UPAYA MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA KELAS III SD NEGERI 1 KLATAKAN KECAMATAN KENDIT KABUPATEN SITUBONDO DALAM MATERI PECAHAN MELALUI BANTUAN ALAT PERAGA BENDA KONKRET
Abstract
Nilai ulangan harian untuk pokok bahasan pecahan belum memenuhi syarat untuk dikatakan tuntas belajar. Respon siswa kurang baik terhadap pokok bahasan pecahan, akibatnya hasil tes formatif maupun hasil tes sumatif rendah. Sehingga perlu upaya untuk meningkatkan hasil belajar siswa. Tujuan penelitian ini adalah untuk meningkatkan hasil belajar pada siswa kelas III semester I SD 1 Klatakan Kecamatan Kendit Kabupaten Situbondo khususnya dalam materi pecahan melalui bantuan alat peraga benda konkret, agar nilai yang dihasilkan dapat memenuhi syarat ketuntasan belajar. Metode dalam penelitian ini adalah metode penelitian kelas yang terdiri dari tiga siklus, tiap siklus meliputi: perencanaan, pelaksanaan, pengamatan, dan refleksi. Adapun yang menjadi subjek penelitian adalah siswa kelas III SD Negeri 1 Klatakan semester I Kecamatan Kendit Kabupaten Situbondo tahun pelajaran 2021/2022 terdiri dari 24 siswa, diantaranya 13 siswa laki-laki dan 11 siswa perempuan. Hasil penelitian adalah sebagai berikut: Pada siklus I siswa yang tuntas belajar sejumlah 14 siswa (58,3 %) dan yang tidak tuntas belajar sejumlah 10 siswa (41,7 %) dengan nilai rata-rata kelas 6,2 dan daya serap 61,7 %. Hasil pada siklus II siswa yang tuntas belajar sejumlah 17 siswa (70,8 %) dan yang tidak tuntas belajar sejumlah 7 siswa (29,2 %) dengan nilai rata-rata kelas 7,3 dan daya serap 73,3 %. Sedangkan hasil pada siklus III jumlah siswa yang tuntas belajar 21 siswa (87,5 %) dan yang tidak tuntas belajar sejumlah 3 (12,5 %) siswa dengan nilai rata-rata kelas 8,8 dengan daya serap 87,9%.
References
Alwi, Hasan, dkk. 2021. Kamus Besar Bahasa Indonesia. Jakarta: Balai Pustaka Depdikbud. 1994. Kurikulum Pendidikan Dasar. Jakarta: Depdikbud.
Depdikbud. 2000. Pedoman Pembuatan dan Penggunaan Alat Peraga/Praktik Sederhana Mata Pelajaran matematika Untuk Sekolah Dasar. Bandung: CV. Tidar.
Long, Lynette. 2001. Fabulous Fractions. Canada: John Wiley & Sons,Inc. Nasution. 1982. Didaktik Asas-asas Mengajar. Bandung: Janmer.
Sudjana, Nana. 1989. CBSA Dalam Proses Belajar Mengajar. Bandung: Sinar Baru.
Sugiarto. 2021. Matematika Sekolah II. Semarang: FMIPA Universitas Negeri Semarang.
Sugiarto dan Isti Hidayah. 2004. Workshop Pendidikan Matematika. Semarang: FMIPA Universitas Negeri Semarang.
Sukahar dan dwi Juniati. 2004. Matematika 3. Jakarta: Balai Pustaka.
Suyitno, Amin. 2004. Matematika Sekolah I. Semarang: FMIPA Universitas Negeri Semarang.
Suyitno, Amin. 2021. Pendidikan Matematika I. Semarang: FMIPA Universitas Negeri Semarang.