PENGEMBANGAN MEDIA PEMBELAJARAN MENGGUNAKAN GOOGLE SITES PADA MATA PELAJARAN IPA DIKELAS IV SDN 149/VIII MUARA TEBO KABUPATEN TEBO
Abstract
Penelitian ini dilatar belakangi oleh rendahnya nilai IPA siswa kemudian media pembelajaran yang digunakan sebelumnya menggunakan buku tematik dalam proses pembelajaran khususnya materi criteria makananku sehat dan bergizi. Untuk itu perlu adanya suatu pembenahan dalam proses pembelajaran kepada siswa untuk meningkatkan hasil belajar yaitu dengan menggunakan suatu media dalam mengajar. Sehingga membuat siswa aktif dan interaktif dalam mengikuti proses pembelajaran yang sedang berlangsung. penelitian ini menggunakan model ADDIE. model ADDIE ini memiliki lima tahap pengembangan yaitu: Analyze, Design, Development, Implementation, Evaluation. Tahap pertama adalah tahap Analyze, pada tahap ini yang dilakukan adalah menganalisis perlunya dilakukan pengembangan tersebut. Selanjutnya adalah tahap Design, pada tahap ini yang dilakukan adalah marancang suatu produk yang akan dikembangkan. Selanjtnya adalah tahap Development, yaitu tahapan yang bertujuan untuk menghasikan produk yang dirancang sebelumnya. Selajutnya adalah tahap Implementation, pada tahap ini adalah mengimplementasikan produk yang dikembangkan, terakhir adalah tahap Evaluation, pada tahap ini yang dilakukan adalah mengevaluasi produk yang telah dikembangkan. Hasil penilaian media pembelajaran Google Sites pada uji validasi oleh tiga validator menghasilkan nilai rata-rata 90,6 dikategorikan sangat valid dan media pembelajaran Google Sites layak untuk dugunakan dalam proses pembelajaran.uji praktikalitas oleh guru dengan persentase 89,1 dikategorikan sangat praktis dari segi penggunaan mudah dan dari segi waktu sangat efisien. Uji praktikalitas dari 24 orang siswa yang mengikuti pembelajaran menggunakan media yang dikembangkan pada materi 1 dinyatakan 87,5% tuntas materi 2 dinyatakan 87,5% tuntas dan materi 3 didapatkan 91,6% tuntas.dikategorikan sangat praktis dari segi penggunaan mudah dan dari segi waktu sangat efisien. Dikategorikan sangat efektif.
References
Asmara, A. P. (2015). Pengembangan Media pemAyu, N. rafika, Arthur, R., & Neolaka, A. (2019). Pengembangan Media Pembelajaran Berbasis Komik pada Konstruksi Bangunan 1. Jurnal penSil, 8(1), 40-46. https:// doi.org/10.21009/jpensil.v8i1.10628belajaran Berbasis Audio Visual Tenta. Anjar Purba Asmara, 15(2), 156-178.
Aghni, R. I. (2018). Fungsi Dan Jenis Media Pembelajaran Dalam Pembelajaran Akuntansi. Jurnal Pendidikan Akuntansi Indonesia, 16(1). https://doi.org/10.21831/jpai.v16i1.20173
brier,j., & Lia Dwi Jayanti.(2020) No 21(1), 1-9. https://journal.um-surabaya.ac.id/index.php/JKM/article/view/2023
Cahyadi, R. A. H. (2019). Pengembangan Bahan Ajar Berbasis Addie Model. Halaqa: Islamic Education Journal, 3(1), 35–42. https://doi.org/10.21070/halaqa.v3i1.2124
Cahyo Nugroho, M. K., & Hendrastomo, G. (2021). Pengembangan Media Pembelajaran Berbasis Google Sites Pada Mata Pelajasan Sosiologi Kelas X. Jurnal Pendidikan Sosiologi Dan Humaniora, 12(2), 59. https://doi.org/10.26418/j-psh.v12i2.48934
Dukungan, H., Terhadap, K., pasien, M., & stroke, P. (2022). Jurnal Pendidikan dan konseling. 4 (Mi), 1707-1715.
Ekayani, P. (2017). (2017). Pentingnya Penggunaan Media. March. https://www.researchgate.net/publication/315105651
Festiawan, R. (2020). Belajar dan pendekatan pembelajaran. Jurnal K, 1-17.
