PENGEMBANGAN E-MODUL BERBANTU CANVA PADA MATA PELAJARAN BAHASA INDONESIA MATERI ASAL-USUL PADA KURIKULUM MERDEKA KELAS IV SEKOLAH DASAR

  • Martiya Nurni Khairita Universitas Dharmas Indonesia.
  • Ratnawati Ratnawati Universitas Dharmas Indonesia
  • Inka Febriani Universitas Dharmas Indonesia

Abstract

Pendidikan merupakan usaha sadar dan terencana untuk mewujudkan suasana belajar dan pembelajaran agar peserta didik secara aktif mengembangkan potensi dirinya untuk memiliki kekuatan sepritual keagamaan, pengendalian diri, kepribadian, kecerdasan, akhlak mulia, serta keterampilan yang di perlukan dirinya dan masyarakat. Penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan E-Modul, elektronik modul merupakan media elektronik yang bisa dibuat lebih menarik, kreatif, dan interaktif.. Penelitian ini menggunakan jenis penelitian dan pengembangan Research and Development (R&D). Model pengembangan ini terdiri dari lima tahap yaitu, analisis, desain, pengembangan, implementasi, dan evaluasi. Jenis data yang diambil data Kuantitatif dan Kualitatif. Pengembangan intrumen yang dipakai berupa instrumen validitas, praktikalitas dan efektivitas. Teknik pengumpulan data dalam penelitian ini berupa observasi, angket dan dokumentasi. Teknik analisis data berupa analisis data validitas, praktikalitas dan efektivitas. Adapun hasil validasi media memperoleh persentase 96,87% pada kategori sangat valid. Hasil validasi bahasa memperoleh persentase 87,5% pada kaegori sangat valid. Sedangkan untuk praktikalitas memperoleh persentase 94,79% pada kategori sangat praktis. Hasil analisis angket praktikalitas respon peserta didik memproleh rata-rata 84,85% pada kaegori sangat praktis. Dapat disimpulkan bahwa hasil analisis dari angket praktikalitas respon pendidik dan peserta didik memperoleh rata-rata 89,82% pada kategori sangat praktis yang berarti E-Modul mudah digunakan oleh peserta didik dan waktunya efisien. Efektifitas E-Modul pembelajaran Bahasa Indonesia materi Asal-Usul yang di dapat dari tes akhir peserta didik memperoleh 90% pada kategori sangat efektif yang berarti E-Modul dapat membantu peserta didik dalam mencapai tujuan pembelajaran.

References

Azkiya, H., Tamrin, M., Yuza, A., & Madona, S. (2022). Pengembangan E-Modul Berbasis
Nilai-Nilai Pendidikan Multikultural di Sekolah Dasar Islam. 7(2).
https://doi.org/10.25299/al-thariqah.2022.vol7(2).10851
Dikdaya, J. I. (2022). Inovasi Bahan Ajar Baca Puisi melalui Multimedia 3D Flipbook.
12(April), 77–88. https://doi.org/10.33087/dikdaya.v12i1.
Firdaus, H., Laensadi, A. M., Matvayodha, G., Siagian, F. N., & Hasanah, I. A. (2022).
Analisis Evaluasi Program Kurikulum 2013 dan Kurikulum Merdeka. Jurnal
Pendidikan Dan Konseling, 4(4), 686–692.
Ikashaum, F., Sulastri, W., & Azizah, I. N. (2022). Bahan Ajar Matematika Kontekstual :
Flipbook , Liveworksheet , Youtube Contextual Mathematics Teaching Materials :
Flipbook , Liveworksheet , Youtube. 12(November 2021), 1–10.
Ilmiah, J., Education, M., Ilmiah, J., & Education, M. (2020). Jurnal Ilmiah Mandala
Education. 6(1), 126–136.
Isnaini, K. N., Sulistiyani, D. F., Ramadhany, Z., & Putri, K. (2021). Pelatihan desain
menggunakan aplikasi canva. 5, 291–295.
Isnaini, N., Listiadi, A., & Subroto, W. T. (2022). Validitas dan Kepraktisan E-Modul
berbasis Kontekstual Mata Pelajaran OTK Sarana dan Prasarana untuk Peserta
Didik Program Keahlian Otomatisasi Tata Kelola Perkantoran. 10, 157–166.
Kala, A., Widayanti, L., & Rahayu, W. A. (2021). Edukasi Pembuatan Desain Grafis
Menarik Menggunakan Aplikasi Canva. 2(2), 91–102.
Kurniawan, W., Astalini, A., Jufrida, J., Basuki, F. R., & Kurniawan, D. A. (2021).
Pengembangan Media Pembelajaran IPA Menggunakan Software 3D Pageflip
Professional untuk Mengatasi Masalah Keterbatasan Bahan Ajar Sekolah. Jurnal
Panjar: Pengabdian Bidang Pembelajaran, 3(1), 6–13.
https://doi.org/10.15294/panjar.v3i1.52951
160| JURNAL IKA: PGSD UNARS VOL.13 NO. 1 JUNI 2023
Nilawijaya, R., Baturaja, U., & Bengkulu, U. (2022). Pengembangan Bahan Ajar Menulis
Puisi untuk Siswa di Sekolah Dasar : Sebuah Kajian Research and Development
Noermanzah Abstrak Developing Instructional Materials of Writing a Poem for
Students at Elementary School : A Study of Research and Development Abs. 392–408.
Pahlawan, U., Tambusai, T., Pristiwanti, D., Badariah, B., & Nulhakim, L. (2022). Jurnal
Pendidikan dan Konseling. 4, 10621–10625.
Pendidikan, P. (2022). Jurnal Pendidikan dan Konseling. 4, 7911–7915.
Smk, D. I., & Wajo, N. (2020). No Title.
Suryana, C., Nurwahidah, I., & Hernawan, A. H. (2022). Jurnal basicedu. 6(4), 5877–5889.
U.S, S. (2015). Arah Pendidikan di Indonesia dalam Tataran Kebijakan dan Implementasi.
Formatif: Jurnal Ilmiah Pendidikan MIPA, 2(2), 111–121.
https://doi.org/10.30998/formatif.v2i2
Published
2023-07-10
How to Cite
KHAIRITA, Martiya Nurni; RATNAWATI, Ratnawati; FEBRIANI, Inka. PENGEMBANGAN E-MODUL BERBANTU CANVA PADA MATA PELAJARAN BAHASA INDONESIA MATERI ASAL-USUL PADA KURIKULUM MERDEKA KELAS IV SEKOLAH DASAR. Jurnal IKA PGSD (Ikatan Alumni PGSD) UNARS, [S.l.], v. 13, n. 1, p. 149-160, july 2023. ISSN 2656-4459. Available at: <https://unars.ac.id/ojs/index.php/pgsdunars/article/view/3089>. Date accessed: 09 july 2024. doi: https://doi.org/10.36841/pgsdunars.v13i1.3089.
Section
Articles