PENGEMBANGAN MEDIA PEMBELAJARAN VIDEO INTERAKTIF UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR IPA KELAS V DI SDN 06 TIMPEH KABUPATEN DHARMASRAYA

  • Nanik Nofriyanti Universitas Dharmas Indonesia
  • Zumrotun Lutfiah Universitas Dharmas Indonesia
  • Dwi Novri Asmara Universitas Dharmas Indonesia

Abstract

Menurut (Rina Rahmawati, 2021) Pengembangan Media Pembelajaran Video Interaktif untuk Meningkatkan Belajar IPA Siswa Kelas V SD Negeri 06 Timpeh Kecamatan Timpeh Kabupaten Dharmasraya. Skripsi ini dibimbing oleh Zomrotun Lutfiah, M.A selaku pembimbing I dan Dwi Novri Asmara, M.Si selaku pembimbing II pada program Studi Pendidikan Guru Sekolah Dasar Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan Universitas Dharmas Indonesia. Pada pembelajaran IPA terdapat tema 1 subtema 1 organ gerak hewan dan manusia. Mengenai materi selama proses pembelajaran berlangsung pendidi masih kekurangan media dalam proses pembelajaran dan hanya menggunakan LKS, buku guru, dan sebagai sumber bahan ajar pendidik tidak memanfaatkan teknologi yang berkembang pada saat sekarang ini, upaya untuk mengatasi permasalahan tersebut, penelitian ini dikembangkan media video pembelajaran IPA berbasis kinemaster untuk mengatasi masalah tersebut. Tujuan penelitian ini untuk menghasilkan media video pembelajaran yang valid, praktis dan efektif. Penelitian ini merupakan penelitian pengembangan dengan menggunakan model ADDIE. Yang terdiri dari tahap (1) Tahap Analisis (Analisys) (2) Tahap Perancangan (Design) (3) Tahap Pengembangan (Development) setealah melalui tahap pengembangan dilakukan uji validasi oleh 3 orang validator dengan hasil 83,3%  (4) Tahap Implementasi (Implementation) pada tahap ini dilakukannya uji praktikalitas yang dilakukan oleh (wali kelas) dan (peserta didik) menunjukkan hasil 78,4% (5) Tahap Evaluasi (Evaluation). Berdasarkan dari prosedur ADDIE yang digunakan dalam penelitian diatas dapat disimpulkan bahwa media video pembelajaran yang telah dikembangkan oleh peneliti layak untuk digunakan, karena telah memenuhi kriteria valid, praktis dan efektif.

References

Sukiman. (2012). “Penggunaan Media Audio Visual Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Pada Materi Hubungan Antar Makhluk Hidup”. Jurnal Pena Ilmiah. Vol. 1. No. 1
Sudjana. (2010). “Penggunaan Multimedia Interaktif Guna Menciptakan Pembelajaran yang Inovatif di Sekolah”. Jurnal Ilmu Sosial Fakultas ISIPOL UMA. Vol. 4. No. 1.
Arsyad. (2013). “Pengembangan Multimedia Interaktif pada Pembelajaran Materi keunggulan video pembelajran Untuk Meningkatkan Kemampuan Berpikir Kritis” Jurnal Review Pendidikan Dasar. Vol.4. No. 3
Prastowo.(2014). ”Pengembangan Media Pembelajaran Berbasis Multimedia Interaktif Untuk Guru IPA Di Sekolah Menengah Pertama”. Jurnal Pendidikan Informatika dan Sains. Vol. 8. No. 1.
Syah. (2014). “Pengembangan Media Pembelajaran Berbasis Multimedia Interaktif pada Mata Pelajaran Biologi”, Jurnal Teknologi Informasi dan Komunikasi dalam Pendidikan, Vol.5, No.1.
Sugiyno. (2010). Implementasi Model ADDIE Pada Education Game Pembelajaran Bahasa Inggris (Studi Kasus Pada SMP Negeri 8 Pagaralam). Jurnal Ilmiah Betrik. Vol. 9. No. 3
Akbar. (2013). Strategi Pembelajaran : Mengorganisasikan isi dengan Model Elaborasi. Malang : IKIP Malang dan IPTPI.
Mendikbud. (2014). Pengembangan Paket Bahan Ajar. Jakarta: Depdikbud. Ditjen dikti.Proyek Pembinaan Tenaga Pendidikan.
Trianto. (2015). Pengembangan Media Pembelajaran Power Point Interaktif Melalui Pendekatan Saintifik untuk Pembelajaran Tematik Integratif Siswa Kelas V. Jurnal Pendidikan dan Kebudayaan,6 (1),30.
Published
2023-06-30
How to Cite
NOFRIYANTI, Nanik; LUTFIAH, Zumrotun; ASMARA, Dwi Novri. PENGEMBANGAN MEDIA PEMBELAJARAN VIDEO INTERAKTIF UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR IPA KELAS V DI SDN 06 TIMPEH KABUPATEN DHARMASRAYA. Jurnal IKA PGSD (Ikatan Alumni PGSD) UNARS, [S.l.], v. 13, n. 1, p. 99-104, june 2023. ISSN 2656-4459. Available at: <https://unars.ac.id/ojs/index.php/pgsdunars/article/view/3065>. Date accessed: 09 july 2024. doi: https://doi.org/10.36841/pgsdunars.v13i1.3065.
Section
Articles