Friska, S. Y., Amanda, M. T., Novitasari, A., & Prananda, G. (2021). Pengaruh Video Animasi Terhadap Hasil Belajar Siswa Muatan Pembelajaran IPAKelas IV Di SD Negeri 08 Sungai Rumbai. PENDIPA Journal of Science Education, 6(1), 250–255. https://doi.org/10.33369/pendipa.6.1.250-255
Hanafy, M. S. (2014). Konsep dan Pembelajaran. Lentera Pendidikan, 17(1), 66–79. http://103.55.216.55/index.php/lentera_pendidikan/article/viewFile/516/491
Ihsan, H. (2015). Metode Penelitian Hukum, (Jakarta: Rineka Cipta, 1996) hlm.19. Validitas Isi Alat Uukur Penelitian: Konsep Dan Panduan Penilaiannya, 173–179.
Kasus, S., Fathimaturridha, A., Tembung, M., & Irfan, M. (2020). Penggunaan Media Pembelajaran Terhadap Motivasi Belajar Anak Usia Dini Selama
Masa Pandemi Corona Virus Disease 2019. Edu Riligia, 4(2), 150–158. http://jurnal.uinsu.ac.id/index.php/eduriligia/article/view/8181
Maskar, S., & Dewi, P.S. (2020). Praktikalitas dan Efektifitas Bahan Ajar Kalkulus Berbasis Daring Berbantu Geogebra. jurnal cendikia : jurnal pendidikan Matematika, 4(2), 888-889. https://doi.org/10.31004/cendikia.v4i2.326
Metode, P., Terhadap, D., Belajar, H., Pada, S., Ipa, M., & Iv, K. (2021). INNOVATIVE : Volume 1 Nomor 2 Tahun 2021 Research & Learning in Primary Education Sdn 07 Sitiung Kabupaten Dharmasraya. 1, 113–115.
Muakhirin, B. (2020). Peningkatan Hasil Belajar Ipa Melalui Pendekatan Pembelajaran Inkuiri Pada Siswa Sd. Jurnal Ilmiah Guru “COPE,†01, 51–55. https://journal.uny.ac.id/index.php/cope/article/viewFile/2933/2453
Patmawati, N. (2021). Pengaruh Media Papan Rantai Makanan (RAMA) Terhadap Hasil Belajar Siswa Kelas 5 Subtema 2 Pembelajaran 1 di SDN 2 Langko. Skripsi Pendidikan Guru Sekolah Dasar Fakultas Keguruan Dan Ilmu Pendidikan Universitas Muhammadiyah Mataram, 14.
Pratama, E. K. (2020). Efektivitas Penggunaan Media Terrarium Dunia Terhadap Perkembangan Kognitif Anak Usia 4-5 Tahun Di TK Islam Al Huda Manyaran Wonogiri Tahun Pelajaran 2020. Jurnal Ilmiah Teknologi Informasi Asia, 14(1), 69.
Pohan, S. A., & Dafit, F. (2021). Pelaksanaan Pembelajaran Kurikulum 2013 di Sekolah Dasar. Jurnal Basicedu, 5(3), 1191-1197. https://doi.org/10.31004
Rahman, A., Munandar, S. A., Fitriani, A., Karlina, Y., & Yumriani. (2022). Pengertian Pendidikan, Ilmu Pendidikan dan Unsur-Unsur Pendidikan. Al Urwatul Wutsqa: Kajian Pendidikan Islam, 2(1), 1–8.
Rahmawati, M., & Suryadi, E. (2019). Guru sebagai fasilitator dan efektivitas belajar siswa. Jurnal Pendidikan Manajemen Perkantoran, 4(1), 49. https://doi.org/10.17509/jpm.v4i1.14954
Septianti Nevi. (2020). Pentingnya memahami karakteristik siswa sekolah dasar di sdn cikokol 2 (Vol. 2).
Sugiyono. (2018). Metode Penelitian. Alfabeta.
Volkers, M. (2019). No TitleΕΛΕÎΗ. Αγαη, 8(5), 55.
Widiana, I. W. (2016). Pengembangan Asesmen Proyek Dalam Pembelajaran Ipa Di Sekolah Dasar. JPI (Jurnal Pendidikan Indonesia), 5(2), 147. https://doi.org/10.23887/jpi-undiksha.v5i2.8154











