PENGGUNAAN MEDIA PABELCA UNTUK MENINGKATKAN KEMAMPUAN MEMBACA PERMULAAN SISWA SD LABORATORIUM UNIVERSITAS NEGERI GORNTALO
Abstract
Tujuan penelitian ini untuk mengetahui apakah penggunaan media Pabelca dalam pembelajaran dapat meningkatkan kemampuan Membaca Permulaan siswa kelas I SD Laboratorium UNG. Penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas. Subyek dalam penelitian ini sebanyak 25orang siswa. Teknik pengumpulan data menggunakan wawancara, observasi, dokumentasi, dan tes. Hasil yang diperoleh dalam penelitian ini berdasarkan lembar pengamatan guru telah mencapai indikator kinerja yang telah ditentukan mencapai 90% dan pada aktivitas siswa juga dikatakan berhasil karena mencapai indikator kinerja 95%. Hasil belajar siswa pada setiap siklusnya. Terbukti dengan nilai rata-rata siswa pada siklus I 64% mengalami peningkatan pada siklus II dan dikatakan berhasil dengan mencapai presentase 92%. Berdasarkan hasil penelitian yang dilakukan disimpulkan bahwa dengan penggunaan media Pabelca dapat meningkatkan kemampuan membaca permulaan pada siswa SD.
References
Arsyad.(2009). Media Pembelajaran. Jakarta: PT Raja Grafindo persada
Daryanto. (2010). Media Pembelajaran. Yogyakarta: Gava Media
Ismail, Andang. (2010). Education Games. Yogyakarta: Nuansa Aksara.
Sadiman, Arief S. dkk. (2009). Media Pendidikan. Jakarta: Raja Grafindo Persada.
Sabarti, Akhadiah, dkk (1993). Bahasa Indonesia 1. Jakarta. Direktorat jenderal Pendidikan Tinggi. Departemen Pendidkan dan Kebudayaan.
Sanaky, Hujair AH. (2013). Media Pembelajaran Interaktif-Inovatif. Yogyakarta: Kaukabar Dipantara.
Suparman, Atwi (2007), Desain Instruksional. Jalarta : Proyek Pengembangan Universitas Terbuka, Direktorat Jendral Pendidikan Tinggi. Departemen Pendidikan Nasional
Winihasih. (2005). Diagnosis Kesulitan Belajar Membaca Permulaan Peserta didik SD/MI Melalui Analisis Reading Readiness. Jurnal Sekolah Dasar. Tahun 14, Nomor 1. Mei 2005.