MENINGKATKAN HASIL BELAJAR PESERTA DIDIK MELALUI PENGGUNAAN MEDIA POP UP BOOK PADA PEMBELAJARAN IPS DI KELAS V SDN 18 LIMBOTO KABUPATEN GORONTALO

  • Fandi H Binggo Universitas Muhammadiyah Gorontalo
  • Karman Agus Universitas Muhammadiyah Gorontalo

Abstract

Rumusan masalah dalam penelitian ini yaitu media Pop Up Book untuk meningkatkan
hasil belajar peserta didik pada pembelajaran IPS materi Interaksi Manusia dikelas V
SDN 18 Limboto. Metode yang digunakan adalah penelitian tindakan kelas dengan
subjek penelitian yaitu peserta didik kelas V yang berjumlah 34 peserta didik. Penelitian
ini menunjukan bahwa hasil belajar peserta didik kelas V pada saat observasi awal,
dengan presentase 38,23% dari 34 peserta didik. Oleh karena itu peneliti tindakan
menggunakan media pembelajaran Pop Up Book. Dari hasil penelitian yang dilakukan
pada hasil belajar peserta didik, terjadi peningkatan sebesar 64.70% dengan kategori
cukup baik pada siklus I pertemuan ketiga. Sedangkan pada siklus II pertemuan ketiga
mengalami peningkatan hingga 94.11%. Berdasarkan peneltian yang dilakukan pada
siklus I dan siklus II dapat disimpulkan bahwa dengan menggunakan media Pop Up
Book dapat meningkatkan hasil belajar pada pembelajaran IPS peserta didik di kelas V
SDN 18 Limboto Kabupaten Gorontalo, hal ini ditinjau dari meningkatnya hasil belajar
peserta didik dari 38,23% meningkat menjadi 94,11%.

References

Adiko, H. S. S. (2019). Penggunaan Media Pembelajaran Berbasis Ict (Information
Communications Technologies) Dalam Meningkatkan Motivasi Belajar Peserta Didik. Akademika, 7(2), 67-76.
Arikunto, Suharsimi. 2014. Penelitian Tindakan Kelas. Jakarta: Bumi Aksara.
Daryanto. 2013. Media Pembelajaran. Bandung: PT.Sarana Tutorial Nurani Sejahtera
Sutikno, M.Sobry. 2013. Belajar dan Pembelajaran. Lombok: Hilistica.
Susanto, Ahmad. 2013. Teori Belajar dan Pembelajaran di Sekolah Dasar. Jakarta: Kencana Prenada Media Group
Susanto, Ahmad. 2014. Pengembangan Pembelajaran IPS di Sekolah Dasar. Jakarta: Prenada Media Group
Subarsono.2005. Analisis Kebijakan Publik. Yogyakarta:Pustaka Pelajar.
Published
2022-12-30
How to Cite
BINGGO, Fandi H; AGUS, Karman. MENINGKATKAN HASIL BELAJAR PESERTA DIDIK MELALUI PENGGUNAAN MEDIA POP UP BOOK PADA PEMBELAJARAN IPS DI KELAS V SDN 18 LIMBOTO KABUPATEN GORONTALO. Jurnal IKA PGSD (Ikatan Alumni PGSD) UNARS, [S.l.], v. 12, n. 2, p. 290-299, dec. 2022. ISSN 2656-4459. Available at: <https://unars.ac.id/ojs/index.php/pgsdunars/article/view/2981>. Date accessed: 25 apr. 2025. doi: https://doi.org/10.36841/pgsdunars.v12i2.2981.
Section
Articles