PENERAPAN METODE PEMBELAJARAN PBL (PROBLEM BASED LEARNING) DENGAN TEHNIK NHT (NUMBERED HEAD TOGETHER) UNTUK MENINGKATKAN AKTIVITAS DAN HASIL BELAJAR SISWA KELAS VII MATA PELAJARAN IPS

  • Agusti Agusti STKIP PGRI Situbondo
  • Ahmad Hafas Rasyid STKIP PGRI Situbondo
  • Riki Wahyudi STKIP PGRI Situbondo

Abstract

Penelitian tindakan kelas ini bertujuan meningkatkan aktivitas dan hasil belajar siswi kelas VII MTs Sarji Ar-Rasyid Kabupaten Situbondo 2021/2022. Penelitian ini dilaksanakan 2 siklus yang terdiri dari perencanaan, pelaksanaan tindakan, observasi dan refleksi. Metode pengumpulan data berupa metode observasi, wawancara, dokumentasi dan tes. Sedangkan metode analisa datanya adalah deskriptif kualitatif, yaitu analisa untuk melihat hasil tindakan terhadap aktivitas dan hasil belajar siswi yang diharapkan.Berdasarkan analisi data secara deskriptif kualitatif setelah tindakan dimana dengan menggunakan Penerapan Model Pembelajaran PBL (Problem based learning) dengan tehnik NHT (Numbered Head Together) dapat meningkatkan aktivitas. Hal ini dapat dilihat dari Prosentase Pertemuan 86 % dan Prosentase Pertemuan II 94 % dan Prosentase Pada pertemuan I siswa masih kurang memahami materi dan siswi masih merasa tegang dan kebingunan dengan metode yang diterapkan. Berbeda pada pertemuan II dan III siswi sudah tidak merasa malu untuk bertanya pada guru dan pada teman satu kelas sehingga pembelajaran berlangsung dengan baik. Hasil belajar siswa yang mencapai ketuntasan belajar secara klasikal mencapai 94 %. Hasil ini dikatakan tuntas karena ketuntasan belajar siswa  

References

Asriningtyas, A. N., Kristin, F., & Anugraheni, I. (2018). Penerapan Model Pembelajaran Problem Based Learning untuk Meningkatkan AKtivitas dan Hasil Belajar IPS Siswa Kelas 4 SD. 5(April).
Aulia, D. (2020). Penerapan Model Problem Based Learning untuk Maningkatkan Kemampuan Berfikir Kritis siswa MTs Negeri 1 Langkat T,P 2019/2020.
Baihaqi, M. I. (2017). Penerapan Model Pembelajaran Berbasis Masalah (Problem Based Learning) untuk Meningkatkan Kemampuan Berfikir Kritis Mata Pelajaran PKn dengan Materi Sistem Politik pada siswa kelas X semester 2 tahun 2016/2017 di SMK Islam Selorejo Kabupaten Blitar. 9(2), 217–227.
Dimyati, dan Moedjiono. 2013. Belajar dan Pembelajaran. Jakarta: Rineka Cipta
Ibrahim. 2012. Evaluasi Pembelajaran. Jakarta: Rhineka Cipta
Nana, Sudjana. 2009. Dasar-Dasar Proses Belajar. Bandung: Sinar Baru
Fatmawati, N. R. (2014). Penerapan Problem Based Learning Dalam Pembelajaran Pendidikan Agama Islam Kelas V Sumayyah Di Sekolah Dasar Islam Internasional Al Abidin Surakarta Tahun Pelajaran 2013/2014. Naskah Artikel Publikas.
Fitria, H., Kristiawan, M., & Rahmat, N. (2019). Upaya Meningkatkan Kopetensi Guru melalui Pelatihan Penelitian Tindakan Kelas. 4(1), 14–25.
Nafiah, Y. N., & Suyanto, W. (2013). Penerapan Model Problem Based Learning untuk Meningkatkana Aktifitas dan Hasil Belajar siswa. c, 125–143.
Nasution, L. M. (2017). Statistik Deskriptif. Journal of the American Chemical Society, 77(21), 5472–5476. https://doi.org/10.1021/ja01626a006
Rahayu, D. R., & Prayitno, E. (2018). Minat dan Pemahaman Konsep siswa dalam Pembelajaran Berbasis Problem Based Learning Berbantuan Media Video. Jipva (Jurnal Pendidikan Ipa Veteran), 4, 17–27. https://doi.org/10.31331/jipva.v4i1.1064
Rerung, N., Sinon, I. L. S., & Widyaningsih, S. W. (2017). Penerapan Model Pembelajaran Problem Based Learning (PBL) untuk Meningkatkan Hasil Belajaran Peserta Didik SMA pada Materi Usaha dan Energi. Jurnal Ilmiah Pendidikan Fisika Al-BiRuNi, 06(1), 47–55. https://doi.org/10.24042/jipf
Nasution S. 2008. Berbagai Pendekatan Dalam Proses Belajar Mengajar. Bandung: Bumi Aksara
Sanjaya, Wina. 2008. Stategi Pembelajaran Berorientasi Standar Proses Pendidikan. Jakarta: Prenada Media

Sudjana, Nana. 2013. Penilaian Hasil Proses Belajar Menagajar. Bandung: PT. Remaja Rosdakarya

Sugiyono. 2015. Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif, dan Kombinasi (Mixed Method). Bandung: Alfabeta.

Sugiyono. 2017. Statistika Untuk Penelitian. Bandung ; Alfabeta
Suharsimi, Arikunto. 2010. Prosedur Penelitian (Suatu Pendekatan Praktik). Jakarta ; Rinekan Cipta
Sukmadinata, S, Nana. 2015. Metode penelitian pendidikan. Bandung: PT. Remaja Rosdakarya
Yohana, Hermien, R. (2018). Penerapan Model Problem Based Learning untuk Meningkatkan Kemampuan Berfikir Kritis Mahasiswa. 3, 7–12.
Zakiah, N. E., Sunaryo, Y., & Amam, A. (2019). Implementasi Pendekatan Kontekstual Pada Model Pembelajaran Berbasis Masalah Berdasarkan Langkah-Langkah Polya. Teorema: Teori Dan Riset Matematika, 4(2), 111. https://doi.org/10.25157/teorema.v4i2.2706
Published
2021-12-30
How to Cite
AGUSTI, Agusti; RASYID, Ahmad Hafas; WAHYUDI, Riki. PENERAPAN METODE PEMBELAJARAN PBL (PROBLEM BASED LEARNING) DENGAN TEHNIK NHT (NUMBERED HEAD TOGETHER) UNTUK MENINGKATKAN AKTIVITAS DAN HASIL BELAJAR SISWA KELAS VII MATA PELAJARAN IPS. Jurnal IKA PGSD (Ikatan Alumni PGSD) UNARS, [S.l.], v. 10, n. 2, p. 574-589, dec. 2021. ISSN 2656-4459. Available at: <https://unars.ac.id/ojs/index.php/pgsdunars/article/view/2796>. Date accessed: 07 july 2024. doi: https://doi.org/10.36841/pgsdunars.v10i2.2796.