media Dalam Pembelajaran Matematika Dan Manfaatnya Di Smpnegeri 1 Paranginan the Use of Media in Mathematics Learning and Their Benefits in Smp Negeri 1 Paranginan. Pendidikan, Saintek, Sosial Dan Hukum (PSSH), 1(18), 4–5.
Rahmayanti, A., Basir, M. A., & Wijayanti, D. (2020). Pengembangan Video Pembelajaran Fungsi Komposisi Sebagai Alternatif Bahan Ajar Untuk Meningkatkan Kemampuan Penalaran Matematis. Jurnal Pendidikan Matematika (Jupitek), 3(2), 57–64. https://doi.org/10.30598/jupitekvol3iss2pp57-64
Ridha Yoni Astika, Bambang Sri Anggoro, & Siska Andriani. (2020). Pengembangan Video Media Pembelajaran Matematika Dengan Bantuan Powtoon. Jurnal Pemikiran Dan Penelitian Pendidikan Matematika (JP3M), 2(2), 85–96. https://doi.org/10.36765/jp3m.v2i2.29
Rohman, F. N., Kurniati, L., & Kusumawati, R. (2021). Pengembangan Video Pembelajaran Matematika Berbantuan Sparkoll Videoscribe. Square : Journal of Mathematics and Mathematics Education, 3(2), 137–151. https://doi.org/10.21580/square.2021.3.2.8857
Idawati, Maisarah, Muhammad, Meliza, Arita, A., Amiruddin, & Salfiyadi, T. (2022). Pemanfaatan Canva Sebagai Media Pembelajaran Sains Jenjang SD. Jurnal Pendidikan Dan Konseling, 4(4), 745–751. https://core.ac.uk/download/pdf/322599509.pdf
Kartiwi, Y. M., & Rostikawati, Y. (2022). Pemanfaatan Media Canva Dan Aplikasi Quizizz Pada Pembelajaran Teks Fabel Peserta Didik Smp. Semantik, 11(1), 61. https://doi.org/10.22460/semantik.v11i1.p61-70
Kurniawan, R. E., Makrifatullah, N. A., Rosar, N., Triana, Y., & Kunci, K. (2022). Pemanfaatan Canva Sebagai Modul Digital Interaktif Matematika Untuk Mengoptimalkan Pembelajaran Jarak Jauh Dina. Jurnal Ilmiah Multi Disiplin Indonesia, 2(1), 163–173. https://katadata.co.id/berita/2020/01/06/baru-83-peserta-bpjs-kesehatan-per-akhir-2019-
Subagia, I. W., & Wiratma, I. G. L. (2016). Profil Penilaian Hasil Belajar Siswa Berdasarkan Kurikulum 2013. JPI (Jurnal Pendidikan Indonesia), 5(1), 39. https://doi.org/10.23887/jpi-undiksha.v5i1.8293
Sumartiwi, N. M., & Ujianti, P. R. (2022). Media Pembelajaran Audio Visual Berbasis Aplikasi Canva Pada Materi Keliling dan Luas Lingkaran. Jurnal Pedagogi Dan Pembelajaran, 5(2), 220–230. https://doi.org/10.23887/jp2.v5i2.47626
Susanah. (2021). Matematika Dan Pendidikan Matematika. Universitas Terbuka, 2–44. http://repository.ut.ac.id/4725/2/PEMA4301-M1.pdf
Susilawati, W. (2020). Belajar Dan Pembelajaran Matematika. In Cv. Insan Mandiri.
Syafi’i, A., Marfiyanto, T., & Rodiyah, S. K. (2018). Studi Tentang Prestasi Belajar Siswa Dalam Berbagai Aspek Dan Faktor Yang Mempengaruhi. Jurnal Komunikasi Pendidikan, 2(2), 115. https://doi.org/10.32585/jkp.v2i2.114
Tabroni, T., Syukur, M., & Indrayani, I. (2022). Penerapan Model Pembelajaran Problem Based Learning untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa pada Mata Pelajaran Ilmu Pengetahuan Sosial Materi Bentuk …. Jurnal Pemikiran Dan …, 4(2), 261–266. http://ejournal-jp3.com/index.php/Pendidikan/article/view/409%0Ahttps://ejournal-jp3.com/index.php/Pendidikan/article/download/409/253
Tri Wulandari, & Adam Mudinillah. (2022). Efektivitas Penggunaan Aplikasi CANVA sebagai Media Pembelajaran IPA MI/SD. Jurnal Riset Madrasah Ibtidaiyah (JURMIA), 2(1), 102–118. https://doi.org/10.32665/jurmia.v2i1.245
Published
2023-06-29
How to Cite
SAPUTRA, Agus; AMRIL, Amril; SARMIYET, Junia. PENGEMBANGAN VIDEO ANIMASI MENGGUNAKAN CANVA PADA MATERI BANGUN RUANG KELAS V DI SDN 01 KOTO BARU. Jurnal IKA PGSD (Ikatan Alumni PGSD) UNARS, [S.l.], v. 13, n. 1, p. 221-227, june 2023. ISSN 2656-4459. Available at: <https://unars.ac.id/ojs/index.php/pgsdunars/article/view/3134>. Date accessed: 09 july 2024. doi: https://doi.org/10.36841/pgsdunars.v13i1.3134.
Section
Articles