PENINGKATAN KINERJA GURU DALAM PEMBELAJARAN DI KELAS MELALUI SUPERVISI EDUKATIF KOLABORATIF SECARA PERIODIK DI SD NEGERI 5 KENDIT KECAMATAN KENDIT KABUPATEN SITUBONDO TAHUN 2022/2023

  • Sri Hartatik SDN 5 Kendit

Abstract

Tujuan dilakukan penelitian ini adalah untuk mendeskripsikan peningkatan
kemampuan guru kelas dalam pengelolaan pembelajaran SD Negeri 5 Kendit
Kecamatan Kendit Kabupaten Situbondo setelah dilakukan supervisi/pembinaan.
Jenis tindakan dalam penelitian ini adalah berupa tindakan nyata yaitu membimbing
guru dalam melaksanakan kegiatan pembelajaran melalui supervisi edukatif
kolaboratif. Penelitian dilakukan pada semester II, tepatnya pada bulan Januari –
Maret 2023. Subjek penelitian tindakan sekolah ini adalah guru kelas di SD Negeri SD
Negeri 5 Kendit .Hasil penelitian menunjukkan bahwa kinerja guru meningkat setelah
dilakukan tindakan yang berupa supervisi edukatif kolaboratif secara periodik dari
siklus I ke siklus II. Peningkatan tersebut meliputi peningkatan dalam menyusun
rencana pembelajaran, melaksanakan pembelajaran, menilai prestasi belajar,
Berdasarkan hasil penelitian tindakan tersebut dapat disimpulkan bahwa kinerja guru
meningkat dalam menyusun rencana pembelajaran, melaksanakan pembelajaran,
menilai prestasi belajar, melaksanakan tindak lanjut penilaian prestasi belajar siswa.
Untuk itu, peneliti menyarankan agar supervisi edukatif di sekolah-sekolah
melaksanakan supervisi edukatif kolaboratif secara periodik.

References

Abin Syamsuddin Makmun. 2005. Psikologi Pendidikan. Bandung: PT Remaja
Rosda Karya. Bandung
Departemen Pendidikan Nasional, 2003. Undang-undang Nomor Tahun 2003
tentang Sistem Pendidikan Nasional. Jakarta:
Dirjen Dikdasmen. Dirjen Dikdasmen. 2004. Petunjuk Pelaksanaan Supervisi
Pendidikan di Sekolah. Jakarta:
Depdiknas Dirjen Dikmenum 1884. Manajemen Berbasis Sekolah. Jakarta: Depdiknas.
Dirjen Pendidikan Dasar dan Menengah Departeman Pendidikan Nasional.
2004.Pedoman Supervisi Pengajaran Sekolah Dasar. Jakarta:
Depdiknas Pelangi . 2005. Administrasi dan Supervisi Pendidikan.Bandung: Remaja
Karya.
Peraturan Dirjen Dikdasmen Nomor 506/C/PP/2004 tentang Penilaian
Perkembangan Anak Didik. 2004. Jakarta
Published
2023-06-25
How to Cite
HARTATIK, Sri. PENINGKATAN KINERJA GURU DALAM PEMBELAJARAN DI KELAS MELALUI SUPERVISI EDUKATIF KOLABORATIF SECARA PERIODIK DI SD NEGERI 5 KENDIT KECAMATAN KENDIT KABUPATEN SITUBONDO TAHUN 2022/2023. Jurnal IKA PGSD (Ikatan Alumni PGSD) UNARS, [S.l.], v. 13, n. 1, p. 1-12, june 2023. ISSN 2656-4459. Available at: <https://unars.ac.id/ojs/index.php/pgsdunars/article/view/3044>. Date accessed: 14 mar. 2025. doi: https://doi.org/10.36841/pgsdunars.v13i1.3044.
Section
Articles