PENGARUH MODEL KOOPERATIF QUIZ-QUIZ TRADE BERBANTUAN MEDIA AUDIO VISUAL TERHADAP HASIL BELAJAR IPS SD

  • Erdi Guna Utama STKIP SINGKAWANG
  • Evinna Cinda Hendriana STKIP SINGKAWANG
  • Sukardi Sukardi STKIP SINGKAWANG

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh penggunaan model pembelajaran kooperatif tipe quiz-quiz trade berbantuan media audio visual terhadap hasil belajar IPS siswa kelas IV SDN 53 Singkawang. Jenis penelitian yang digunakan yaitu kuantitatif dengan metode eksperimen jenis quasi eksperimental dengan bentuk nonequivalent control group design. Populasi penelitian seluruh siswa kelas IV SDN 53 Singkawang dengan teknik pengambilan sampel berupa teknik sampel jenuh (total sampling). Penelitian ini menggunakan dua kelas yaitu kelas eksperimen yang diberi perlakuan menggunakan model pembelajaran kooperatif tipe quiz-quiz trade berbantuan media audio visual dan kelas kontrol yang menggunakan metode konvensional. Instrumen penelitian berupa lembar soal hasil belajar. Uji prasyarat yang dilakukan adalah uji normalitas dengan menggunakan rumus Chi-kuadrat dan dilakukan uji homogenitas menggunakan rumus Fisher (F) untuk melihat kesamaan varian pada kedua kelompok.  Hasil penelitian menunjukkan bahwa terdapat pengaruh hasil belajar IPS antara kelas yang diberikan perlakuan menggunakan model pembelajaran kooperatif tipe quiz-quiz trade berbantuan media audio visual dengan kelas yang menggunakan metode konvensional yang dianalisis menggunakan uji t.

References

Alif, Nur. (2019). Belajar Beladiri. Sumedang, Jawa Barat: UPI Sumedang Press.
Amali, N & Ibnu, M. (2018). Meningkatkan Penguasaan Grammar Pada Perfect Tense Melalui Teknik Quiz-Quiz Trade Pada Siswa Kelas XI SMAN 2 Semarang Tahun ajaran 2018/2019. Media Penelitian Pendidikan, 12(2), 177-189.
Anwar, Muhammad. (2018). Menjadi Guru Profesional. Jakarta: Prenadamedia Grub.
Fitri, R. A., Hanurawan, F., & Yuliati, L. (2019). Keterampilan Sosial Siswa pada Pembelajaran Kooperatif Quiz-Quiz Trade dan Peer Assessment di Sek
Habidi, H. (2017). The Implementation of Cooperative Learning Model Quiz-Quiz Trade and Inside-Outside Circle to Improve the Students’ Communicative Skill and Learning on Social Science Lesson. IOSR Journal of Humanities and Social Science, 22(4), 61–69.

Hartono. (2019). Metodologi Penelitian. Pekanbaru: Zanafa Publishing.
Jalinus, Nizwardi. (2016). Media & Sumber Belajar. Jakarta: Kencana.
Kagan, S & Kagan, M. (2009). Cooperative Learning. San Clamente: Kagan Publishing.
Karima, M. K., & Ramadhani. (2018). Permasalahan Pembelajaran IPS dan Strategi Jitu Pemecahannya. Ittihad, 2 (1), 43–53.
Mamik. (2015). Metode Kualitatif. Taman Sidoarjo: Zifatama Publisher.
Purwanto, Ngalim. (2010). Prinsip-prinsip dan Teknik Evaluasi Pengajaran. Bandung: PT Remaja Rosdakarya.
Purwaningrum, M. D., & Untari, S. (2017). Penerapan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Quiz-Quiz Trade Pada Pembelajaran Ips Sd. 796–802.
Siska, Yulia. (2016). Konsep Dasar IPS. Yogyakarta: Garudhawaca.
Sugiyono. (2018). Metode Penelitian Kuantitatif, kualitatif, dan R&D. Bandung: Alfabeta.
Suryadi, Ahmad. (2020). Teknologi dan Media Pembelajaran Jilid 2. Suka Bumi: CV Jejak, Anggota IKAPI.
Susanto, Ahmad. (2016). Pengembangan Pembelajaran IPS di Sekolah Dasar. Jakarta: Prenadamedia Group.
Syafifuddin. (2018). Inovasi Baru Kurikulum 2013 Pendidikan Agama dan Isalm dan Budi Pekerti. Yogyakarta: CV Budi Utama.
Tohardi, Ahmad. (2019). Pengantar Metodologi Penelitian Sosial Plus. Pontianak: Tanjungpura University Press.
Published
2023-06-21
How to Cite
UTAMA, Erdi Guna; HENDRIANA, Evinna Cinda; SUKARDI, Sukardi. PENGARUH MODEL KOOPERATIF QUIZ-QUIZ TRADE BERBANTUAN MEDIA AUDIO VISUAL TERHADAP HASIL BELAJAR IPS SD. Jurnal IKA PGSD (Ikatan Alumni PGSD) UNARS, [S.l.], v. 13, n. 1, p. 173-185, june 2023. ISSN 2656-4459. Available at: <https://unars.ac.id/ojs/index.php/pgsdunars/article/view/3091>. Date accessed: 07 dec. 2025. doi: https://doi.org/10.36841/pgsdunars.v13i1.3091.
Section
Articles