PENGARUH MEDIA TRADISIONAL PROJECT BASED LEARNING TERHADAP KEMAMPUAN BERPIKIR KREATIF SISWA SEKOLAH DASAR BERBASIS TEORI PENDIDIKAN JOHN DEWEY

  • Riska Putri Taupik Universitas Negeri Padang
  • Desyandri Desyandri Universitas Negeri Padang
  • Irdamurni Irdamurni Universitas Negeri Padang

Abstract

Penelitian didasarkan pada rendahnya kreatifitas siswa Sekolah Dasar dalam mengikuti pembelajaran terkhususnya pada IPA. Menurut John Dewey progresivisme merupakan sebuah aliran filsafat yang berorientasi ke depan yang memposisikan manusia (peserta didik) sebagai salah satu subjek pendidikan yang memiliki bekal dan potensi dalam pengembangan dirinya dan memiliki kemampuan untuk memecahkan berbagai persoalan yang dihadapi. Dengan demikian, penelitian ini dilakukan dengan tujuan untuk mengetahui pengaruh penggunaan media pembelajaran tradisional berbasis model pembelajaran Project Based Learning terhadap kreatifitas siswa sekolah dasar di SDN 03 Koto Salak. Jenis penelitian ini adalah penelitian kuantitatif yang berbentuk Quasy Eksperiment Design. Populasi riset ini terdiri atas lima sekolah di gugus II Koto Salak dan sampel penelitian dipilih dengan teknis random sampling setelah data dipastikan normal dan homogen. Penelitian ini dilakukan di SDN 03 Koto Salak dengan pembagian kelas B sebagai kelas eksperimen dan kelas C sebagai kelas kontol, yang masing-masingnya berjumlah 19 orang siswa. Teknik analisis data yang digunakan dalam riset ini adalah uji normalitas, uji homogenitas, dan dilanjutkan dengan uji-t untuk pengujian hipotesis. Rata-rata pretest untuk kelompok eksperimen adalah 49,84 dan post test setelah pemberikan perlakuan sebesar 82,63. Sedangkan untuk kelas kontrol didapatkan nilai pre test 53,21 dan besaran post test adalah 71,1. Selanjutnya dilakukan uji-t diperoleh nilai thitung > ttebel,  yaitu 3,842 > 2,028, sehingga H1 diterima. Maka dapat disimpulkan terdapat pengaruh positif yang signifikan penggunaan model pembelajaran Project Based Learning berbantuan media tradisional terhadap hasil belajar IPA siswa sekolah dasar.

References

Fauza, R., & Fitria, Y. (2020). Pengaruh Model Pembelajaran Problem Based Learning Terhadap Kemampuan Berpikir Kritis di Sekolah Dasar. Jurnal Pendidikan Tambusai, 4(3), 2685–2692.
Fitria, Y. (2018). Perubahan Belajar Sains Siswa Sekolah Dasar Pada Pembelajaran Terintegrasi (Terpadu) Melalui Model Discovery Learning. Jurnal Inovasi Pendidikan Dan Pembelajaran Sekolah Dasar, 2(2), 52. https://doi.org/10.24036/jippsd.v2i2.102705
Indra, W., & Fitria, Y. (2021). Pengembangan Media Games IPA Edukatif Berbantuan Aplikasi Appsgeyser Berbasis Model PBL untuk Meningkatkan Karakter Peduli Lingkungan Siswa Sekolah Dasar. 9(1), 59–66. https://doi.org/10.25273/jems.v9i1.8654
Rochmania, D. D., & Restian, A. (2022). Pengaruh Penggunaan Media Belajar Video Animasi Terhadap Proses Berfikir Kreatif Siswa Sekolah Dasar. Jurnal Basicedu, 6(3), 3435–3444. https://doi.org/10.31004/basicedu.v6i3.2578
Sari, D. P., Hidayati, A., Fitria, Y., & Mudjiran, M. (2019). Effect of Pjbl Model and Preliminary Knowledge on Critical Thinking Skills of Grade Iv Students of Kartika Elementary School 1-11 Kota Padang. International Journal of Educational Dynamics, 1(1), 205–210. https://doi.org/10.24036/ijeds.v1i1.56
Siswono, T. Y. E. (2005). Upaya meningkatkan kemampuan berpikir kreatif siswa melalui pengajuan masalah. Jurnal terakreditasi “Jurnal Pendidikan Matematika dan Sains.” “Jurnal Pendidikan Matematika Dan Sains” FMIPA Universitas Negeri Yogyakarta., Tahun X, N(ISSN 1410-1866), 1–9. https://d1wqtxts1xzle7.cloudfront.net/31423532/paper05_problemposing-with-cover-page-v2.pdf?Expires=1632886327&Signature=Cfq5ufEa1~VMtjNiD8JCnZDup-eQOrZF4fDAcxRAdFv6OZTi3PsaVG~CbnjHPfVIZr79vheKjQrwH2X~TeuCVdZJJ5YkTD0XBnSA3tAQhDN5pzFC76frJDlWb1dkcfAUVdoIg3
Taupik, R. P., & Fitria, Y. (2021). Pengaruh Model Pembelajaran Project Based Learning terhadap Pencapaian Hasil Belajar IPA Siswa Sekolah Dasar. Jurnal Basicedu, 5(3), 1525–1531. https://doi.org/10.31004/basicedu.v5i3.958
Wanelly, W., & Fitria, Y. (2019). Pengaruh Model Pembelajaran Integrated Dan Keterampilan Berpikir Kritis Terhadap Hasil Belajar Ipa. Jurnal Basicedu, 3(1), 180–186. https://doi.org/10.31004/basicedu.v3i1.99
Yofamella, D., & Taufik, T. (2020). PENERAPAN MODEL INQUIRY LEARNING DALAM DI KELAS III SEKOLAH DASAR ( STUDI LITERATUR ). 8, 159–172.
Published
2023-06-30
How to Cite
TAUPIK, Riska Putri; DESYANDRI, Desyandri; IRDAMURNI, Irdamurni. PENGARUH MEDIA TRADISIONAL PROJECT BASED LEARNING TERHADAP KEMAMPUAN BERPIKIR KREATIF SISWA SEKOLAH DASAR BERBASIS TEORI PENDIDIKAN JOHN DEWEY. Jurnal IKA PGSD (Ikatan Alumni PGSD) UNARS, [S.l.], v. 13, n. 1, p. 91-98, june 2023. ISSN 2656-4459. Available at: <https://unars.ac.id/ojs/index.php/pgsdunars/article/view/3064>. Date accessed: 09 july 2024. doi: https://doi.org/10.36841/pgsdunars.v13i1.3064.
Section
Articles