EFEKTIVITAS PEMBELAJARAN DARING MENGGUNAKAN APLIKASI WHATSAPP DI SDN INPRES TOMPUDAU KECAMATAN TINANGKUNG KABUPATEN BANGGAI KEPULAUAN

  • Abdi Yalida Universitas Tompotika Luwuk Banggai
  • Arifah Abd Universitas Tompotika Luwuk Banggai
  • Alif Dunggio Universitas Tompotika Luwuk Banggai
  • Almustari Enteding Universitas Tompotika Luwuk Banggai

Abstract

ABSTRAK


Tujuan penelitian ini adalah untuk Mendeskripsikan Efektivitas pembelajaran daring Menggunakan aplikasi whatsapp di SDN Inpres Tompudau Kecamatan Tinangkung Kabupaten Banggai Kepulauan. Metode penelitian yang di gunakan adalah metode penelitian kualitatif dan di ungkap secara deskriptif. Metode kualitatif dipilih peneliti dengan alasan permasalahan yang dibahas dalam penelitian ini tidak berkenaan dengan angka–angka tapi mendeskripsikan, menguraikan dan menggambarkan mengenai Efektivitas pembelajaran daring Menggunakan aplikasi whatsapp. Guru dan siswa dan dukungan orang tua dalam menfasilitasi anaknya dengan HP Android sehingga proses pembelajaran daring di SDN Inpres Tompudau berjalan lancar. Hal ini dibuktikan dengan semakin meningkatnya kesadaran peserta didik tentang  pentingnya pengunaan HP android dengan menggunakan aplikasi WhatsApp dalm pelaksanaan pembelajaran daring di masa pandemi covid-19 dan telah semangat belajar untuk memperoleh prestasi yang baik.

References

Alimuddun, Tawany Rahamma dan M. Nadjib. 2015. Intensitas Penggunaan E-Learning Dalam Menunjang Pembelajaran Mahasiswa Program Sarjana di Universitas Hasanuddin. (http://96461-ID-intensitas-penggunaan-e-learning-dalam-m
Daniel. 2018. Emotional Intellegence. A&C Black.
Jumiatmoko. 2016. WhatsApp Messenger dalam Tinjauan Manfaat dan Adab, STIT Madina Sragen. Jurnal Wahana Akademika Volume 3 Nomor 1, April 2016, hal. 35.
Kartika, A. R. 2018. Model pembelajaran daring. Jurnal of early childhood card & education, 27.
Kuantarto, E. 2017. Keefektifan Model Pembelajaran Daring Dalam Perkuliahan Bahasa Indonesia di Perguruan Tinggi. Jurnal Indonesian Language Education and Literature. Vol. 03, No. 102.

Moleong. 2017. Metode penelitian kualitatif. Bandung: PT Remaja Rosdakarya
Nilai-Nilai Karakter Pancasila Pada Era Disrupsi. Jurnal Putri Hijau Vol. 4 No.2, hal.145–154. Fakultas Ilmu Sosial. Universitas Negeri Medan.
Permendikbud No. 109/2013 pendidikan jarak jauh.
Ricu Sidiq. 2019. Pemanfaatan WhatsApp Group dalam Pengimplementasian
Ridwan, Sanjaya,. 2020. 21 Refleksi Pembelajaran Daring Di Masa Darurat. Semarang: Universitas Katolik Soegijapranata.
Shodiq & Zainiyati. 2020 “Pemanfaatan Media Pembelajaran E-Learning Menggunakan WhatsApp Sebagai Solusi Ditengah Penyebaran Covid-19 di MI Nurulhuda Jelu”.
Wiji Lestari. 2021. Pemanfaatan whatsapp sebagai media pembelajaran dalam jaringan masa pandemi covid-19 di kelas VI sekolah dasar
Published
2023-06-29
How to Cite
YALIDA, Abdi et al. EFEKTIVITAS PEMBELAJARAN DARING MENGGUNAKAN APLIKASI WHATSAPP DI SDN INPRES TOMPUDAU KECAMATAN TINANGKUNG KABUPATEN BANGGAI KEPULAUAN. Jurnal IKA PGSD (Ikatan Alumni PGSD) UNARS, [S.l.], v. 13, n. 1, p. 186-196, june 2023. ISSN 2656-4459. Available at: <https://unars.ac.id/ojs/index.php/pgsdunars/article/view/3094>. Date accessed: 09 july 2024. doi: https://doi.org/10.36841/pgsdunars.v13i1.3094.
Section
Articles