PEMANFAATAN METODE ROLE PLAYING DALAM MENINGKATKAN KEMAMPUAN PESERTA DIDIK MEMERANKAN TOKOH DRAMA DI KELAS III SD LABORATORIUM UNG KOTA GORONTALO
Abstract
Masalah dalam penelitian ini dirumuskan dengan memanfaatkan metode role playing yang dapat meningkatkan kemampuan Peserta didik dalam memerankan tokoh drama.
Tujuan penelitian ini untuk meningkatkan kemampuan peserta didik dalam memerankan tokoh drama melalui metode role playing dalam penelitian tindakan kelas. Hasil penelitian menunjukkan bahwa pada hasil observasi awal Peserta didik yang mampu memerankan tokoh drama ada 2 orang (10%). Siklus I Peserta didik yang mampu memerankan tokoh drama ada 11 orang (55%) dan siklus II mampu memerankan tokoh drama meningkat 18 orang (90%) dari 20 Peserta didik. Hasil capaian ini melebihi target indikator keberhasilan yang telah ditetapkan sebelumnya yakni 17 orang (85%) dari Peserta didik yang berjumlah 20 orang. Dengan demikian dapat disimpulkan bahwa kemampuan Peserta didik memerankan tokoh drama di kelas
III Sekolah Dasar Laboratorium UNG Kota Gorontalo dapat ditingkatkan dengan metode role playing. Sehingga Hipotesis tindakan yang telah dirumuskan terbukti dan dapat diterima
References
Jurnal Ilmu Sosial Dan Pendidikan, 4(3), 35–40.
Indrawati, R. M. (2013). PENINGKATAN AKTIVITAS DAN HASIL BELAJAR
MATERI PERISTIWA SEKITAR PROKLAMASI MELALUI BERMAIN
PERAN Rini. Journal of Elementary Education, 2(1), 15–22.
Inten, D. N. (2017). Pengembangan Keterampilan Berkomunikasi Anak Usia Dini
melalui Metode Bermain Peran. MediaTor, 10(1), 109–120.
Rohman, R. A. (2021). Peningkatan Hasil Belajar Bahasa Indonesia Materi Tubuhku
dengan Metode Roll Play Berbantuan Media Index Card Match. Jurnal Educatio,
7(4), 1584–1589. https://doi.org/10.31949/educatio.v7i4.154