PENGEMBANGAN MEDIA MONOSA (MONOPOLI BAHASA) PEMBELAJARAN BAHASA INDONESIA MATERI LIHAT SEKITAR KELAS IV SEKOLAH DASAR

  • Lika Apreasta Universitas Dharmas Indonesia
  • Wiwik Okta Susilawati Universitas Dharmas Indonesia
  • Rima Nopiyanti Universitas Dharmas Indonesia

Abstract

Penelitian ini dilatar belakangi oleh kemampuan peserta didik yang masih dibawah rata-rata, kemudian minimnya penggunaan media pembelajaran yang digunakan oleh guru saat proses pembelajaran. Maka perlu dikembangkan sebuah media pembelajaran yang mampu meningkatkan hasil belajar peserta didik dan sesuai dengan karakteristik peserta didik, salah satunya media monosa (monopoli bahasa) pembelajaran bahasa indonesia. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui validitas, praktikalitas dan efektifitas media monosa pembelajaran bahasa indonesia pada materi lihat sekitar di kelas IV SD N 095/VIII Karang Dadi dan menghasilkan media monosa yang sesuai dengan kebutuhan peserta didik. Penelitian ini menggunakan model ADDIE yang memiliki lima tahap pengembangan yaitu: Tahap pertama adalah tahap Analyze, pada tahap ini dilakukan dengan menganalisis pengembangan tersebut. Kedua adalah tahap Design, pada tahap ini dilakukan dengan merancang suatu produk yang akan dikembangkan. Ketiga adalah tahap Development, yaitu tahap yang bertujuan untuk menghasilkan produk yang telah dirancang sebelumnya. Keempat adalah tahap Implementation, pada tahap ini dilakukan dengan mengimplementasikan produk yang dikembangkan. Terakhir adalah tahap Evaluation, pada tahap ini dilakukan dengan mengevaluasi produk yang telah dikembangkan. Hasil penelitian media monosa pada uji validasi oleh tiga validator menghasilkan validitas dengan rata-rata 88,51% dikategorikan sangat valid, sehingga media layak digunakan dalam proses pembelajaran, uji praktikalitas oleh guru dan peserta didik menghasilkan praktikalitas dengan rata-rata 87,5% dikategorikan sangat praktis dari segi penggunaan media, uji efektifitas berdasarkan hasil tes soal oleh 15 peserta didik menghasilakan rata-rata 74% dikategorikan efektif membantu peserta didik mencapai tujuan pembelajaran.

References

Angrayni, A. (2019). Problematika pendidikan di Indonesia. Fakultas Ushuluddin Dan Dakwah IAIN Ambon |2, 1–10. https://core.ac.uk/download/pdf/229361428.pdf
Cahyadi, R. A. H. (2019). Pengembangan Bahan Ajar Berbasis Addie Model. Halaqa: Islamic Education Journal, 3(1), 35–42. https://doi.org/10.21070/halaqa.v3i1.2124
Harlina; Wardarita, R. (2020). PERAN PEMBELAJARAN BAHASA DALAM PEMBENTUKAN KARAKTER SISWA SEKOLAH DASAR Harlina 1) Ratu Wardarita 2) 1). Jurnal Bindo Sastra, 4(1), 63–68. http://jurnal.um-palembang.ac.id/index.php/bisastra/index
Hidayat, F., & Nizar, M. (2021). Model Addie (Analysis, Design, Development, Implementation and Evaluation) Dalam Pembelajaran Pendidikan Agama Islam. Jurnal Inovasi Pendidikan Agama Islam (JIPAI), 1(1), 28–38. https://doi.org/10.15575/jipai.v1i1.11042
Khoirurrijal; Fadriati; Sofia; Makrufi, Anisa Dwi; Gandi, Sunaryo; Muin, Abdul ; Fakhrudin, T., & Suprapno, A. H. (2022). PENGEMBANGAN KURIKULUM MERDEKA (1st ed.). CV. Literasi Nusantara Abadi. www.penerbitlitnus.co.id
Masnarati, C. (2020). Penerapan Permainan Monopoli Dengan Pembelajaran IPS Pada Peserta Didik di Sekolah Dasar. Jurnal Edukasi Nonformal, 53(9), 1689–1699.
Nurhayati, Egok, A. S., & Aswarliansyah. (2022). Penerapan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe TGT pada Pembelajaran IPA Sekolah Dasar. Basicedu, 6(5), 9118. https://doi.org/10.31004/basicedu.v6i5.3430
Rosdiana, R. (2018). Pengembangan Media Pembelajaran Berbasis Komputer. Al-Khwarizmi: Jurnal Pendidikan Matematika Dan Ilmu Pengetahuan Alam, 1(2), 87–100. https://doi.org/10.24256/jpmipa.v1i2.95
Safitri, A., Rusmiati, M. N., Fauziyyah, H., & Prihantini. (2022). Pentingnya Memahami Karakteristik Peserta Didik Sekolah Dasar untuk Meningkatkan Efektivitas Belajar dalam Mata Pelajaran Bahasa Indonesia. Jurnal Pendidikan Tambusai, 6(2), 9333–9339.
Silalahi, W. (2017). Meningkatkan Motivasi Belajar Bahasa Indonesia Dengan Menggunakan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Tgt (Teams Games Tournament) Pada Siswa Kelas Iv Sd Negeri 106815. Elementary School Journal Pgsd Fip Unimed, 7(4), 512–519. https://doi.org/10.24114/esjpgsd.v7i4.10319
Suciati, S., Septiana, I., & Untari, M. F. A. (2015). Penerapan Media Monosa (Monopoli Bahasa) Berbasis Kemandirian Dalam Pembelajaran Di Sekolah Dasar. Mimbar Sekolah Dasar, 2(2), 175–188. https://doi.org/10.17509/mimbar-sd.v2i2.1328
Suryabi, C. L. (2015). Perancangan Media Pembelajaran Interaktif Tentang Sikap Tubuh Yang Benar. Jurnal DKV Adiwarna, 1(0), 11.
Suryani, I. R. (2019). Pengembangan Bahan Ajar Menulis Naskah Drama Berbasis Pendekatan Kontekstual di FKIP Universitas Jambi. Pena : Jurnal Pendidikan Bahasa Dan Sastra, 8(1), 80–92. https://doi.org/10.22437/pena.v8i1.6565
Published
2023-06-27
How to Cite
APREASTA, Lika; SUSILAWATI, Wiwik Okta; NOPIYANTI, Rima. PENGEMBANGAN MEDIA MONOSA (MONOPOLI BAHASA) PEMBELAJARAN BAHASA INDONESIA MATERI LIHAT SEKITAR KELAS IV SEKOLAH DASAR. Jurnal IKA PGSD (Ikatan Alumni PGSD) UNARS, [S.l.], v. 13, n. 1, p. 59-69, june 2023. ISSN 2656-4459. Available at: <https://unars.ac.id/ojs/index.php/pgsdunars/article/view/3059>. Date accessed: 22 dec. 2024. doi: https://doi.org/10.36841/pgsdunars.v13i1.3059.
Section
Articles