PENGEMBANGAN PERMAINAN EDUKATIF PAPAN PINTAR PADA KEMAMPUAN BAHASA ANAK USIA DINI DI TK AISYIYAH 01 KOTO BARU

  • Amar Salahuddin Universitas Dharmas Indonesia
  • Agus Saputra Universitas Dharmas Indonesia
  • Rika Gustina Universitas Dharmas Indonesia

Abstract

Penelitian ini di latar belakangi pentingnya pengembangan media pembelajaran yang menimbulkan perasaan senang pada siswa saat proses pembelajaran ,kemudian dapat meningkatkan kemampuan Bahasa siswa. Selain itu di perlukan untuk meendukung perkembanbanagn Bahasa anak usia dini .tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui ketepatan permainan edukatif pada kemampuan bahasa anak di TK Aisyiyah 01 yang valid, praktis, dan efektif. Jenis penelitian adalah penelitian pengembangan (research and development ).model pengembangan yang di gunakan adalah model pengembangan plom yangf terdiri dari tahap-tahap penelitain pendahuluan (preliminary research), Tahap prototipe (prototyping phase), Tahap penilaian (assesment phase).untuk mengetahui hasil penelitian media pembelajaran yang di kembangkan ,di lakukan penilaian menggunakan lembar validasi,praktikalitas dan efektivitas. Hasil penilaian ketepatan media pembelajaran papan pintar tema binatang untuk mendukung perkembangan Bahasa anak usia dini yang di lakukan oleh dua orang ahli mempunyai skor rata-rata 87,81% dengan kategori sangat valid.hasil penelitian keterlaksaan media pembelajaran papan pintar tema bintang untuk mendukung perkembangan Bahasa anak usia dini yang di nilai oleh guru kelas mempunyai skor 100% dengan kategori sangat praktis. hasil belajar siswa setelah menggunakan media pembelajaran papan pintar tema binatang  untuk mendukung perkemban

References

Ariesta, Riany. 2009. Permainan Edukatif Lingkungan Sekitar. Bandung: PT Sandriata Sukses.
Guslinda dan Rita Kurnia. 2018. Media Pembelajaran Anak Usia Dini. Surabaya: Jakad Publishing.
Hamzah, Amir. 2019. Metode Penelitian dan Pengembangan (Research & Development) Uji Produk Kualitatif dan Kuantitatif Proses dan Hasil Dilengkapi Contoh Proposal Pengembangan Desain Uji Kualitatif dan Kuantitatif. Malang: Literasi Nusantara.
Hasanah, Uswatun. 2019. Penggunaan Alat Permainan Edukatif (APE) Pada Taman Kanak-Kanak di Kota Metro Lampung. Jurnal Pendidikan Anak, (online), Vol. 5, No. 1, (www. Syekhnurjati.ac.id/jurnal/index.php/awlady, diakses 30 Maret 2019).
Huliyah, Muhiyatul. 2016. Hakikat pendidikan anak usia dini jalur pendidikan informal. Jurnal Pendidikan Guru Raudlatul Athfal, (online), Vol. 1, No. 1, (http://www.jurnal.uinbanten.ac.id/index.php/assibyan/article/view/193, diakses 25 Januari 2017).
Immawan, Muhammad Arif. 2016. Alat Permainan Edukatif Out Door yang Diguanakan Mengembangkan Motorik Kasar. Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, , (online), Vol. 8, No. 5, (http://www.jurnalanakusiadini.ac.id/ index.php/article/view/223)
Khairi, Husnuzziadatul. 2018. Karakteristik Perkembangan Anak Usia Dini Dari 0-6 Tahun. Jurnal Warna, (online), Vol. 2, No. 2, (https://ejournal.iaiig. ac.id, diakses 2018).
Khoilullah, dkk. 2020. Perkembangan Bahasa Anak Usia Dini. Jurnal Penelitian Sosial dan Keagamaan, (online), Vol. 10, No.1, (www.ejournal.annadhawahkualatungkal.ac.id, diakses Juni 2020).
Kurniawan, Heru dan Kasmiati. 2020. Pengembangan Bahasa Anak Usia Dini. Purwokerto: RKWK.
Madyawati, Lilis. 2017. Strategi Pengembangan Bahasa Pada Anak. Jakarta: Prenada Media Group.
Mulyasa. 2017. Strategi Pembelajaran PAUD. Bandung: PT Rosdakarya.
Noermanzah. 2019. Bahasa Sebagai Alat Komunikasi, Citra Pikiran, dan Kepribadian. Prosiding Seminar Nasional Bulan Bahasa ( Semiba). (online), (https;//ejournal.unib.ac.id/index.php/semiba).
Plomp, Tjeer, dkk. 2013. Educational Design Reserch. Netherlands: Netherlands Institute For Culiculum Development.
Riduwan. 2015. Belajar Mudah Penelitian Untuk Guru Karyawan dan Peneliti Pemula. Bandung: Alfabeta.
Robingatin dan Ulfah, Zakiyah. 2019. Pengembangan Bahasa Anak Usia Dini. Yogyakarta: Ar-Ruzz Media.
Salahuddin, Amar, dkk. 2023. Pengembangan Media Pembelajaran Audio Visual Berbasis Nilai Karakter Peserta Didik Muatan Bahasa Indonesia. Jurnal Pendidikan dan Konseling, Vol. 5, No. 1.
Sari, Septiana Fika. 2016. Pengembangan Bahasa Anak Usia Dini Dalam Memahami Cerita Pendek. Jurnal Program Studi PGRA, Vol.02, No.02.
Sofyan, Hendra. 2014. Perkembangan Anak Usia Dini dan Cara Praktis Peningkatannya. Jakarta: Infomedika.
Published
2023-06-25
How to Cite
SALAHUDDIN, Amar; SAPUTRA, Agus; GUSTINA, Rika. PENGEMBANGAN PERMAINAN EDUKATIF PAPAN PINTAR PADA KEMAMPUAN BAHASA ANAK USIA DINI DI TK AISYIYAH 01 KOTO BARU. Jurnal IKA PGSD (Ikatan Alumni PGSD) UNARS, [S.l.], v. 13, n. 1, p. 44-50, june 2023. ISSN 2656-4459. Available at: <https://unars.ac.id/ojs/index.php/pgsdunars/article/view/3050>. Date accessed: 09 july 2024. doi: https://doi.org/10.36841/pgsdunars.v13i1.3050.
Section
Articles