PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN MIND MAPPING TERHADAP HASIL BELAJAR MATEMATIKA PADA MATERI BANGUN DATAR KELAS IV SDN 09 SITIUNG

  • Muhammad Subhan Universitas Dharmas Indonesia
  • Ainun Mahmuda Universitas Dharmas Indonesia
  • Eka Filahanasari Universitas Dharmas Indonesia

Abstract

Tujuan dari penelitian ini adalah untuk dapat mengetahui pengaruh dari model pembelajaran mind mapping terhadap hasil belajar matematika siswa kelas IV khususnya pada materi bangun datar. Permasalahan yang melatarbelakangi dalam penelitian ini adalah rendahnya hasil belajar matematika kelas IV SDN 09 Sitiung. Upaya dalam mengatasi permasalahan tersebut yaitu dengan menerapkan model pembelajaran mind mapping pada pada mata pelajaran matematika dengan materi bangun datar. Pada penelitian ini menggunakan jenis Pre-Experimental design dengan desain penelitian yaitu One-Grup-Pretest-Posttest Design. Populasi pada penelitian ini adalah seluruh siswa kelas IV SDN 09 Sitiung dengan jumlah 8 siswa. Hasil datar observasi dihitung dan dibandingkan berdasarkan kriteria dengan uji normalitas dan uji hipotesis menggunakan aplikasi SPSS 20 pada taraf 0,05. Berdasarkan hasil uji hipotesis dari uji Nonparametric diperoleh hasil signifikan sebesar 0,12. Karena nilai signifikan yang di dapatkan 0,12<0,05 maka hasil uji Nonparametrik dapat disimpulkan bahwa H₀ ditolak dan Hₐ diterima, maka peneliti dapat menyimpulkan terdapat pengaruh yang signifikan terhadap penerapan model pembalajaran mind mapping terhadap hasil belajar matematika pada materi bangun datar kelas IV SDN 09 Sitiung.

References

DAFTAR RUJUKAN
Annisa, F. (2019). Penerapan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Index Card Match Terhadap Aktivitas Dan Hasil Belajar Matematika. Jurnal Basicesu 3(4), 1047–1054.
Asrin, A. (2022). Metode Penelitian Eksperimen. Jurnal Maqasasiduna : Ilmu Humaniora, Pendidikan & Ilmu Sosial 1.
Khoerunnisa, P., & Aqwal, S. M. (2020). Analisis Model-Model Pembelajaran. Jurnal Pendidikan Dasar 4, 1–27.
Pane, A. (2017). Belajar Dan Pembelajaran . Jurnal Kajian Ilmu-ilmu keislaman. 03(2), 333–352.
Rahman, T. A. (2018). Model-Model Pembelajaran Inovatif . Journa1 of Pedagogy (03), 54–64.
Rofisian, N. (2020). Penerapan Model Pembelajaran Mind Mapping Untuk Meningkatkan Keaktifan Siswa Kelas Iv Sd. Jurnal PGMI.. 12(2), 102–114.
Septiani, E. (2021). Model Mind Mapping Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Peserta Didik Tema 7 Subtema 1 Keberagaman Suku Bangsa Dan Agama Di Negeriku Kelas Iv Di Sdn 08 Buay Sandang Aji. Jurnal Inovasi Sekolah Dasar. 8(November), 95–102.
Simbolon, F. J. (2020). Jurnal Pendidikan Matematika. 8(2), 77–88.
Syahidah, N. (2015). Metode Pembelajaran Mind Mapping Sebagai Upaya Mengembangkan Kreativitas Siswa Dalam Pembelajaran Ekonomi. 108–117.
Tumolo, T. I. (2022). Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Melalui Pendekatan Mind Mapping. Jurnal Pendidikan Masyarakat Dan Pengabdian. 02(June), 437–446.
Published
2023-06-25
How to Cite
SUBHAN, Muhammad; MAHMUDA, Ainun; FILAHANASARI, Eka. PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN MIND MAPPING TERHADAP HASIL BELAJAR MATEMATIKA PADA MATERI BANGUN DATAR KELAS IV SDN 09 SITIUNG. Jurnal IKA PGSD (Ikatan Alumni PGSD) UNARS, [S.l.], v. 13, n. 1, p. 25-33, june 2023. ISSN 2656-4459. Available at: <https://unars.ac.id/ojs/index.php/pgsdunars/article/view/3046>. Date accessed: 09 july 2024. doi: https://doi.org/10.36841/pgsdunars.v13i1.3046.
Section
Articles