SCAFFOLDING UNTUK SISWA YANG MENGALAMI KESULITAN PADA MATERI FUNGSI

  • Lukas Loghe Tanggu Universitas Wisnuwardhana Malang
  • Nia Wahyu Damayanti Universitas Wisnuwardhana Malang
  • Eko Yuniarto Universitas Wisnuwardhana Malang
  • Bambang Winarto Universitas Wisnuwardhana Malang

Abstract

Tujuan penelitian ini adalah untuk mendeskripsikan proses pemberian scaffolding terhadap siswa yang mengalami kesulitan pada materi fungsi. Jenis penelitian yang digunakan oleh peneliti adalah penelitian kualitatif deskriptif.  Subyek dalam penelitian ini adalah siswa kelas VIII  sebanyak 3 orang siswa, untuk memberikan scaffolding (bantuan) terhadap siswa yang mengalami kesulitan. Teknik Pengumpulan Data; 1) Observasi, 2) Wawancara dengan siswa, 3) Tes Dan Dokumentasi, 4) Scaffolding. Hasil penelitian menunjukan atau terindikasi siswa yang mengalami kesulitan pada materi fungsi dan melakukan proses scaffolding (bantuan) terhadap 2 butir soal pada materi fungsi yang dikerjakan siswa. Kesimpulan dari penelitian ini, yaitu berdasarkan proses pemberian scaffolding pada pembelajaran matematika pada materi fungsi kepada siswa yang terindikasi mengalami kesulitan berdasarkan hasil tes awal. Pemberian scaffolding  dilakukan dengan beberapa tahap-tahap untuk mengurangi kesulitan siswa dalam mengerjakan soal. Scaffolding yang diberikan pada level 2 ada tiga tahap yaitu tahap explaining, reviewing and restructuring. Pada tahap explaining, scaffolding yang diberikan berupa penjelasan konsep materi fungsi, apa yang diketahui dalam soal serta langkah-langkah penyelesaian. Tahap reviewing, scaffolding yang diberikan berupa meyuruh siswa membaca ulang soal atau memeriksa kembali soal dan melakukan tanya jawab serta melakukan pengecekan hasil pekerjaan siawa. Adapun tahap restructuring, scaffolding yang diberikan kepada siswa berupa mengarahkan siswa ketika melakukan kesalahan dalam menentukan apa yang diketahui dari soal dan ketika melakukan langkah penyelesaian pada materi fungsi.

References

Anghileri, Julia. 2006. Scaffolding Practices that Enhance Mathematics Learning. In Journal of Mathematics Teacher Education. Vol. 9: 33–52.
Damayanti, N. W. 2016. Praktik pemberian scaffolding oleh mahasiswa pendidikan matematika pada mata kuliah strategi belajar mengajar (sbm) matematika. Jurnal Ilmiah Fakultas Keguruan Dan Ilmu Pendidikan, 18(1), 87-97.
Kusmaryono, I., & Wijayanti, D. (2020). Tinjauan sistematis: strategis scaffolding pada pembelajaran matematika. Phenomenon: Jurnal Pendidikan MIPA, 10(1), 102-117.
Larasati, Y., & Mampouw, H. L. 2018. Pemberian scaffolding untuk menyelesaikan soal cerita materi perbandingan senilai dan berbalik nilai. Math Didactic: Jurnal Pendidikan Matematika, 4(1), 47-56.
Nur, R. 2018. Analisis Kesulitan Belajar Siswa Dalam Menyelesaikan Soal Pada Pembelajaran Matematika Di Mts Swasta Aisyiyah Sumatera Utara (Doctoral dissertation, Universitas Islam Negeri Sumatera Utara.
Nursanti, I. 2022. Penerapan Metode Scaffolding Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Matematika Siswa Kelas XI IPA-2 SMA Negeri 1 Bungkal Tahun Pelajaran 2018/2019. Jurnal Pendidikan Tambusai, 6(2), 10279-10295.
Ramadhani, F. N., Amri, M. A., & Siska, M. P. 2021. Penerapan Strategi Scaffolding terhadap Kemampuan Pemecahan Masalah Matematis Siswa Kelas VIII SMP.
Published
2023-07-08
How to Cite
TANGGU, Lukas Loghe et al. SCAFFOLDING UNTUK SISWA YANG MENGALAMI KESULITAN PADA MATERI FUNGSI. Jurnal IKA PGSD (Ikatan Alumni PGSD) UNARS, [S.l.], v. 13, n. 1, p. 135-148, july 2023. ISSN 2656-4459. Available at: <https://unars.ac.id/ojs/index.php/pgsdunars/article/view/3084>. Date accessed: 09 july 2024. doi: https://doi.org/10.36841/pgsdunars.v13i1.3084.
Section
Articles