PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN RADEC DALAM MENINGKATKAN HASIL BELAJAR PESERTA DIDIK PADA PEMBELAJARAN IPA
Abstract
Hasil pengamatan pada kelas V SDN 15 Limboto Barat Kabupaten Gorontalo pada pembelajaran IPA materi Sistem Pencernaan, yang mana jumlah peserta didik adalah 29 orang ,dari 29 orang tersebut 9 peserta didik atau 40 % sudah mencapai Kriteria ketuntasan minimal (KKM), sisanya 20 peserta didik atau 60 % masih belum memenuhi KKM. Dalam hal ini ada beberapa penyebab di antaranya adalah pendidik yang kurang menguasai kelas, kurangnya pemahaman karakteristik peserta didik dan model pembelajaran yang kurang inovatif dan variatif. Langkah – langkah pelaksanaan penelitian menurut Kemmis dan MCT Taggart terdiri dari empat tahap, yakni perencanaan (plan), pelaksanaan tindakan (action), pengamatan (observation), dan refleksi (reflection). Hasil penelitian tentang Penerapan model pembelajaran RADEC Di SDN 15 Limboto Barat kabupaten Gorontalo, pada pembelajaran IPA dapat meningkatkan Hasil Belajar peserta didik, penelitian ini di laksanakan sebanyak 2 sklus. Pada siklus I terdapat 3 kali pertemuan dan siklus II terdapat 2 kali pertemuan. Hal ini di ketahui pada beberapa hal berikut ini yaitu hasil belajar peserta didik pada saat observasi awal mencapai 32% dengan kategori kurang baik, hasil belajar peserta didik pada saat siklus I mencapai 62%, hal ini termasuk kategori baik, pada saat pertemuan pada siklus II, hasil belajar peserta didik meningkat sebesar 92% dengan kategori sangat baik. Hasil pembelajaran dari siklus I ke siklus II meningkat sebesar 27 %. Penerapan model pembelajaran RADEC dapat meningkatkan hasil belajar peserta didik pada mata pelajaran IPA kelas V SDN 15 Limboto Barat Kabupaten Gorontalo.
References
Ahmad Susanto. 2008.Teori Belajar dan Pembelajaran. Bandung: PT. Remaja : Rosdakarya.
Andriani, Rike, and Rasto Rasto. "Motivasi belajar sebagai determinan hasil belajar siswa." Jurnal Pendidikan Manajemen Perkantoran (JPManper) 4.1 (2019)
Daryanto, Evaluasi Pendidikan (Jakarta:Rineka Cipta, 2007).
Kaharuddin, Andi. Nining Hajeniati. (2020). Pembelajaran Inovatif & Variatif Pedoman untuk Penelitian PTK dan Eksperimen. Sulawesi Selatan: Pusaka Almaida.
Nurseptiani dan Maryani "Efektivitas Modul Pembelajaran Tematik Berbasis Model RADEC Pada Subtema “Manfaat Energi” Untuk Kelas IV Sekolah Dasar." JIKAP PGSD: Jurnal Ilmiah Ilmu Kependidikan 6.1 (2022).
Muhammad Ilham S . “Perbandingan model pembelajaran radec dengan model pembelajaran discovery learning terhadap keterampilan berpikir kritis dan hasil belajar ipa siswa kelas vi sdn kalukuang 1” (2020).
Nurrita, Teni. "Pengembangan media pembelajaran untuk meningkatkan hasil belajar siswa." MISYKAT: Jurnal Ilmu-ilmu Al-Quran, Hadist, Syari'ah dan Tarbiyah 3.1 (2018
Pratama, Y. A., Sopandi, W., & Hidayah, Y. (2019). RADEC Learning Model (Read-Answer-Discuss-Explain And Create): The Importance of Building Critical Thinking Skills In Indonesian Context. International Journal for Educational and Vocational Studies, 1(2).
Risamasu, P. V. M. (2016). Pembelajaran IPA menumbuhkan karakter siswa. In Prosiding Seminar Nasional PGSD UST, November .
Rindiana, Triska, Muh Husen Arifin, and Yona Wahyuningsih. "Model Pembelajaran Radec Untuk Meningkatkan Higher Order Thingking Skill Dalam Pembelajaran Ips Di Sekolah Dasar." Autentik: Jurnal Pengembangan Pendidikan Dasar 6.1 (2022).
Suleman. “Pengaruh Teknik Pemberian Balikan dan Gaya Kognitif Terhadap Hasil Belajar Ipa (suatu penelitian eksperimen di kelas VII SMP Negeri 2 Bongomeme)” (2014)
Sopandi, W. (2019). Sosialisasi dan Workshop Implementasi Model Pembelajaran RADEC Bagi Guru-Guru Pendidikan Dasar dan Menengah [Dissemination and Implementation Workshop of RADEC Learning Models for Primary and Secondary Education Teachers].Pedagogia:JurnalPendidikan,8(1).
Timur, patande kabupaten luwu; fahira, nurul. Pengaruh penggunaan model RADEC terhadap kemampuan menulis teks eksplanasi pada mata pelajaran bahasa indonesia siswa kelas v sdn 226. 2020.
Tulljanah, Rahmia, and Risda Amini. "Model Pembelajaran RADEC sebagai Alternatif dalam Meningkatkan Higher Order Thinking Skill pada Pembelajaran IPA di Sekolah Dasar: Systematic Review." Jurnal Basicedu 5.6 (2021): 5508-5519.
Uno Hamzah , Model Pembelajaran;Menciptakan Proses Belajar Mengajar yang Kreatif dan Efektif, Jakarta: Bumi Aksara, 2011.
Wilujeng, Sri. Adaptasi Model Pembelajaran Problem Based Learning Dan Relevansinya Dengan Pembelajaran IPA. Diss. IAIN Ponorogo, 2021.